Tuesday, October 6, 2015

Cara Mensharekan Drive atau Folder Lewat Jaringan LAN

Share merupakan ungkapan dari kata berbagi, share sering digunakan ketika kita memerlukan sesuatu data yang sifat nya penting atau juga ada suatu permintaan dari orang yang mengenal Anda baik berupa data atau pun informasi lainnya. share pertama kali dikenal sebagai teknik berbagi pakai file. berikut cara membuat nya.

pertama - tama lakukan penyeleksian data Anda terlebih dahulu, kira - kira file apa yang nantinya akan Anda bagikan ke dalam jaringan komputer atau group Anda. jika sudah Anda pastikan datanya, maka masukkan lah data tersebut ke dalam satu folder khusus agar tidak tercecer atau berserakan. sebagai catatan awal, saya ingatkan share ini hanya terbagi ke dalam satu jaringan LAN yang sama. Anda bisa melihatnya dengan dua cara secara hard dan secara soft. yang dikatakan secara hard yaitu berbentuk jaringan kabel, Anda bisa melihat di colokan Hub yang ada kemana - mana kabel Lan tersebut tersebar, secara otomatis bisa dilihat dengan kasat mata. nah, sedangkan yang dikatakan secara soft yaitu berbentuk data informasi yang bisa Anda lihat di drive atau partisi network pada komputer Anda. dua cara tersebut memiliki kelemahan masing - masing.

langka selanjutnya, klik kanan pada folder khusus yang tadi telah Anda pisahkan atau Anda setting, lalu pilih share with disana akan terlihat disamping kanan nya terdapat beberapa pilihan di antara nya ada nobody, homegrop (read), homegroup (read/write), dan specific people. masing - masing pilihan tersebut sudah barang tentu berbeda pula fungsinya. nobody bermaksud untuk diri sendiri sedangkan orang lain tidak bisa melihatnya apa lagi mengirimkan file. homegroup (read) bermaksud untuk group yang terhubung ke dalam jaringan Lan tersebut dan hanya bisa membaca saja. sedangkan homegroup (read/write) bermaksud untuk group yang terhubung ke dalam jaringan Lan tersebut dan semua anggota group bisa melihat dan juga membagikan file ke dalam jaringan tersebut. dan yang terakhir adalah specific people bermaksud untuk beberapa orang saja bisa jadi hanya satu orang dengan spesifikasi sesuai dengan yang Anda setting. atau bisa di lihat di bawah ini.


ada cara lain selain cara di atas yaitu dengan cara mengklik kanan langsung pada folder tersebut dan pilih properties. maka dengan dua cara tersebut akan muncul jendelah informasi seperti gambar dibawah ini. 


 jika telah muncul jendelah informasi seperti di atas, pilihlah kolom sharing, di dalam nya terdapat pilihan seperti terterah pada gambar. pilih lah tombol share pada barisan kolom pertama di dalam sharing tersebut. lalu akan muncul jendelah informasi seperti terterah pada gambar di bawah ini.


pada jendelah advanced sharing centang lah kolom share this folder lalu klik tombol apply. maka folder dengan nama tersebut akan terhubung langsung dengan komputer lainnya secara otomatis. lalu untuk melihat hasilnya Anda bisa mengklik pada drive atau partisi network pada komputer Anda. maka akan muncul sederetan icon - icon komputer beserta nama dari komputer tersebut. seperti yang terlihat pada gambar berikut. lalu cari lah nama dari komputer Anda untuk melihat informasinya lebih detial.



 setelah ketemu apa nama dari komputer Anda maka klik lah dengan seketika akan muncul berbagai macam folder yang telah tershare pada komputer Anda seperti terlihat pada gambar di bawah.


selamat, sekarang komputer Anda telah tershare dalam jaringan LAN setempat...hehe. lalu bagaimana jika ada pertanyaan seputar bagaimana cara menghapus folder yang telah Anda share, jika tidak menginginkan lagi untuk berbagi. cukup mudah. Anda cukup mengklik kanan pilih share with atau klik kanan pilih properties, kedua cara tersebut hampir sama tujuannya. lalu cari advanced sharing dan klik. setelah itu hapus tanda centang share this folder lalu klik apply. maka secara otomatis folder tersebut akan terhapus dari jaringan LAN. catatan akhir bermanfaat untuk berbagi file secara serentak.
selamat mencoba, semoga bermanfaat...Amin....