Wednesday, November 23, 2016

Cara Menginstall dan Mengenal Microsoft Office 2003

hai hai hai apa kabar semua. kali ini web tutorial ilmu komputer ingin membagikan informasi bagaimana cara menginstall office dan juga mengenal sepintas apa itu office. beberapa hari yang lalu web tutorial ilmu komputer mensurvei beberapa siswa multimedia, berkaitan dengan cara menginstall office. lalu mensurvei juga tentang apa itu office. dan ternyata dengan korespondennya 30 orang yang tahu hanya 2 orang saja. nah dari latar belakang itu web tutorial ilmu komputer berinisiatif memberikan sedikit informasi tersebut. oke langsung saja..cekidot.


Mengenal Microsoft Office 2003
      
microsoft office merupakan perangkat lunak sistem paketan dan dibuat untuk aplikasi perkantoran yang diproduksi oleh perusahaan microsoft. beberapa aplikasi di dalam office yang paling dikenal adalah word, excel, dan power point. sebenarnya paketan office 2003 ini bukan hanya sekedar tiga aplikasi itu saja akan tetapi lebih dari pada itu, yang notabennya untuk pengolahan huruf (word), pengolahan angka (excel) dan pengolahan presentasi (power point). pada versi lengkapnya microsoft office 2003 di buat dengan paketan 11 aplikasi yang di jual terpisah, microsoft office 2003 ini terdiri dari :

1. Word 2003 (untuk pengolahan huruf)
2. Excel 2003 (untuk pengolahan angka)
3. Power Point 2003 (untuk presentasi)
4. Outlook 2003 (untuk membaca email, calender, pengolahan kontak, dan jurnal)
5. Access 2003 (untuk sistem manajemen database)
6. Publisher 2003 (untuk desainer, seperti kartu, piagam,label dan sebagainya)
7. Info Path 2003 (untuk merancang, mendistribusikan dan mengirimkan formulir elektronik)
8. Project 2003 (untuk pengolahan anggaran, menganalisis beban kerja dan mengembangkan rencana)
9. visio 2003 (untuk membuat diagram dan grafis vektor)
10. Front Page 2003 (untuk membuat website)
11. One Note 2003 (untuk mengumpulkan informasi secara bebas dan kolaborasi multi user)

kesebelas macam aplikasi diatas tidak di jual dalam satu keping cd melainkan terpisah - pisah, nah untuk lebih jelasnya dibawah ini ada gambar yang akan menjelaskan tentang penjualan terpisahnya


di atas sudah tampak jelas untuk edisi yang terlengkap yaitu edisi professional. dan untuk kelima aplikasi tersebut Anda dapat membelinya satu persatu. seperti frontpage 2003 maka dalam satu keping cd hanya berisi frontpage saja, begitu juga dengan infopath 2003, one note 2003, visio 2003, dan project 2003.


Cara Menginstall Microsoft Office 2003
     
pertama - tama siapkan terlebih dahulu kepingan cd yang telah terisi Ms. Office 2003, lalu masuk kepingan cd tersebut ke dalam cd atau dvd r/rw. tunggu lah hingga muncul jendelah install office. lalu klik open. di partisi cd atau dvd rom ini tuugas Anda mencari file yang bernama setup, untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini.

lokasi setup
jika sudah ketemu seperti gambar di atas kliklah dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan open, jika berhasil maka akan muncul jendelah user account control seperti terlihat pada gambar dibawah ini, lalu pilih yes.


selanjutnya akan muncul jendelah ms. office 2003 setup yang akan menanyakan kode key dari produk tersebut, disini Anda disuruh memasukkan kode key atau Serial Number (SN) nya.


buka lah kode key di dalam partisi cd / dvd rom yang berbentuk seperti note atau text, jika Anda berhasil menemukannya maka akan terlihat sama seperti pada gambar dibawah ini, lalu masukkan lah kode key nya. lalu klik next.


jika kode key sudah dimasukkan dan berhasil, maka akan muncul jendelah user information, disini silakan Anda masukkan nama, inisial dan organisasi Anda, untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar dibawah ini. lalu klik next.


kemudian akan muncul jendelah lisensi, disini Anda mau atau tidak mau harus mencentang tanda setuju pada jendelah lisensi ini. seperti terlihat pada gambar dibawah ini. lalu kliklah next


langkah selanjutnya untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas pada jendelah ini saya sarankan Anda memilih costum



nah selanjutnya Anda akan disuguhkan dengan tampilan semua aplikasi yang terdapat pada Ms. Office 2003 seperti yang terlihat pada gambar terdapat 7 macam aplikasi yaitu word, excel, powerpoint, outlook, publisher, access, dan infopath. lalu klik next


pada tahapan ini muncul jendelah loading install, tunggulah hingga proses penginstallan selesai dan mengarahkan ke jendelah finish.


jika proses penginstallan selesai, maka akan muncul jendelah finish seperti terlihat pada gambar dibawah ini, lalu klik tombol finish.


nah, itulah cara menginstall Ms. Office 2003, cukup udah bukan?! sekarang Anda sudah mengenal secara singkat tentang office 2003 dan cara menginstallnya. demikianlah yang dapat saya sampaikan semoga berguna dan bermanfaat..amin.