Monday, November 14, 2016

Cara Membuat Label CD

hai..hai..hai..apa kabar semuanya? eh, kita ketemu lagi. kali ini web tutorial ilmu komputer ingin berbagi tentang bagaimana cara membuat label cd. yap, ada banyak cara untuk membuat label cd ini, tinggal Anda sendiri yang mementukan. semisalnya bisa lewat microsoft office publisher, bisa juga lewat coreldraw, atau juga bisa lewat photoshop dan masih banyak lagi software pendukung untuk membuat label cd ini. lalu apa sih label itu, nah sebelum Anda bisa membuat label, alangkah baiknya Anda kenal terlebih dahulu apa label cd tersebut. label cd itu merupakan suatu sticker yang bermotif gambar maupun tulisan yang ditempelkan atau dilekatkan di kepingan cd (Compact Disk). label cd ini berfungsi untuk membuat tampilannya lebih menarik, memberikan informasi apa yang ada di dalam kepingan cd tersebut, dan lain sebagainya. nah disini web tutorial ilmu komputer akan membuat labelnya menggunakan microsoft office publisher dan mungkin juga saya akan memperkenalkan lewat coreldraw.


Cara Membuat Label CD Menggunakan Ms. Office Publisher

pertama - tama buka lah software microsoft office publisher 2007 atau versi apa pun pada Ms. Office jikalau Anda belum memilikinya atau belum terinstall, ya install saja terlebih dahulu softwarenya. lalu lihatlah disisi kiri pada jendelah publisher tersebut disana terdapat tool - publications type. di dalam publications type tool tersebut terdapat 30 macam fasilitas yang masing - masing berbeda fungsi atau kegunaannya.

lalu pilihlah tool labels di dalam publications type tool tadi. kemudian arahkan lah kusor Anda ke dalam atau ke tengah aplikasi publisher tersebut, lalu turunkan scrollbar hingga Anda mnemukan  fasilitas yang bernama cd/dvd labels. pada fasilitas ini silakan Anda pilih label mana yang paling menarik dan yang paling Anda butuhkan. untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar dibawah ini.

publisher - labels
jika sudah Anda tentukan label mana yang Anda pilih, lalu centang atau kliklah icon nya dan arahkan kusor Anda ke sudut kanan bawah yang bernama create atau dalam bahasa Indonesianya ciptakan /buat. kemudian langkah selanjutnya Anda tinggal atur dan tata gambar dan tulisannya sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. lalu tinggal di print jika semua sudah Anda tata dan atur. nah sangat mudah bukan?! itulah cara membuat label lewat aplikasi microsoft office publisher. lalu bagaimana cara membuat label menggunakan coreldraw. yap..cekidot


Cara Membuat Label CD Menggunakan CorelDraw

untuk membuat label menggunakan coreldraw, langkah pertamanya tentu saja buka terlebih dahulu aplikasi coreldraw, apabila belum ada atau belum terinstall ya di install saja dulu bro...hehehe. nah, jika sudah ada arahkan lah kusor Anda ke sisi kiri hingga Anda menemukan fasilitas yang bernama toolbox. didalam toolbox ini banyak terdapat fasilitas yang fungsi dan kegunaannya berbeda - beda. oy ada bedanya antara publisher dengan coreldraw dalam cara membuat label ini, letaknya adalah jika di publisher Anda dimanjakan dengan layanan yang siap jadi hanya tinggal mengatur dan mengedit saja atau bahasa keren kita "otomatis" , sedangkan di coreldraw Anda disuguhkan dengan cara yang "manual" alias Anda mulai dari nol, baik bentuk, ukuran, background, dan lain sebagainya.

langkah selanjutnya pilihlah tool yang bernama ellipse tool atau tekan tombol F7 pada keyboard di komputer Anda. lalu drak ke arah halaman kerja, jangan lupa tekan ctrl secara bersama pada saat Anda mendrak lingkaran agar lingkaran yang Anda buat simetris atau sama besarnya. buatlah 2 macam lingkaran yang pertama lingkaran besar dan yang kedua lingkaran kecil.

langkah berikutnya yaitu aturlah besar lingkaran yang pertama atau lingkaran yang paling besar dengan melihat ukuran kepingan cd menggunakan mistar lalu sama kan dengan ukuran pada gambar di dalam coreldraw dengan cara melihat di rulers. begitu juga dengan lingkaran kecilnya, lakukanlah hal yang sama seperti pada lingkaran terbesarnya. untuk lebih jelas Anda bisa lihat gambar dibawah ini.



langkah terakhir Anda tinggal mengedit dengan memberikan huruf dan gambar sesuai dengan kebutuhan dan keperluan Anda. untuk memasukan gambar dan memberikan huruf Anda bisa membaca artikel web tutorial ilmu komputer beberapa waktu yang lalu atau tutorial tentang coreldraw. nah, demikianlah tutorial yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat dan berguna... amin.