Wednesday, September 28, 2016

Macam - Macam Gelar Sarjana (bagian 2 : gelar dari luar negeri secara umum)

hai semua...beberapa minggu yang lalu web tutorial ilmu komputer pernah berbagi tentang macam - macam gelar sarjana di dalam negeri, nah kali ini web tutorial ilmu komputer akan mencoba berbagi lagi tentang gelar sarjana, tapi di tahap kedua ini membahas sedikit tentang macam - macam gelar di beberapa negara atau luar negeri. ada banyak perbedaan gelarnya, itu semua disebabkan karena pengaruh ejakan bacaan atau EYD dan tentu saja karena istilah bahasanya. nah, untuk info lebih jelasnya yuk cekidot.

seperti biasa sebelum saya paparkan lebih lebar pembahasannya, diawal ini saya ingin jelaskan sedikit bahwa nantinya akan saya bagi atas 3 bagian kelompok. 3 kelompok ini terdiri dari hindia - belanda atau juga belanda, yang kedua negara - negara yang menganut sistem anglo saxon dan yang ketiga jerman. gelar di luar negeri menggunakan ejakan bahasa inggris beda dengan di indonesia, maka untuk menyebutkan sarjana di luar negeri sama dengan Bachelor, untuk menyebutkan magister di luar negeri sama dengan Master, dan untuk menyebutkan doktor di luar negeri sama dengan Doctor. ok itu saja dulu, informasi awal yang saya sampaikan, nah berikut info selengkapnya.


1. Gelar Sarjana Untuk Wilayah Hindia - Belanda atau di Negara Belanda

di wilayah ini gelar akademik nya terdiri dari :
- Doctorandus (Drs.)
- Ingenieur (Ir.)
- Meester in de Rechten (Mr.)


2. Gelar Sarjana Untuk Negara - Negara yang Menganut Sistem Anglo - Saxon

di wiliayah negara - negara ini atau yang menganut sistem Anglo - Saxon ini, gelar akademik nya terbagi atas tiga jenjang pendidikan yaitu sarjana atau bachelor, magister atau master, dan doktor atau doctor, di antaranya sebagai berikut :

Bachelor
bachelor of arts (B.A)
bachelor of computer science (B.Comp.Sc)
bachelor of law (L.L.B)
bachelor of engineering (B.Eng)
bachelor of medicine, atau juga bachelor of surgery (MBBS)
bachelor of science (B.Sc)

Master
master of arts (M.A)
master of science (M.Sc)
master of engineering (M.Eng)
master of engineering science (M.Eng.Sc)
master of busines administration (M.B.A)
master of theology (M.Th)
theologiae magisteer (Th.M)
master of laws (L.L.M)
master of pharmacy (M.Pharm)
master of computer science (M.Com)
master of sports science (M.Sport)
master of maritime (M.Mar)
master of philosophy (M.Phil.)

Doctor
doctor of philosophy (Ph.D)
doctor of theology (D.Th)
doctor of education (Ed.D)
doctor of medicine (MD)


3. Gelar Sarjana untuk Wilayah Negara Jerman

di wilayah ini belum dapat dirincikan secara spesifik karena kepanjangan dari gelar tersebut saya belum dapatkan. banyak gelar akademik di wilayah ini namun jurusan atau akademinya belum dapat dijelaskan. berikut beberapa macam gelar yang saya ketahui namun belum tahu dari jurusan dan fakultas mana. akan tetapi disini saya kelompokkan berdasarkan jenjang pendidikannya saja.

Diplom 
diplom - ingenieur (Dipl.-Ing.)
diplom - kauffrau atau diplom - kaufmann
diplom - wirtschafts ingenieur

Doctor
gelar doktor (Dr.)ditambah bidang studi
Dr.rer.nat.
Dr.phil.
Dr.iur.
Dr. rer.oec.
Dr.rer.pol.
Dr.med.
Dr.-ing

nah, itu lah daftar nama - nama gelar akademik atau pendidikan yang ada diluar negeri, dan hanya ini lah yang dapat saya ketahui, jika ada penambahan koleksi yang saya punya, akan saya bagikan lagi untuk Anda semua. dari ketiga kelompok tersebut masing - masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing, dan itu tidak akan saya bahas disini. hampir sama seperti di negara kita, masing - masing gelar tersebut ada yang terbaik dan ada juga yang belum baik jika kita nilai dari segi atau dari sudut pandang akreditasnya. tinggal Anda lah yang menilai dan mengkajinya. nah, demikianlah artikel ini yang dapat saya sampaikan, semoga ada manfaatnya dan semoga berguna amin.