Sunday, November 22, 2015

Cara Membuat DP BBM Bergerak

mau punya DP bergerak pada BBM Anda? rasanya pasti bangga atau gembira jika Anda sendiri yang membuat DP bergerak tersebut. pada momen - momen tertentu seperti misalnya pada hari raya idul fitri, idul adha, tahun baru hijriah, atau lainnya, DP bergerak untuk bbm ini sangatlah digemari atau dicari - cari orang yang pertama kali ketika orang tersebut membuka web browser di HPnya. nah, mungkin sebagian orang bertanya - tanya bagaimana cara membuat DP bergerak tersebut, mungkin juga ada yang bertanya - tanya dari mana pula asal DP bergerak ini di dapat. Anda tidak perlu lagi pusing atau bingung, sebab jawabannya akan segera Anda dapat.
  
DP merupakan singkatan dari kata Display Picture, yang mana maksudnya adalah gambar tampilan pada BBM, DP biasanya sering di gonta - ganti dengan foto - foto pribadi tanpa bergerak, lalu bagaimana kalau foto Anda di jadikan foto bergerak dalam edisi khusus misalnya idul fitri tentu sangat bergembira sekali bukan?!? nah kali ini saya ingin mensharekan bagaimana cara membuat DP bergerak di BBM Anda?
  
baik langkah pertama tentunya siapkan terlebih dahulu software untuk membuat DP bergerak tersebut yakni macromedia flash atau adobe flash versi apapun juga boleh asalkan Anda punya dan yang lebih terpenting lagi Anda paham betul cara menggunakannya. sebagai tambahan informasi saja macromedia flash merupakan produk yang di buat dari perusahaan macromedia dan versi terakhir yang dikeluarkannya adalah macromedia fash 8, karena suatu hal tertentu macromedia menjual hak paten software flash ini dengan perusahaan adobe lalu berganti lah nama flash sekarang menjadi adobe flash.
  
kali ini saya menggunakan software flash, sebelumnya apakah Anda tahu apa itu software flash (baik macromedia flash maupun adobe flash), software ini di peruntukkan bagi para pecinta animasi, flash mampu membuat suatu gambar bergerak seperti hidup sungguhan, bisa membuat gambar bercerita seperti layaknya film, dan lain sebagainya. nah jika Anda sudah paham fungsi dan kegunaannya sekarang kita lanjutkan langkah berikutnya.

langkah selanjutnya bukalah software macromedia flash atau adobe flash Anda, kebetulan disini saya masih menggunakan macromedia flash 8, sedangkan adobe flash cs 4 belum saya instalkan. kali ini saya kenalkan cara membuat DP BBM bergerak gambar kupu - kupu, bagaimana cara nya, ikuti langkah berikut.

1. membuat file baru - di stage scene layer pertama buat lah bentuk kepala dan badan kupu - kupu           dengan menggunakan oval tool
2. membentuk antena di kepala kupu - kupu - untuk garis lengkung menggunakan line tool
3. untuk mewarnai badan dan kepala kupu - kupu menggunakan point bucket tool
4. untuk memberi mata pada kepala kupu - kupu menggunakan brush tool
5. kemudian silakan Anda simpan di library objek diaktifkan > klik kanan > pilih convert to symbol,
    lalu beri nama pada kolom name (misal : badan), type nya dengan posisi graphic dan klik ok.


6. membuat sayap - tambahkan layer baru dengan cara klik insert layer yang ada pada timeline. lalu
    beri nama dengan cara double klik dilatar yang baru.
7. buat dua lingkaran menggunakan oval tool yang satu lonjong dan yang satunya bundar, kemudian
    rapatkan dua objek ini hingga menyerupai sayap kupu - kupu dengan menggunakan free transform 
    tool, delete lah garis yang masih tampak lalu beri warna pada sayap kupu - kupu tersebut dengan   
    menggunakan point bucket tool.
8. simpan sayap yang sudah jadi ke library dengan cara klik kanan > pilih convert to symbol lalu beri     nama sayap lalu klik ok


9. selanjutnya membuat sayap kiri dengan cara mengcopy paste gambar - klik frame yang ada di time
   line layer 2 (sayap kanan) kemudian klik kanan pilih copy. lalu buat layer baru dan beri nama sayap
   kiri lalu pastekan di frame 0 pada layer 3 tersebut.
10. sayap yang baru dicopy masih berhimpit dengan sayap kanan, selanjutnya sayap ini di balik men 
      jadi sayap kiri dengan cara klik modify > pilih transform > pilih flip horizontal kemudian posisi
      kan lah sayapnya.
11. langkah berikutnya menganimasikan kupu - kupu agar dapat mengepak - pada frame 2 (sayap ka
      nan) dan frame 3 (sayap kiri), mulai frame nol sampai 5 atau 10 klik kanan insert keyframe, ke
      mudian sayap di pipihkan satu persatu, ulangi langkah ini hingga menjadi satu kesatuan gerak. 
      jika sukses akan terlihat seperti gambar dibawah ini...

ada banyak kreasi untuk DP BBM Anda tinggal tergantung dengan Anda, apakah Anda memiliki segudang inspirasi, kreasi dan ide, jika banyak maka Anda memiliki banyak pula macam - macam DP pada BBM Anda. sebagai contoh lain Anda juga bisa berkreasi dengan membuat bendera seperti gambar di bawah ini

selamat mencoba, semoga bermanfaat... amin...