Saturday, February 27, 2016

Modul Mapel Sistem Komputer Kelas 2 Semester 1

wawawa...lama ya kita tak berjumpa...dibulan ini saya tidak sempat menulis mungkin karena ada mainan baru kali atau mungkin karena saya banyak kesibukan di sekolah, ya mungkin kedua - duanya hehehe...itu sekedar intermezo saja. nah, kali ini saya ingin mensharekan buku modul pelajaran sistem komputer untuk kelas dua di semester satu. untuk di semester ini Anda akan mempelajari dua bab yaitu bab 5 central processing unit (CPU) dan bab 6 pemrosesan input/output. di semester ini Anda akan mengenal lebih dalam dan terstruktur tentang sistem yang berjalan di balik layar pada sistem komputer. Anda akan sedikit bingung dibuatnya, karena disemester ini juga Anda disuguhkan dengan berbagai istilah baru menurut Anda. seperti atau misalkan pada bagian fundamental pada sebuah komputer. konsepnya untuk memiliki sebuah program yang tersimpan dalam memori komputer umumnya dihungungkan dengan ilmuan yang bernama John Von Neumann. dimana program disimpan dalam unit memori utama yang berhadapan dengan piranti input/output (I/O) melalui unit pengolahan pusat (CPU atau Central Processing Unit). seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
Gambar 1. CPU - mesin tipe Von Neumann

penjelasan dari gambar di atas adalah untuk menyatakan eksekusi program yang telah tersimpan secara logis dilakukan sebagai berikut :

1. CPU mem-fetch instruksi berikutnya dari memori
2. CPU men-decode instruksi
3. berdasarkan instruksi, CPU mengeluarkan sinyal kendali untuk mem-fetch operand lainnya jika diperlukan dan kemudian akan melaksanakan salah satu tindakan.
4. CPU kembali ke langkah pertama dan melanjutkan proses hingga program diberhentikan.

nah, setelah Anda diajak mengenali sistem pada CPU selanjutnya Anda akan mengenal berbagai macam kumpulan register, ada register program counter, register instruksi, dan register umum atau nama kerennya general purpose. juga nanti Anda akan mengenal kumpulan register pada intel 8085 dan lain sebagainya. lulu ada istilah pengertian format instruksi hingga format alamat. disini Anda mulai berpusing ria untuk menghitung format alamat pada suatu register. nah, berikut tabel untuk mode pengalamatan umum, silakan diperhatikan dengan seksama.


setelah Anda berkecimpung dengan hitungan pada pengalamatan pada pertemuan berikutnya akan dikenalkan dengan segudang pengetahuan baru tentang ALU atau nama lengkapnya Arithmetic and Logic Unit. Anda akan mengenal banyak kode hingga fungsi aritmatika pada sebuah ALU. secara garis besar fungsi ganda pada ALU tertuang dalam gambar dibawah ini.

Gambar 3. Fungsi Ganda ALU
setelah serangkaian penjelasan dari fundamental CPU hingga CLU yang telah Anda dapatkan pada pertemuan berikutnya pada pelajaran sistem komputer ini Anda mulai membuka bab baru yaitu bab 6 atau bab ke dua disemester ini, tentang pemprosesan Input/Output. disini Anda akan mempelajari berbagai penjelasan yang terdiri dari sistem input/output, pengaksesan input/output, transfer data, hingga interfacing piranti. nah untuk lebih jelasnya dan lebih lengkap silakan baca sendiri buka modulnya. silakan klik download pada link dibawah ini.

download : Modul Sistem Komputer Kelas 2 Semester 1 Bab 1

                   Modul Sistem Komputer Kelas 2 Semester 1 Bab 2


untuk dapat membuka password pdf nya Anda dapat mengirimkan donasi Anda ke nomor rekening saya dengan cara mengirimkan pesan singkat ke alamat email saya terlebih dahulu, ini emailnya :
tutorialilmukomputer@gmail.com, lalu saya akan membalasnya dengan mengirimkan nomor rekening tujuan, dan silakan Anda kirimkan dengan besar donasi Rp.50.000;- perpassword, jika sudah selesai kirimkan foto atau data rincian transfer ke email beserta nomor hp Anda. pesan akan saya tanggapi selambat - lambatnya maksimal 2 kali 24 jam.

selamat mencoba semoga bermanfaat... amin...