Sunday, August 16, 2015

Kode-kode Beep BIOS AMI & Phoenix


Kode-kode Beep Bios
Ketika sebuah komputer dinyalakan pertama kali, atau reboot, BIOS melakukan power-on self test atau disingkat menjadi POST untuk melakukan tes hardware, memastikan bahwa seluruh sistem bekerja sebagaimana mestinya. Pada kondisi normal, POST akan menampilkan pesan error. akan tetapi bila BIOS mendeteksi error sebelum mengakses video card, atau ada masalah dengan video card, BIOS akan menghasilkan sejumlah suara Beep, dan pola beep yang dihasilkan menandakan jenis masalah yang dideteksi oleh oleh BIOS. Karena ada berbagai merek BIOS, tidak ada standard Kode Beep untuk setiap BIOS.
Ada dua jenis merek yang sering dipakai yaitu: AMI (American Megatrends International) dan Phoenix. 

Berikut daftar kode beep untuk AMI System dan Phoenix System untuk info lebih lengkapnya.
download disini : Kode Beep BIOS AMI & Phoenix

Sunday, August 9, 2015

Cara Menghubungkan LCD Proyektor ke Komputer

kali ini saya akan men-share-kan bagaimana "Cara Menghubungkan LCD Proyektor ke Komputer", mungkin sebagian orang masih bingung bagaimana cara menghubungkannya, tapi ada beberapa komputer (entah itu labtop, notebook, atau PC) yang tanpa di setting sudah bisa atau sudah tampil setelah kabel vga tersambung ke komputernya. tapi bagaimana dengan komputer yang tidak dapat melakukan itu, tentu sebagian orang apalagi orang awam terhadap komputer kebingungan atau juga panik luar biasa. nah...kali ini saya akan mencoba memberi solusinya.
pertama - tama masuk lah ke control panel terlebih dahulu...

Setelah muncul klik lah icon Displai yang ada pada jendelah control panel...maka akan muncul jendelah seperti di bawah ini.....


lihatlah di samping atau sisi kiri layar jendelah dari Display, disana terdapat beberapa macam perintah "Connect to a projector"...lalu akan muncul jendela seperti dibawah ini...
 pilihlah pengaturan sesuai selera atau kebutuhan Anda, dijendela itu terdapat 4 pilihan setelan atau setting, yang pertama "computer only" memerintahkan hanya komputer yang menyalah, yang kedua ada "Duplicate" memerintahkan untuk tampil di komputer dan juga LCD proyektor, yang ke tiga ada "Extend" memerintahkan untuk tampil di dua Layar atau dua LCD proyektor tidak di komputer, dan yang terakhir atau yang ke empat ada "Projektor only" memerintahkan hanya LCD proyektor yang menyalah.
selamat mencoba, semoga tutorial "Cara Menghubungkan LCD Proyektor ke Komputer" ini bermanfaat, terima kasih...
billahi fisabililhaq fastabikul kairod...wassalammu'alaikum wr.wb




Tuesday, August 4, 2015

Modul Simulasi Digital

Mata pelajaran simulasi digital ini merupakan salah satu mata pelajaran yang terdaftar dalam pelajaran siswa SMK berbasis kurikulum K13. Mata pelajaran ini adalah mata pelajaran yang membekali siswa agar dapat mengomunikasikan gagasan atau konsep melalui media digital. Melalui pengolahan informasi digital dimaksudkan siswa memiliki bekal untuk memanfaatkan jejari internet untuk mencari dan mendapatkan informasi sebagai pendukung gagasan atau konsepnya. Selain itu dimaksudkan Anda memiliki bekal untuk belajar kapan saja dan dimana saja, serta mampu perancangan visualisasi konsep.

Melalui mata pelajaran simulasi digital ini diharapkan siswa mampu:

1.  Menerapkan pengetahuan pengolahan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolahan informasi - pemanfaatan aplikasi pengolahan kata

2. Menerapkan pengetahuan pengolahan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolahan informasi - pemanfaatan aplikasi pengolahan angka

3. Menerapkan penetahuan pengolahan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolahan informasi - pemanfaatan aplikasi presentasi

4. Menerapkan penetahuan pengolahan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolahan informas - pemanfaatan mesin pelacak atau search engine

5. Menerapkan penetahuan pengolahan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolahan informas - teknik presentasi

6. Menerapkan penetahuan pengolahan informasi digital melalui pemahaman pengertian komunikasi dalam jaringan.

7. Menerapkan penetahuan pengolahan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan sinkron

8. Menerapkan penetahuan pengolahan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan asinkron

9. Menerapkan penetahuan pengolahan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan sesuai dengan etika kewargaan digital (digital Citizenship)

10. Kelas Maya

11. Perancangan Visualisasi Konsep

Berikut modul dalam bentuk PDF, silakan di download semoga bermanfaat...

Download disini : Simulasi Digital kelas X semester 1
                              Simulasi Digital kelas X semester 2

Saturday, August 1, 2015

Modul Mapel Sistem Komputer Kelas X Semester 1

        Kali ini saya mau men-Share-kan Modul untuk mata pelajaran Sistem komputer untuk siswa kelas x di semester 1 tingkat SMK. modul ini juga bisa dipakai sebagai diktat kuliah untuk mata kuliah Organisasi Sistem Komputer. untuk melihat apa saja yang akan dipelajari dalam modul atau buku elektronik ini, silakan ikuti cerita nya.

pada semester 1 kelas X ini, Anda akan mempelajari tentang evolusi komputer di bab satu nya dan sistem bilangan operasi aritmatika dan pengkodeaan di bab dua nya. dimana pada bab satu tersebut Anda akan diajak mengenali seluk beluk organisasi komputer secara umum, didalamnya terdapat penjelasan tentang prosesor, pengendali input/output, unit memori, bus, register, representasi data, pola pengamatan, dan instruksi bahasa mesin. lalu pembahasan selanjutnya Anda akan berkenalan dengan perspektif sejarah komputer dari generasi sebelum generasi pertama komputer sampai sejarah komputer generasi kelima atau sekarang. disini Anda menumukan cerita kalau kalkulator mekanik merupakan cikal - bakal komputer generasi pertama yang diprakarsai oleh Abacus, yaitu sebuah alat hitung berbentuk seperti biji - biji yang ditusuk sate atau kalau orang Indonesia mengatakannya adalah sempoa. ada yang menarik di bab satu ini, ternyata spefikasi komputer tempo dulu sangat mengagumkan seperti saya terahkan dibawah ini sebagai karakteristik generasi komputer.

komputer generasi pertama (1943 - 1956) - penggunaan tabung vakum dalam sirkuit elektronik dan mercury delay lines sebagai memori, drum magnetik sebagai media penyimpanan internal utama, kapasitas penyimpanan utama yang terbatas 1000 - 4000 byte, pemrograman bahasa simbol tingkat rendah, problem panas dan pemiliharaan, aplikasi yang digunakan perhitungan sains, pemrosesan payroll, penyimpanan record, waktu sirkutnya milidetik, harga pada waktu itu $5 per operasi floating point, dan kecepatan pemrosesan nya 2000 intsruksi perdetik.

komputer generasi kedua (1957 - 1964) - menggunakan transistor untuk operasi internal, magnetc core sebagai media penyimpanan internal utama, mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih banyak dari pada generasisatu yaitu 4 kilobyte - 32 kb, I/O lebih cepat berorientasi pita, mempunyai bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti cobol, fortran, algol, peningkatan kecepatan dan keandalan, aplikasi berorientasi batch seperti billing, pemrosesan gaji, pemutakhiran file inventori, waktu siklusnya mikrodetik, biayanya 50 sen per operasi floating point, kecepatan pemrosesan 1 juta instruksi perdetik.

komputer generassi ketiga (1965 - 1971) - menggunakan sirkuit terintegrasi, magnetic core dan penyimpanan utama yang padat (32kb - 3 mb), ukuran lebih kecil unjuk kerja lebih baik dan handal, penggunaan bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih luas, muncul komputer mini, pemrosesan jarak jauh dan time-sharing melalui jaringan komunikasi, aplikasi sistem reservasi perusahaan penerbangan, peramalan pasar, billing kartu kredit, waktu siklusya nanodetik, biayanya 5 sen peroperasi floting point, kecepatan pemrosesannya 10 mips

komputer generasi keempat (1972 - 1989) - menggunakan large scale integrated circuit, peningkatan kapasitas penyimpanan lebih dari 3 mb dan kecepatan, kecanggihan peralatan I/O yang meningkat, penggunaan minikomputer, mikroprosesor, dan mikrokomputer yang ekstensif, aplikasi simulasi dan model matematika, transfer dana elektronik (ATM), biaya 1/100 sampai 1 sen peroperasi floating point, kecepatan pemrosesan 100 mips sampai 1 bips (milyar intruksi perdetik)


pada pertemuan berikutnya jika Anda sudah menyelesaikan materi bab satu, maka Anda akan di ajak untuk membahas masalah bab dua. dimana Anda akan disuguhkan 4 macam tipe data pada komputer digital, lalu Anda akan mengenal sistem bilangan, disini ada menariknya karena Anda akan diajak untuk mengasah dan memutar otak untuk memahami maksud dasar dari sistem bilangan tersebut, disana ada 4 macam sistem bilangan diantaranya  desimal, biner, oktal, dan heksadesimal. desimal merupakan bilangan yang tersusun dari angka 0 sampai 9, biner merupakan bilangan yang terdiri dari 2 angka yaitu 0 dan 1, oktal bilangan yang terdiri dari angka 0 sampai 7 sedangkan heksadesimal susunan angka yang terdiri dari 0 sampai 9 dan A sampai F. masing - msing sistem bilangan tersebut memiliki lambang pembeda yang menandai masing - masing sistem bilangan tersebut untuk desimal (10), binner (2), oktal (8) dan heksadesimal (16).

setelah Anda diajak untuk mengenal sistem bilangan lalu Anda akan berkenalan dengan konversinya, untuk menyelesaikan konversi antar basisnya Anda perlu pemahaman yang lebih detil dan telitih, berikut konversi yang akan Anda sederhanakan :
konversi biner ke desimal
konversi oktak ke desimal
konversi desimal ke heksadesimal
konversi desimal ke biner
konversi biner ke oktal
konversi biner ke heksadesimal
konversi desimal ke desimal bercode biner(BCD)
konversi BCD ke desimal
konversi biner ke BCD
konversi BCD ke biner
konversi BCD ke heksadesimal
konversi heksadesimal ke BCD

selain materi diatas Anda juga dapat mengecek informasinya lebih lengkap Anda tinggal mendownload link di dalam modul sistem komputer dibawah ini. untuk dapat membuka password pdf nya Anda dapat mengirimkan donasi Anda ke nomor rekening saya dengan cara mengirimkan pesan singkat ke alamat email saya terlebih dahulu, ini emailnya :
tutorialilmukomputer@gmail.com, lalu saya akan membalasnya dengan mengirimkan nomor rekening tujuan, dan silakan Anda kirimkan dengan besar donasi Rp.50.000;- perpassword, jika sudah selesai kirimkan foto atau data rincian transfer ke email beserta nomor hp Anda. pesan akan saya tanggapi selambat - lambatnya maksimal 2 kali 24 jam.


                          
                          Modul Mapel Siskom Kelas X Semester 1 Bab 1

                          Modul Mapel Siskom Kelas X Semester 1 Bab 2

                              

TABLE ASCII / EBCDIC

Dalam ilmu sistem komputer tabel ASCII sangatlah bermanfaat untuk menunjang kelancaran pemahaman sistem komputer dengan basis biner, oktal, heksadesimal mau pun desimal. Mungkin sebagaian orang tidak tau apa kepanjangan dari ASCII dan EBCDIC? ASCII merupakan singkatan dari American Standar Code of Information Interchange. sedangkan EBCDIC merupakan singkatan dari Extended Binary Coded Decimal Interchang Code.

ASCII berfungsi sebagai perantara, penghubung, atau juga mewakili karakter angka dan huruf pada komputer dengan jumlah karakter nya sebanyak 124 karakter. Sedangkan EBCDIC berfungsi untuk memperpanjang Kode Decimal - Binary atau disingkat dengan BCD. untuk mempermudah pemahaman Anda terhadap ASCII dengan EBCDIC dibawah ini ada link tabel ASCII / EBCDIC.

Download disini : TABLE ASCII / EBCDIC