Sunday, February 28, 2016

Modul Sistem Komputer Kelas 2 Semester 2

Materi sistem komputer berakhir diajarkan atau disampaikan di kelas dua semester dua. sementara di dalam modul aslinya atau modul buku besarnya tersusun atas dua belas bab. pada semester ini hanya membahas dari bab 7 sampai bab 8 saja. sedangkan sisanya kemungkinan besar akan diajarkan pada saat Anda kuliah dan mengambil jurasan Teknik Informatika atau jurusan yang sama dengan waktu Anda duduk di bangku SMK Multimedia. namun sistem komputer dibangku kuliahan hanya dipelajari satu semesteran saja jelas beda dengan SMK Multimedia yang mempelajari hingga 4 semester atau dua tahun, kemungkinan besar materi sistem komputer ini kembali ke pada Anda bisa jadi Anda belajar otodidak seperti layaknya mahasiswa lainnya yang sudah paham betul masa kuliahan. 

Disemester ini atau semester dua kelas dua, Anda akan mempelajari dua bab sekaligus yaitu bab 7 memori dan bab 8 pemrograman mikro. ketika awal masuk disemester ini Anda langsung banyak mencatat karena pada bab ini banyak terdapat penjelasan - penjelasan yang semua itu berkaitan erat dengan aspek penyimpanan pada komputer. memori menurut istilah orang awang merupakan serangkaian ingatan tentang masa yang telah berlalu, istilah ini juga tidak beda jauh bila dilihat dari sudut pandang teknologi yang mana memori diartikan suatu komputer yang tersusun atas berbagai macam piranti yang menyimpan instruksi - instruksi dan data yang diperlukan untuk operasinya. nah bila dilihat dari sudut pandang fungsi dan perannya maka memori terbagi atas beberapa macam yaitu sebagai berikut.

1. Memori Stack - merupakan struktur data tidak tetap yang digunakan untuk penyimpanan alamat kembali dan parameter yang dilalui dalam subroutine call dan return, memanipulasi alamat dan data serta operasi aritmatika.
pada memori ini dikenal sebuah istilah dengan istilah LIFO (Last In First Out). maksudnya yang terakhir duluan masuk dan yang pertama duluan keluar. atau secara rinci dikenal dengan istilah POP  (FO / First Out) dan PUSH (Last In). penjelas secara rinci Anda dapat lihat gambar dibawah ini

2. Memori Modular - suatu komputer yang menjalankan program dengan mem-fetch instruksi dari memori dan mentransfer data ke dan dari memori.
pada memori ini dikenal dengan perumpamaan struktur kantor pos yaitu istilah pendekatan secara Interleaving maksuknya untuk mensetup memori modular, bit - bit tingkat rendah digunakan untuk memilih sebuah modul dan bit - bit tingkat tinggi melayani lokasi alamat dalam modul tersebut.

3. Memori Asosiatif - organisasi memori yang sangat berbeda atau bisa disebut sebagai CAM (Content Addressable Memori)

4. Memori Cache - memori kecil yang berkecepatan tinggi.
pada memori ini ada beberapa istilah yang dekat dengan memori cache ini diantaranya lokalitas prinsip referensi, kebijakan write through, dan kebijakan write back.

5. Memori Pembantu - piranti penyimpanan backup, atau secondary secara kolektif.
ada 4 macam contoh piranti yang membantu kinerja memori pembantu ini yaitu pita magnetik, disk magnetik, floppy disk, dan drum magnetik.

6. Memori Gelembung Magnetik - semua area yang mempunyai kemagnetan satu arah dapat dianggap mewakili satu, sedangkan yang lainnya mewakili nol.

7. Memori Virtual - suatu mesin yang menyertakan suatu teknik untuk menjalankan proses overlay secara otomatis.

nah diatas sudah saya jelaskan secara sepintas tentang memori, pertemuan selanjutnya Anda akan memasuki bab baru yaitu bab ke dua disemester ini atau bab 8 pemrograman mikro. pada bab ini Anda akan lebih mengenal lagi berbagai macam program kecil yang memiliki daya dan peran yang sangat besar dalam sistem komputer. nah apa saja yang terdapat dalam bab delapan ini, Anda dapat mendownloadnya dengan cara mengklik link download di bawah ini.

Download : Modul Sistem Komputer Kelas 2 Semester 2 Bab 1

                    Modul Sistem Komputer Kelas 2 Semester 2 Bab 2

Anda juga dapat memiliki modul kelanjutannya yang terdiri dari
  
Bab 9 Komputer Pipeline
  
Bab 10 Pemrosesan Paralel
  
Bab 11 Organisasi Mikrokomputer
  
Bab 12 Jaringan Komunikasi Komputer

dengan cara mengirimkan pesan singkat yang berisikan keinginan memiliki modul kelanjutan yang tertera seperti diatas ke email saya.

untuk dapat membuka password pdf nya Anda dapat mengirimkan donasi Anda ke nomor rekening saya dengan cara mengirimkan pesan singkat ke alamat email saya terlebih dahulu, ini emailnya :
tutorialilmukomputer@gmail.com, lalu saya akan membalasnya dengan mengirimkan nomor rekening tujuan, dan silakan Anda kirimkan dengan besar donasi Rp.50.000;- perpassword, jika sudah selesai kirimkan foto atau data rincian transfer ke email beserta nomor hp Anda. pesan akan saya tanggapi selambat - lambatnya maksimal 2 kali 24 jam.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat...amin...