Thursday, November 10, 2016

Cara Membuat Efek Hologram Secara Sederhana

hai...hai...hai...apa kabar semuanya! sudah lama ya web tutorial ilmu komputer tidak menulis lagi, nah kali ini di minggu ke dua bulan november 2016 atau bertepatan dengan memperingati hari pahlawan, web tutorial ilmu komputer ingin mensharekan bagaimana cara membuat efek hologram secara sederhana. mungkin diantara Anda semua masih bertanya - tanya tentang apa itu hologram, apa fungsinya hologram, dan sebagainya, iya kan?! mungkin juga diantara Anda semua juga pernah menonton atau melihatnya langsung cara kerja hologram. nah, dari pada bertanya - tanya, alangkah baiknya kita langsung saja menyimak artikel saya ini hingga habis. yuk cekidot...


Pengertian Hologram

menurut beberapa referensi yang pernah saya baca, pengertian hologram adalah suatu teknik yang memungkinkan cahaya dari suatu benda yang tersebar, direkam dan kemudian direkontruksi, sehingga objjek seolah - olah berada pada posisi yang relatif sama dengan media rekam yang direkam. lalu gambar berubah sesuai dengan posisi dan orientasi dari perubahan sistem pandangan yang sama sehingga gambar yang direkam akan muncul secara tiga dimensi (3D) yang kemudian disebut dengan hologram. 

ada dua macam hologram berdasarkan cara pembuatannya yaitu tradisional dan modern, cara pembuatan hologram tradisional sangat lah rumit karena menggunakan proses kimia yang rumit pula sedangkan cara pembuatan hologram modern dapat dilihat dengan pencahayaan yang biasa. nah, di artikel ini nanti akan membahas bagaimana cara membuat hologram modern ini secara sederhana.

apa keunggulan hologram?! hologram memiliki kapabilitas yang lebih bila dibandingkan dengan media penyimpan lainnya, salah satunya adalah hologram dapat merekam intensitas cahaya dengan kemampuan ini maka objek terasa nyata atau hidup dan seolah - olah akan melompot dari media gambar atau scene. ada tiga macam aplikasi pendukung holografi yaitu holographic interferometry, holographic optical element, dan holographic memori. lalu apa hubungannya dengan hologram? holografi berfungsi untuk memudahkan manusia dalam mengabadikan karya - karya seni dan benda - benda peninggalan sejarah, pembuatan iklan atau film dan sebagainya. nah, berikut penjelasan tentang ketiga macam holografi tersebut, cekidot.

Holographic Interferometry
merupakan aplikasi dari teknologi holografi yang memungkinkan kita untuk membuat reflika atau tiruan visual suatu benda beserta efeknya. holografi ini memiliki tiga tipe yaitu Frozen Fringe, Life Fringe, dan Time Avarage. kegunaannya holografi ini untuk menginpeksi kerusakan atau kegagalan suatu produk.

Holographic Optical Element
merupakan salah satu jenis dari elemen optis difraktif, holografi ini dapat mengganti suatu sistem optik dengan komponen optik ganda. contohnya seperti lensa, kaca, dan prisma.

Holographic Memori
merupakan teknologi yang memanfaatkan cahaya untuk menyimpan dan membaca kembali data atau informasi, dan merambah ke sistem penyimpanan data.

lalu bagaimana cara membuat dan mempraktikkan hologram sederhana tersebut! baiklah, langkah awal yang harus Anda siapkan yaitu bahan - bahan berikut:
- wadah kepingan cd/dvd yang seperti terbuat dari bahan kaca
- buku gambar milimeter atau buku gambar yang isi nya seperti buku tulis matematika atau juga berkotak - kotak
- karter atau gergaji besi/triplek
- mistar besi
- alat tulis seperti pena dan pensil
- isolasi bening atau alat perekat lainnya

langkah pertama buat lah gambar segitiga di buku gambar milimeter tersebut dengan ukuran
- lebar atas 1 cm
- lebar bawah 6 cm
- tinggi 3,5 cm

atau juga boleh dengan ukuran yang sedikit lebih tinggi, yaitu dengan ukuran
- lebar atas 1,5 cm
- lebar bawah 6 cm
- tinggi 5 cm

jika Anda sudah membuat segitiga dengan ukuran seperti diatas, kemudian silakan Anda potong seperti yang ditunjukkan dalam gambar dibawah ini



langkah selanjutnya yaitu letakkan lah kertas cetakan yang berbentuk segitiga tersebut ke wadah kepingan cd/dvd dengan cara di isolasi dan bentuklah dengan menggunakan alat tulis seperti pena. jika di wadah tersebut sudah terbentuk segitiga nya maka selanjutnya Anda tinggal memotongnya. pada tahapan pemotongan ini silakan Anda menggunakan alat pemotong semisalnya tadi adalah karter atau juga boleh gergaji besi. jika berhasil maka hasilnya akaan tampak sama seperti dalam gambar di bawah ini.


jika segitiga yang pertama Anda telah berhasil, lakukanlah lagi secara berulang - ulang hingga mendapatkan hasil empat keping segitiga tersebut. apabila Anda sudah mendapatkan empat keping segitiga tersebut, rekatkanlah atau satukanlah dengan menggunakan alat pereka berupa isolasi atau semacamnya. atau ikuti tahapannya seperti terterah pada contoh gambar dibawah ini. 


jika berhasil maka hasil akhirnya akan tampak seperti gambar dibawah ini



lalu bagaimana bentuk implementasinya. nah sebelum saya jelaskan silakan Anda download dulu video pendukungnya disini

jika sudah Anda download videonya maka langkah terakhirnya letakkan lah hasil karya Anda tersebut di atas video tersebut. dalam hitungan detik Anda akan melihat objeknya berada didalam atau ditengah - tengah kaca(karya Anda) tersebut. nah demikianlah tutorial atau artikel tentang hologram yang dapat saya sharekan kepada Anda semua. semoga berguna dan bermanfaat..amin.