Wednesday, August 31, 2016

Menggambar Dengan Teknik Titik Mata

Bila kita bicara soal menggambar dengan menggunakan teknik Titik Mata, maka kaitannya sangat berhubungan erat dengan gambar perspektif. sedangkan kata perspektif ini berasal dari kata prospettive yang artinya gambar pemandangan atau nama lainnya adalah ilmu melihat objek. yang memiliki pengertian suatu ilmu yang memungkinkan untuk menggambar sebuah objek secara nyata dituangkan kedalam bidang datar (misal: buku gambar) sehingga diperoleh kesan nyata dalam gambar tersebut. prinsip utama gambar perspektif adalah visualisasi suatu objek nyata pada sebuah bidang datar (misal : buku gambar) dengan memperhatikan garis horizontal dan garis vertikal serta titik mata nya.

jika kita lihat dari sisi perbandingan antara kontruksi perspektif dan sket perspektif maka secara umum memiliki prinsip yang sama, hanya saja berbeda pada teknik visualisasinya, kontruksi perspektif lebih menekankan pada penggunaan alat ilmu ukur yang pasti, sedangkan sket perspektif dideskripsikan sebagai rancangan gambar dari suatu objek. pada dasarnya gambar perspektif digunakan untuk memperjelas dan menunjukkan besar kecilnya objek jika di skala kan dengan jauh dekatnya objek gambar dan nantinya akan kita kenal dengan sebutan teknik titik mata atau gambat titik mata.

gambar perspektif berguna untuk memenuhi tugas dan dalam penugasan prinsip dasar menggambar bentuk dan menggambar ilustrasi serta membantu dalam merancang gambar kerja, arsitektur, arsitektur lansecap, mesin, desain interior , desain eksterior, dan masih banyak lagi. ciri utama dari gambar titik mata ini adalah dikerjakan dengan pensil tanpa tanpa menggunakan alat bantu (pengecualian penggaris atau rol) yang sifatnya linier dengan menggunakan garis tebal dan garis tipis serta fokus pada objek dan bersifat rasional.

sedangkan pengertian titik mata merupakan titik pupus mata pada suatu objek yang dilihat, semisalnya melihat pohon di kaki bukit maka pohon tersebut akan terlihat sangat kecil. konsepnya semakin dekat objek dengan pengamat maka semakin besar objek tersebut dan sebaliknya semakin jauh objek dari pengamat maka semakin kecil pula objek tersebut. jika kita golongkan teknik cara menggambar titik mata maka ada 3 macam kelompoknya yaitu : yang pertama titik mata Hight atau dikenal dengan titik mata burung, yang kedua titik mata normal, dan yang terakhir titik mata low atau dikenal dengan titik mata kucing. ketiga macam kelompok tersebut masing - masing memiliki 3 macam lokasi titik. yaitu :

- Hight     : titik kiri, titik tengah, dan titik kanan
- Normal  : titik kiri, titik tengah, dan titik kanan
- Low       : titik kiri, titik tengah, dan titik kanan

maka kalau kita jumlah kan maka akan terkumpul  sembilan (9) macam titik pada teknik titik mata, dan dapat Anda lihat gambarnya dibawah ini.

9 macam titi - titik mata

1. Titik Mata Hight (titik mata burung)

Pada teknik titik mata hight atau titik mata burung ini objek akan terlihat lebih kecil dari atas dan lebih besar dari bawah. pengambilan atau penarikan garis dimulai dari atas dan titik pupus nya berada di atas. Anda bisa memilih titiknya, mau yang kiri, tengah, kanan, maupun ketiga - tiganya. berikut merupakan contoh gambar yang paling sering muncul di dunia maya atau halaman page disaat sekarang.

Titik mata Hight dengan 1 titik mata

Titik mata Hight dengan 2 titik mata

jika Anda lihat gambar di atas, maka tampak dengan jelas objek dari bawah lebih besar dan semakin ke atas semakin kerucut(gambar titik mata hight dengan 1 titik mata) serta bagian atas pada objek semakin luas(jika disana terdapat taplak meja, maka permukaan taplak mejanya telihat semakin luas). dan berikut ini adalah contoh gambar yang telah memahami seni teknik titik mata hight.

1 titik mata hight - Alan Syahlan Santriago

2 titik mata hight - Alan Syahlan Santriago

1 titik mata hight - Rian Susanto

2 titik mata hight - Rian Susanto

2 titik mata hight - Derby Arya Duta

1 titik mata hight - Derby Arya Duta
nah, ke tiga nama siswa diatas merupakan siswa yang memiliki tingkat kreatifitas tinggi atau lebih bila dibandingkan dengan temannya dari ketiga ruang kelas multimedia. ke tiga nama siswa tersebut merupakan siswa kelas 2 multimedia 3 di tahun pelajaran 2016 - 2017, mungkin saja mereka adik kelas Anda, teman Anda, kakak kelas Anda, atau kenalan Anda, gambar diatas bisa Anda gunakan sebagai panduan atau pedoman Anda untuk berkreasi lebih baik lagi mungkin di berbagai mata pelajaran maupun mata kuliah yang berkaitan dengan teknik titik mata.


2. Titik Mata Normal

Pada teknik titik mata normal ini objek akan terlihat seperti kita memandang pemandangan dengan posisi berdiri tegak dimana objek yang paling dekat dengan kita akanterlihat lebih besar atau jelas dan objek yang jauh dari kita akan terlihat semakin kecil. penggambilan atau penarikan garis dimulai dari posisi tengah - tengah kanvas atau bidang datar lainnya. boleh Anda pilih titik kiri, tengah, atau kanan, maupun ketiga - tiganya pada tengah - tengah bidang datar tersebut. berikut merupakan contoh gambar yang paling sering muncul di dunia maya atau page disaat sekarang.

Titik mata Normal dengan 1 titik mata

Titik mata Normal dengan 2 titik mata
Coba perhatikan gambar gedung yang berada pada persimpangan, gedung tersebut terlihat lebih besar dan jelas bila dibandingkan gedang yang berada di posisi kiri maupun kanan gedung tersebut, itu menandakan bila titik mata yang Anda lihat lebih dekat dengan gedung yang berada pada persimpangan tersebut. dan berikut merupakan contoh gambar yang telah memahami teknik titik mata normal.

2 titik mata normal - Alan Syahlan Santriago

1 titik mata normal - Alan Syahlan Santriago

1 titik mata normal - Rian Susanto

2 titik mata normal - Rian Susanto

1 titik mata normal - Derby Arya Duta

1 titik mata normal - Muhammad Zainudin

3 titik mata normal - Muhammad Zainudin

nah, ke empat nama siswa diatas merupakan siswa yang memiliki tingkat kreatifitas tinggi atau lebih bila dibandingkan dengan temannya dari ketiga ruang kelas multimedia. ke tiga nama siswa tersebut merupakan siswa kelas 2 multimedia 3 dan Muhammad Zainudin kelas 2 Multimedia 2 di tahun pelajaran 2016 - 2017, sekali lagi mungkin saja mereka adik kelas Anda, teman Anda, kakak kelas Anda, atau kenalan Anda, gambar diatas bisa Anda gunakan sebagai panduan atau pedoman Anda untuk berkreasi lebih baik lagi mungkin di berbagai mata pelajaran maupun mata kuliah yang berkaitan dengan teknik titik mata.


3. Titik Mata Low (titik mata katak)

Pada teknik titik mata low ini objek akan terlihat seperti akan mau tumbang dan menimpa tubuh yang melihatnya atau bisa dilihat seperti objek lebih besar dari pada pengamat. pengambilan atau penarikan garis dimulai dari bawah. Anda bisa memilih titik kiri, tengah, kanan, maupun ketiga - tiganya. berikut contoh gambar yang sering muncul di dunia maya atau page disaat sekarang.

Titik mata Low dengan 1 titik mata

Titik mata Low dengan 2 titik mata

lihatlah gambat titik mata low dengan 2 titik mata, kursi tampak seperti lebih besar bila dibantingkan dengan pengamat, seakan - akan pengamat melihat dengan posisi tidur - tiduran ke arah objek. nah berikut contoh gambar yang telah memahami teknik titik mata low.

2 titik mata low - Rian Susanto

1 titik mata low - Rian Susanto

1 titik mata low - Alan Syahlan Santriago

2 titik mata low - Alan Syahlan Santriago

2 titik mata low - Derby Arya Duta

1 titik mata low - Derby Arya Duta

nah sekali lagi, ke tiga nama siswa diatas merupakan siswa yang memiliki tingkat kreatifitas tinggi atau lebih bila dibandingkan dengan temannya dari ketiga ruang kelas multimedia. ke tiga nama siswa tersebut merupakan siswa kelas 2 multimedia 3 di tahun pelajaran 2016 - 2017, mungkin saja mereka adik kelas Anda, teman Anda, kakak kelas Anda, atau kenalan Anda, gambar diatas bisa Anda gunakan sebagai panduan atau pedoman Anda untuk berkreasi lebih baik lagi mungkin di berbagai mata pelajaran maupun mata kuliah yang berkaitan dengan teknik titik mata. demikian lah artikel yang dapat saya sharingkan dengan Anda, semoga Artikel ini dapat Anda gunakan dan semoga bermanfaat...amin.

Saturday, April 9, 2016

Macam - Macam Software Editing Video Sederhana Beserta Tool - Toolnya

Editing Video merupakan pekerjaan yang cukup memakan waktu dan ketelitian, pekerjaan ini sangat berat dilakukan oleh orang dengan tipe tidak sabaran. harus memiliki jiwa seni perfilman dan tentu ketekunan dalam ketelitiannya jika tidak maka bisa membuat video tidak menarik untuk dilihat. selain brainware nya yang mapan soal editing tentu itu tidak cukup untuk mendukung terciptanya video yang bagus. maka diperlukan adanya software pendukungnya. ada banyak software pendukung editing video tersebut. disini saya hanya mengenalkan 3 macam software standar anak smk multimedia yaitu Movie Maker, Ulead, dan Corel Foto Studio. sebagai catatan Anda semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing, tinggal Anda sendiri yang menentukan mau memilih yang mana. baik selanjutnya akan saya papar penjelasan tentang ketiga macam software diatas.

1. Movie Maker


Software ini merupakan bagian dari windows live Essentials 2011, yang fungsi utama nya untuk melakukan olah digital terhadap cuplikan - cuplikan gambar bergerak. misalnya untuk menambahkan efek visual, animasi, ataupun sebuah redaksi singkat yang berhubungan dengan film yang sedang disuting. begini lah tampilan sederhana dari software movie maker, dengan posisi layar preview di sebelah kanan jendelah. 

keterangan gambar
1. menubar - yang terdiri dari file, edit, view, tools, clip, play, help.

2. gallery - yang merupakan tempat fitur - fitur yang telah dimasukkan atau bisa jadi macam - macam efeck yang dapat Anda pilih.

3. Preview tool - merupakan tempat menampilkan semua file yang sedang diklik oleh pointer

4. Task bar - terdiri dari import, edit, dan publish to

5. Storyboard - terdiri dari storyboard dan timeline.



2. Ulead
  

Software ulead ini beda dengan movie maker, ulead tidak terikat dengan suatu produk, tapi melainkan mandiri atau membangun dari perusahaan sendiri. pada aplikasi ini pengguna lebih dimanjakan lagi ketimbang movie maker, kenapa? karena ulead dilengkapi dengan fitur tambahan seperti fitur video dan atribut, fitur menubar yang lebih variatif seperti capture, effect, overlay, title, audio dan juga share. kegunaannya pun tidak jauh beda dengan movie maker hanya saja ulead memberikan tambahan fitur untuk menunjang kreatifitas para pengguna tentu saja sasarannya para pengguna yang telah atau baru mahir sampai profesional. atau bahasa lainnya orang menengah keatas..hehe. tapi bagaimana dengan orang awam yang baru mengenal pengeditan video tapi memiliki aplikasi ini di komputernya. ya tentu saja bisa meskipun baru mengenal ulead, kenapa? karena tampilan ulead simple dan mudah dipahami oleh siapa saja dan kalangan apa saja.


3. Corel Video Studio

nah kalo yang ini, tentu sudah banyak yang tahu. aplikasi corel video studio ini merupakan kembangan dari generasi ulead terdahulu. namun karena suatu hal, perusahaan corel membelinya dan mengubah nama ulead menjadi corel video studio hingga berkembang sekarang. beda dengan generasi sebelumnya yaitu ulead, corel video studio ini setelah berpindah tangan ke perusahaan corel fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini semakin padat dan merayap..hehe. atau boleh dikatakan lebih memuaskan bagi para pengembang dan profesional di industri perfilman. sebab effec grafiknya dapat. pada aplikasi corel video studio ini fitur tambahannya antara lain terdapat fasilitas tambahan di timelinenya yang lebih detail, terdapat pengaturan input lebih detail dan komplik dan terdapat tambahan fitur pada fasilitas menubarnya.

oke, untuk sementara ini, itu saja dulu yang dapat saya sharekan kepada Anda semua, dilain waktu akan saya tambahkan informasi yang mungkin Anda butuhkan dihalaman ini. semoga bermanfaat..amin.

Tuesday, March 15, 2016

Macam - Macam Sistem Operasi

Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah komponen pengolah piranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak (kernel).  

Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan/booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu.

Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar.

Sistem Operasi menjamin aplikasi lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem berkas. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur schedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian :
      Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
      Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
      Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
      Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.

Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX).

Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna (1), contoh : window, linux, dll

sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali (2). Contoh : embedded system, dll

Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS.

Fungsi Sistem Operasi diantaranya sebagai berikut :
      Sistem Operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan.
      Sistem Operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien.
      Sistem Operasi yang disusun/ diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/ pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.


Berikut perkembangan dari Sistem Operasi - Window

16 bit, berjalan di atas MS-DOS
       November 1985 - Windows 1.0
       9 Desember 1987 - Windows 2.0
      22 Mei 1990 - Windows 3.0
      Agustus 1992 - Windows 3.1
      Oktober 1992 - Windows for Workgroups 3.1
      November 1993 - Windows for Workgroups 3.11 (Versi terakhir tanpa Menu Mulai)

Hibrida (16-bit/32-bit), berjalan tanpa MS-DOS (meski tidak sepenuhnya)
      24 Agustus 1995 - Windows 95 (Versi: 4.00.950) (Versi pertama dengan Menu Mulai)
      25 Juni 1998 - Windows 98 (Versi: 4.1.1998)
      5 Mei 1999 - Windows 98 Second Edition (Versi: 4.1.2222)
      2000 - Windows Millennium Edition (Me) (Versi: 4.9.3000)

Berbasis kernel Windows NT
      Agustus 1993 - Windows NT 3.1
      September 1994 - Windows NT 3.5
      Juni 1995 - Windows NT 3.51
      29 Juli 1996 - Windows NT 4.0 (Versi 4.0.1381)
      17 Februari 2000 - Windows 2000 (Versi: NT 5.0.2195)
      2001 - Windows XP (Versi: NT 5.1.2600)
      2003 - Windows Server 2003 (Versi: NT 5.2.3790)
      2006 - Windows Vista (Versi 6.0 Build 6000) (Versi pertama yang mendukung tema mode Aero)
      2007 - Windows Home Server (Versi 6.0.1800.24)
      2008 - Windows Server 2008 (Versi 6.0.6001)
      22 Oktober 2009 - Windows 7 (Versi 6.1 Build 7600) (Versi terakhir dengan Menu Mulai) (Versi terakhir dengan tema mode Aero)
      22 Oktober 2009 - Windows Server 2008 R2 (Versi 6.1.7600)
      4 September 2012 - Windows Server 2012 (Versi 6.2 Build 9200)
      26 Oktober 2012 - Windows 8 (Versi 6.2 Build 9200) (Versi pertama dengan Layar Mulai)
      18 Oktober 2013 - Windows 8.1 (Versi 6.3 Build 9600) (Versi pertama dengan Tombol Mulai yang dimodifikasi)
      18 Oktober 2013 - Windows Server 2012 R2 (Versi 6.3 Build 9600)
       29 Juli 2015- Windows 10 (Versi 10.0 Build 10240) (Versi pertama dengan Menu Mulai yang dimodifikasi)

Berikut perkembangan dari Sistem Operasi - UNIX



 Berikut perkembangan dari Sistem Operasi – Macintosh (Mac OS X)

      Mac OS X Server 1.0 kode: "Rhapsody", dirilis: Maret 1999.

      Mac OS X Public Beta kode: "Kodiak", dirilis: September 2000.

      Mac OS X 10.0 (pemutakhiran 10.0.1-10.0.2-10.0.3-10.0.4) kode: "Cheetah", dirilis: Maret 2001.

      Mac OS X 10.1 (pemutakhiran 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: "Puma", dirilis: Oktober 2001.

      Mac OS X Server 10.1 (pemutakhiran 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: "Puma", dirilis: November 2001.

      Mac OS X 10.2 (pemutakhiran 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8) kode: "Jaguar", dirilis: Agustus 2002.

      Mac OS X Server 10.2 (pemutakhiran 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8), dirilis Agustus 2002.

      Mac OS X 10.3 (pemutakhiran 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9) kode: "Panther", dirilis Oktober 2003.

      Mac OS X Server 10.3 (pemutakhiran 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9), dirilis Oktober 2003.

      Mac OS X 10.4 (pemutakhiran 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) kode: "Tiger", dirilis: April 2005.

      Mac OS X Server 10.4 (pemutakhiran 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) dirilis: April 2005.

      Mac OS X 10.5 (pemutakhiran 10.5.1-10.5.2-10.5.3-10.5.4) kode: "Leopard", dirilis: Oktober 2007

      Mac OS X 10.6 (kode: "Snow Leopard"; Juni 2009)

      Mac OS X 10.7 (kode: "Lion"; Juli 2011)

      Mac OS X 10.8 (kode: "Mountain Lion")

      Mac OS X 10.9 (kode: "Mavericks")

      Mac OS X 10.10 (kode: "Yosemite")

      Mac OS X 10.11 (kode: "El Capitan")

 nah, itu lah macam - macam sistem operasi yang ada saat ini, semoga bermanfaat...amin... 

Sunday, February 28, 2016

Modul Sistem Komputer Kelas 2 Semester 2

Materi sistem komputer berakhir diajarkan atau disampaikan di kelas dua semester dua. sementara di dalam modul aslinya atau modul buku besarnya tersusun atas dua belas bab. pada semester ini hanya membahas dari bab 7 sampai bab 8 saja. sedangkan sisanya kemungkinan besar akan diajarkan pada saat Anda kuliah dan mengambil jurasan Teknik Informatika atau jurusan yang sama dengan waktu Anda duduk di bangku SMK Multimedia. namun sistem komputer dibangku kuliahan hanya dipelajari satu semesteran saja jelas beda dengan SMK Multimedia yang mempelajari hingga 4 semester atau dua tahun, kemungkinan besar materi sistem komputer ini kembali ke pada Anda bisa jadi Anda belajar otodidak seperti layaknya mahasiswa lainnya yang sudah paham betul masa kuliahan. 

Disemester ini atau semester dua kelas dua, Anda akan mempelajari dua bab sekaligus yaitu bab 7 memori dan bab 8 pemrograman mikro. ketika awal masuk disemester ini Anda langsung banyak mencatat karena pada bab ini banyak terdapat penjelasan - penjelasan yang semua itu berkaitan erat dengan aspek penyimpanan pada komputer. memori menurut istilah orang awang merupakan serangkaian ingatan tentang masa yang telah berlalu, istilah ini juga tidak beda jauh bila dilihat dari sudut pandang teknologi yang mana memori diartikan suatu komputer yang tersusun atas berbagai macam piranti yang menyimpan instruksi - instruksi dan data yang diperlukan untuk operasinya. nah bila dilihat dari sudut pandang fungsi dan perannya maka memori terbagi atas beberapa macam yaitu sebagai berikut.

1. Memori Stack - merupakan struktur data tidak tetap yang digunakan untuk penyimpanan alamat kembali dan parameter yang dilalui dalam subroutine call dan return, memanipulasi alamat dan data serta operasi aritmatika.
pada memori ini dikenal sebuah istilah dengan istilah LIFO (Last In First Out). maksudnya yang terakhir duluan masuk dan yang pertama duluan keluar. atau secara rinci dikenal dengan istilah POP  (FO / First Out) dan PUSH (Last In). penjelas secara rinci Anda dapat lihat gambar dibawah ini

2. Memori Modular - suatu komputer yang menjalankan program dengan mem-fetch instruksi dari memori dan mentransfer data ke dan dari memori.
pada memori ini dikenal dengan perumpamaan struktur kantor pos yaitu istilah pendekatan secara Interleaving maksuknya untuk mensetup memori modular, bit - bit tingkat rendah digunakan untuk memilih sebuah modul dan bit - bit tingkat tinggi melayani lokasi alamat dalam modul tersebut.

3. Memori Asosiatif - organisasi memori yang sangat berbeda atau bisa disebut sebagai CAM (Content Addressable Memori)

4. Memori Cache - memori kecil yang berkecepatan tinggi.
pada memori ini ada beberapa istilah yang dekat dengan memori cache ini diantaranya lokalitas prinsip referensi, kebijakan write through, dan kebijakan write back.

5. Memori Pembantu - piranti penyimpanan backup, atau secondary secara kolektif.
ada 4 macam contoh piranti yang membantu kinerja memori pembantu ini yaitu pita magnetik, disk magnetik, floppy disk, dan drum magnetik.

6. Memori Gelembung Magnetik - semua area yang mempunyai kemagnetan satu arah dapat dianggap mewakili satu, sedangkan yang lainnya mewakili nol.

7. Memori Virtual - suatu mesin yang menyertakan suatu teknik untuk menjalankan proses overlay secara otomatis.

nah diatas sudah saya jelaskan secara sepintas tentang memori, pertemuan selanjutnya Anda akan memasuki bab baru yaitu bab ke dua disemester ini atau bab 8 pemrograman mikro. pada bab ini Anda akan lebih mengenal lagi berbagai macam program kecil yang memiliki daya dan peran yang sangat besar dalam sistem komputer. nah apa saja yang terdapat dalam bab delapan ini, Anda dapat mendownloadnya dengan cara mengklik link download di bawah ini.

Download : Modul Sistem Komputer Kelas 2 Semester 2 Bab 1

                    Modul Sistem Komputer Kelas 2 Semester 2 Bab 2

Anda juga dapat memiliki modul kelanjutannya yang terdiri dari
  
Bab 9 Komputer Pipeline
  
Bab 10 Pemrosesan Paralel
  
Bab 11 Organisasi Mikrokomputer
  
Bab 12 Jaringan Komunikasi Komputer

dengan cara mengirimkan pesan singkat yang berisikan keinginan memiliki modul kelanjutan yang tertera seperti diatas ke email saya.

untuk dapat membuka password pdf nya Anda dapat mengirimkan donasi Anda ke nomor rekening saya dengan cara mengirimkan pesan singkat ke alamat email saya terlebih dahulu, ini emailnya :
tutorialilmukomputer@gmail.com, lalu saya akan membalasnya dengan mengirimkan nomor rekening tujuan, dan silakan Anda kirimkan dengan besar donasi Rp.50.000;- perpassword, jika sudah selesai kirimkan foto atau data rincian transfer ke email beserta nomor hp Anda. pesan akan saya tanggapi selambat - lambatnya maksimal 2 kali 24 jam.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat...amin...

Saturday, February 27, 2016

Modul Mapel Sistem Komputer Kelas 2 Semester 1

wawawa...lama ya kita tak berjumpa...dibulan ini saya tidak sempat menulis mungkin karena ada mainan baru kali atau mungkin karena saya banyak kesibukan di sekolah, ya mungkin kedua - duanya hehehe...itu sekedar intermezo saja. nah, kali ini saya ingin mensharekan buku modul pelajaran sistem komputer untuk kelas dua di semester satu. untuk di semester ini Anda akan mempelajari dua bab yaitu bab 5 central processing unit (CPU) dan bab 6 pemrosesan input/output. di semester ini Anda akan mengenal lebih dalam dan terstruktur tentang sistem yang berjalan di balik layar pada sistem komputer. Anda akan sedikit bingung dibuatnya, karena disemester ini juga Anda disuguhkan dengan berbagai istilah baru menurut Anda. seperti atau misalkan pada bagian fundamental pada sebuah komputer. konsepnya untuk memiliki sebuah program yang tersimpan dalam memori komputer umumnya dihungungkan dengan ilmuan yang bernama John Von Neumann. dimana program disimpan dalam unit memori utama yang berhadapan dengan piranti input/output (I/O) melalui unit pengolahan pusat (CPU atau Central Processing Unit). seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
Gambar 1. CPU - mesin tipe Von Neumann

penjelasan dari gambar di atas adalah untuk menyatakan eksekusi program yang telah tersimpan secara logis dilakukan sebagai berikut :

1. CPU mem-fetch instruksi berikutnya dari memori
2. CPU men-decode instruksi
3. berdasarkan instruksi, CPU mengeluarkan sinyal kendali untuk mem-fetch operand lainnya jika diperlukan dan kemudian akan melaksanakan salah satu tindakan.
4. CPU kembali ke langkah pertama dan melanjutkan proses hingga program diberhentikan.

nah, setelah Anda diajak mengenali sistem pada CPU selanjutnya Anda akan mengenal berbagai macam kumpulan register, ada register program counter, register instruksi, dan register umum atau nama kerennya general purpose. juga nanti Anda akan mengenal kumpulan register pada intel 8085 dan lain sebagainya. lulu ada istilah pengertian format instruksi hingga format alamat. disini Anda mulai berpusing ria untuk menghitung format alamat pada suatu register. nah, berikut tabel untuk mode pengalamatan umum, silakan diperhatikan dengan seksama.


setelah Anda berkecimpung dengan hitungan pada pengalamatan pada pertemuan berikutnya akan dikenalkan dengan segudang pengetahuan baru tentang ALU atau nama lengkapnya Arithmetic and Logic Unit. Anda akan mengenal banyak kode hingga fungsi aritmatika pada sebuah ALU. secara garis besar fungsi ganda pada ALU tertuang dalam gambar dibawah ini.

Gambar 3. Fungsi Ganda ALU
setelah serangkaian penjelasan dari fundamental CPU hingga CLU yang telah Anda dapatkan pada pertemuan berikutnya pada pelajaran sistem komputer ini Anda mulai membuka bab baru yaitu bab 6 atau bab ke dua disemester ini, tentang pemprosesan Input/Output. disini Anda akan mempelajari berbagai penjelasan yang terdiri dari sistem input/output, pengaksesan input/output, transfer data, hingga interfacing piranti. nah untuk lebih jelasnya dan lebih lengkap silakan baca sendiri buka modulnya. silakan klik download pada link dibawah ini.

download : Modul Sistem Komputer Kelas 2 Semester 1 Bab 1

                   Modul Sistem Komputer Kelas 2 Semester 1 Bab 2


untuk dapat membuka password pdf nya Anda dapat mengirimkan donasi Anda ke nomor rekening saya dengan cara mengirimkan pesan singkat ke alamat email saya terlebih dahulu, ini emailnya :
tutorialilmukomputer@gmail.com, lalu saya akan membalasnya dengan mengirimkan nomor rekening tujuan, dan silakan Anda kirimkan dengan besar donasi Rp.50.000;- perpassword, jika sudah selesai kirimkan foto atau data rincian transfer ke email beserta nomor hp Anda. pesan akan saya tanggapi selambat - lambatnya maksimal 2 kali 24 jam.

selamat mencoba semoga bermanfaat... amin...