Wednesday, February 24, 2016

Modul Mapel Sistem Komputer Kelas X Semester 2

hai...hai...hai...ketemu lagi ni, walau kita berjumpa di pertengahan bulan februari, harapan saya tidak mengurangi rasa apapun. ya..ya...sudah lama saya tak berbagi diblog ini. hari ini saya ingin mensharekan modul mata pelajaran sistem komputer bagi kalian yang masih duduk dibangku sekolahan kelas X sekolah di smk jurusan multimedia, modul ini tepat sekali buat kalian. page ini merupakan continue dari page yang awal  dulu saya ingin melanjutkan dan memilahnya saja. nah sekarang kita sudah masuk bulan kedua dari semester genap tahun ini. maka dari pada itu saya mensharekan modul untuk semester 2 kelas X. disemester dua ini, Anda akan disuguhkan dengan dua judul bab, yaitu bab 3 prinsip dan perancangan logika dan bab 4 organisasi komputer dasar.

pada bab pertama disemester dua ini atau boleh dikatakan bab tiga, semua akan Anda pelajari tentang konsep dasar pada rangkaian gerbang logika, yang di awali dengan pengertian aljabar boolean. aljabar boolean sangat berkaitan erat dengan istilah sinyal dan biner. dimana pengertian sinyal itu sendiri adalah suatu komputer yang memanipulasi elemen - elemen diskrit dari informasi yang diwakili oleh kualitas fisik. sedang pengertian biner adalah sinyal - sinyal yang terbatas pada dua kemungkinan nilai yaitu nol dan satu. lalu apa pengertian aljabar boolean? aljabar boolean adalah struktur aljabar yang terdiri dari suatu kumpulan elemen - elemen B bersama dua operasi biner {+} dan {.} dan sebuah operasi unary,

setelah Anda selesai mempelajari tentang Aljabar boolean dari elemen yang terkait didalamnya, lalu pengertiannya sampai dengan fungsi boolean. selanjutnya Anda akan diajak untuk mengenal macam - macam contoh perancangan logika, lalu penyederhanaan fungsi boolean dan macam - macam gerbang logika dasar. pada tahapan ini Anda akan diajak berpusing - pusing ria, karena Anda diwajibkan bisa menggambar rangkaian gerbang logika tersebut. untuk sementara ini dasar gerbang logika ada delapan macam gerbang.

1. Gerbang AND - dengan tabel kebenarannya, jika kedua - duanya bernilai 1 maka nilainya 1 (catatan disini dimaksudkan jika nilai x dan nilai y nya sama - sama 1 maka nilai akhirnya atau F bernilai 1), sebaliknya jika salah satu dan atau kedua - duanya bernilai nol maka nilainya adalah nol.

2. Gerbang OR - dengan tabel kebenarannya, jika salah satu dan atau kedua - duanya bernilai 1 maka nilainya 1, sebaliknya jika kedua - duanya bernilai nol maka nilainnya nol.

3. Gerbang INVERTER atau NOT - dengan tabel kebenarannya, jika nilai x (input) benilai 1 maka nilai akhirnya atau nilai F nya adalah nol (atau kebalikan dari nilai x atau input)

4. Gerbang BUFFER atau TRANSFER - dengan tabel kebenaran, pada gerbang ini cara kerjanya sama dengan nama nya yaitu transfer secara otomatis jika nilai x (input) bernilai nol maka nilai akhirnya adalah nol.

5. Gerbang NAND atau Not AND - dengan tabel kebenarannya, arti dari gerbang diatas menunjukkan bahwa gerbang tersebut tidak sama atau bertentangan dengan tabel kebenaran gerbang AND, jadi secara otomatis tabel kebenarannya, jika kedua - duanya bernilai 1 maka nilai akhirnya nol, sebaliknya jika salah satu dan atau kedua - duannya bernilai nol maka niali akhirnya adalah 1.

6. Gerbang NOR atau Not OR - dengan tabel kebenarannya, hampir sama dengan konsep tabel kebenaran dari NAND yaitu menyatakan bukan atau bertentangan dengan OR, jadi secara otomatis tabel kebenarannya, jika salah satu dan atau kedua - duannya bernilai satu maka nilai akhirnya adalah nol, sebaliknya jika kedua - duanya bernilai nol maka nilai akhirnya adalah 1.

7.  Gerbang EXCLUSIVE OR atau XOR - dengan tabel kebenaran, jika kedua - duanya bernilai sama (dalam hal ini jika nilai x dan nilai y sama - sama nol atau sama - sama 1) maka nilai akhirnya atau nilai F nya nol, sebaliknya jika salah satu benrilai nol atau bernilai 1 maka nilai akhirnya adalah 1.

8. Gerbang EQUIVALENCE atau EXCLUSIVE NOR atau XNOR - dengan tabel kebenarannya, jika kedua - duanya bernilai sama (dalam hal ini jika nilai x dan nilai y sama - sama nol atau sama - sama 1) maka nilai akhirnya 1, sebaliknya jika salah satu bernilai nol atau bernilai 1 maka nilai akhirnya adalah nol.

nah, setelah Anda mempelajari gerbang logika diatas sampai tuntas, selanjutnya Anda akan diajak ke bab berikutnya yaitu bab 4 atau bab ke dua disemester kedua ini, dibab ini Anda akan mengenal struktur yang bekerja sama dengan rangkai komputer mulai dari perangkat keras sampai perangkat lunak yang mungkin belum pernah Anda ketahui. untuk dapat memahami itu semua silakan Anda mendownload informasinya yang lebih lengkap lagi di dalam buku pada link dibawah ini.

Download : Modul Mapel SisKom Kelas X Semester 2 Bab 1

                    Modul Mapel SisKom Kelas X Semester 2 Bab 2


untuk dapat membuka password pdf nya Anda dapat mengirimkan donasi Anda ke nomor rekening saya dengan cara mengirimkan pesan singkat ke alamat email saya terlebih dahulu, ini emailnya :
tutorialilmukomputer@gmail.com, lalu saya akan membalasnya dengan mengirimkan nomor rekening tujuan, dan silakan Anda kirimkan dengan besar donasi Rp.50.000;- perpassword, jika sudah selesai kirimkan foto atau data rincian transfer ke email beserta nomor hp Anda. pesan akan saya tanggapi selambat - lambatnya maksimal 2 kali 24 jam.