Wednesday, October 14, 2015

Burning CD atau DVD tanpa Software Nero

Assalam'mualaikum Wr.Wb. Hai semua, sudah lama saya tak menulis artikel lagi. maaf jika sudah menunggu - nunggu sharingan dari saya lagi. sudah hampir setengah bulan saya tidak menulis, maklum saya selama dua minggu mengikuti diklat di medan, so...otomatis tidak bisa menulis di page ini. tapi jangan khawatir, saya banyak oleh - oleh dari diklat tersebut, insyaallah jika sempat dan jika masih ingat akan saya sharekan kepada Anda.

baiklah kali ini saya ingin berbagi tentang pentingnya cara burning cd atau dvd. kata burning sebenarnya masih ada yang belum mengenalnya atau mungkin masih awam di dengar ditelinga Anda. burning kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti membakar, tapi sebenarnya bukan itu maksud inti nya. namun burning menurut bahasa ilmu komputer merupakan suatu peroses penyimpanan file atau data (dalam hal ini adalah berbentuk software baik itu sound, program atau pun data) ke dalam bentuk kepingan cd atau dvd yang berbentuk kumpulan pita digital. nah proses ini yang dikatakan mem - burning atau membakar tersebut. loh kenapa bisa begitu, lalu bagaimana prosesnya. proses burning dilakukan di dalam DVD atau CD RW Drive dengan cara menembakkan sinar laser dengan kecepatan tinggi ke kepingan dvd atau cd tersebut. software yang terkenal memfasilitasi burning ini adalah nero. nero merupakan aplikasi membantu mempermudah proses pemburningan dengan berbagai macam jenis "format data" baik itu sound, data maupun program. lalu bagaimana kalau tanpa menggunakan software burning, apakah masih bisa memburning. ya tentu bisa jawabannya. 

mungkin Anda perna mengalami kasus seperti ini, ketika Anda sedang memerlukan copyan data lewat CD-R tiba - tiba dikomputer Anda atau juga dikomputer teman Anda tidak atau belum terbasang software burning misal nero, lalu data tersebut sangat mendesak untuk Anda. nah jika Anda pernah mengalami kasus seperti ini tidak perlu khawatir lagi. kali ini saya akan mensharekan bagaimana cara memburning DVD atau CD tanpa software nero atau software burning lagi. sebagai catatan awal masing - masing cara burning memiliki kelebihan dan kekurangannya. baik berikut ini adalah cara nya.

pertama - tama siapkan dan masukkan kepingan DVD-R atau CD-R kedalam DVD RW Drive lalu siapkan file yang akan Anda burning ke dalam satu folder, tujuannya agar tidak tercecer. jika sudah Anda kumpulkan dalam satu folder, selanjutnya klik kanan pada folder tersebut pilih send to DVD RW Drive, jika kurang jelas bisa melihat gambar berikut ini.


maka foldernya akan tercopy ke memory internal drive DVD tersebut. tujuannya untuk penyimpanan sementara. supaya folder tersebut nempel atau terekam ke dalam CD-R atau DVD-R maka Anda harus melakukan langka berikutnya. 


setelah folder tersebut tercopy kedalam memory internal drive DVD di komputer Anda, maka akan terlihat seperti gambar diatas atau boleh dikatakan folder tersebut seperti dalam format "hiden file" alias sedikit transparan. lalu untuk membuat folder tersebut tertanam ke dalam kepingan DVD-R atau CD-R yaitu Anda klik kanan di halaman kosong masih dalam lingkup  DVD RW drive lalu pilih lah burn to disc. seperti yang terlihat pada gambar di atas. setelah Anda lakukan itu maka akan muncul jendelah informasi burning nya seperti yang terlihat dalam gamabr di bawah ini.


pada jendelah informasi ini Anda dimintak untuk memberikan nama pada data cd yang akan Anda burning tersebut, sebagai contoh disini saya isi disc title nya dengan nama "Diklat MM ke 6" dan recording speed saya pilih 16X standar. jika sudah Anda tentukan maka klik tombol next untuk melanjutkannya. maka akan muncul jendelah informasi pemburningan, pada jendelah ini silakan Anda tunggu saja sampai loading burning nya sampai 100%. seperti terlihat pada gambar dibawah ini.




jika proses burning nya selesai hingga 100% maka akan muncul jendelah informasi yang menyatakan finish atau selesai. dan secara otomatis pintu DVD RW drive akan terbuka dengan sendirinya. itu menandakan kalau burningan Anda telah sukses. untuk mengecek, silakan Anda masukkan lagi ke drive DVD dan lihat lah, foldernya tidak lagi seperti hiden.
selamat mencoba, semoga bermanfaat...amin....