Tuesday, November 3, 2015

Cara Mengatasi Windows Explorer yang Selalu Membuka Jendelah Baru Setiap klik

Hai semua...apa kabar. kini kita sudah memasuki bulan november di tahun 2015 ni...dan saya selalu sibuk hampir - hampir tidak sempat lagi untuk share di blog ini. nah kali ini saya ingin mensharekan pengalaman saya beberapa minggu yang lalu. saya punya satu masalah pada windows explorer saya, mungkin masalah ini juga pernah dialami oleh Anda semua. saya kesal sekali dengan masalah ini, setiap saya mengklik di dalam windows explorer baik itu di partisi D, E, maupun di document selalu saja muncul jendelah window explorer yang baru yang isi nya isi dari folder yang saya klik tadi. di klik undo pun tak mau kembali bila saya klik folder sebelumnya maka muncul lagi jendelah windows explorer yang baru, makin banyak saya klik maka makin banyak pula deretan jendelah windows explorer yang muncul di taskbar. masalah ini di awali oleh di Unistallnya Internet Explorer di windows 7, nah setelah itu muncul lah masalah ini. jujur saya baru mengenal sistem operasi windows 7 ini jadi otomatis saya baru tahu juga jika windows explorer sangat berkaitan dengan internet explorer ini. silakan perhatikan gambar berikut yang merupakan contoh dari masalah diatas.

windows exploler 4 deret
lalu bagaimana cara mengatasinya? ya... ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini, disini saya akan mensharekan 3 (tiga) cara untuk mengatasinya supaya windows explorer Anda tidak memunculkan atau membuka jendelah windows explorer yang baru lagi.

Cara Pertama
pertama - tama klik start lalu ketikkan kata "cmd" di search programs and files untuk menjalankan command prompt windows 7 jika sudah muncul pilihan di see more results pada kelompok program, klik kanan pada icon cmd tersebut lalu pilih lah run as administrator.
secara otomatis jendelah cmd atau command prompt akan terbuka dengan layar khasnya yaitu layar hitam berlokal di partisi C. jika sudah muncul ketikkan lah disana dengan kata berikut : sfc /scannow lalu enter atau seperti yang terlihat pada deretan text berikut ini.

MicrosoftnWindows [Version 6.1.7601]
Copyright <c> 2009 Microsoft Corporation. All rights reserved

C:\Windows\system32> sfc /scannow


maka akan muncul sederetan system atau proses yang secara otomatis berjalan seperti terterah pada teks berikut

Beginning system scan. This process will take some time.

Beginning verification phase of system scan.
Verification ....% complete                             (dimana titik - titik tersebut menunjukkan angka 1 -100)
                              (jika selesai maka, titik - titiknya akan menjadi 100% dan muncul kalimat berikut)

Windows Resource Protection found corrupt files and successfully repaired
then. Details are  included in the CBS.Log windir\Logs\CBS\CBS.log. For
example C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log

atau lebih jelasnya terlihat pada gambar berikut, ini jika selesai 100% prosesnya.


jika belum 100% prosesnya maka terlihat hanya yang terlihat pada gambar berikut


selanjutnya silakan dicoba terlebih dahulu buka windows explorer Anda jika cara di atas belum menyelesaikan masalah Anda atau windows explorer Anda masih membuka jendelah baru maka cobalah cara ke dua berikut ini.

Cara ke Dua
pertama - tama klik start lalu klik lah control panel di jendelah control panel pilih lah folder options maka akan muncul jendelah folder options atau bisa juga dengan cara klik windows explorer lalu pada menubar windows eplorernya pilih organize dan pilih lah folder and search options atau lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut.


jika sudah terbuka jendelah folder option seperti gambar diatas pastikan Anda mengklik pada kolom general lalu pilih lah pada sub menu "browse folders" yang terlihat dibawahnya. pada browse folders pastikan opsi "open each folder in the same window" dalam keadaan aktif atau terpilih seperti yang terlihat pada gambar diatas. lalu klik apply dan klok ok.

selanjutnya sama seperti langkah terakhir pada cara pertama yaitu silakan Anda coba apakah windows explorer Anda sudah tidak lagi membuka jendelah baru. nah kalau windaows explorer Anda masih mengalami masalah yang sama atau cara ke dua ini tidak dapat mengatasi masalah maka coba lah cara ke tiga atau cara yang terakhir yang dapat saya sharekan kepada Anda.

Cara ke Tiga
pertama - tama kliklah start lalu ketikkan kata "cmd" pada search programs and files kemudian klik lah cmd yang terlihat pada halaman see more results. maka secara otomatis jendelah command prompt akan terbuka. pada cmd ketikkan lah kalimat berikut.

untuk windows 7 dengan system 32 bit
regsvr32.exe"%programfiles%\InternetExplorer\ieproxy.dll"

untuk windows 7 dengan system 64 bit
regsvr32.exe"%Programfiles(x86)%\InternetExplorer\ieproxy.dll"

jika sudah mengetik kalimat di atas lalu klik enter. jika berhasil maka akan muncul kalimat seperti terterah pada teks berikut ; DllRegisterServer in ieproxy.dll succeded.

bagaimana mudah bukan. sebagai perbandingan saja untuk Anda pada komputer saya, saya hanya menggunakan cara pertama dan tidak sampai pada cara ke dua apalagi cara ketiga, masalah pada komputer saya sekarang sudah bisa diatasi dengan cara pertama tersebut. ya... selamat mencoba semoga bermanfaat... amin...