Sunday, November 29, 2015

Macam - Macam Tool di Publisher

banyak orang belum mengenal apa itu publisher, kebanyakan mereka hanya mengenal komputer itu lewat microsoft office word dan microsoft office excel saja. terkadang orang awam mengganggap ms.office word atau pun ms.office excel itu adalah komputer..hehe..itu sangat lucu sekali. tapi ada juga yang sudah paham kalau ms.office word dan ms.office excel itu bagian dari fasilitas komputer tetapi belum tahu apa itu publisher. hanya segelintir orang yang tahu dan sudah bisa memakainya. nah kali ini saya akan mensharekan tentang macam - macam tool yang terdapat di publisher. publisher sebenarnya bagian dari Fasilitas yang juga ikut ke dalam paket microsoft office, publisher sudah diperkenalkan di microsoft office 2003 sampai sekarang yaitu microsoft office 2013. nah apa saja sih yang terdapat di dalam nya, berikut penjelasannya.


publisher memiliki 4 macam tool diantaranya 

1. Menubar
    menubar ini terdiri dari 10 macam sub tool yaitu : file, edit, view, insert, format, tools, table, 
    arrange, window dan help.
    - file berhubungan erat dengan membuat file baru, mencetak file, atau pun menyimpan file.
    - edit berhubungan erat dengan mengcopy paste, atau pun mendelate sesuatu object tentu
    - view berhubungan erat dengan pengaturan tool atau pun menzool object
    - insert berhubungan erat dengan halaman atau page
    - format berhubungan erat dengan setting font atau pengaturan pada teks/tulisan
    - tools berhubungan erat dengan options
    - table berhubungan erat dengan tabel, menambah atau pun mengatur tabel
    - arrange berhubungan erat dengan penggabungan atau pun membuat atau juga mengatur group
    - window berhubungan erat dengan jendelah aplikasi tersebut
    - help berhubungan erat dengan bala bantuan atau pun petunjuk pemakaian 

2. Recent Publications
    pada menu atau fasilitas publisher yang satu ini (recent publications) hanya memiliki satu sub tool
    saja yaitu from file yang bertujuan atau berfungsi sebagai rekomendasi, usulan atau juga ketersedi
    an yang ada pada memori penyimpanan di folder aplikasi publisher tersebut.

3. Getting Stared
    nah disini lah tempat untuk Anda memilah - milah fasilitas apa yang akan dipakai. di getting stared
    ini memiliki 12 sub tool yang terdiri dari blank page sizes, brochures, business cards, calendars,
    email, flyers, greeting cards, import word documents, labels, newsletters, postcard, dan web sites.
    ke 12 sub tool tersebut memiliki fasilitas dan pilihan peraturan masing - masing. berikut penjelasan
    nya.

blank page sizes - merupakan fasilitas yang bisa mengarahkan pemakai yang masih bingung atau ragu untuk memilih apa. di sub tool ini memiliki hampir semua yang ada pada getting stared atau pun di publication types nantinya. disini dapat saya sebutkan sebanyak 18 fasilitas atau juga pilihan yang dapat Anda gunakan, diantaranya ada standard, advertisements, binder divider tab, booklets, business cards, designed paper, email, envelopes, greeting cards, mailing labels, media labels, name tags, other labels, photo paper, posters, small publications, dan web sites.
   
brochures - merupakan fasilitas untuk membuat brosur atau selembaran pengumuman semisalkan selembaran untuk les atau daftar harga barang tertentu. digroup ini memiliki 4 macam fasilitas atau pilihan yang dapat Anda gunakan diantaranya adalah microsoft office online templates, newer designs, classic designs, dan blank sizes
   
business cards - sesuai dengan namanya fasilitas ini untuk membuat beberapa macam kartu misalnya kartu pelajar dan lain sebagainya. pada group ini memiliki 4 macam fasilitas atau piliahan yang dapat Anda gunakan, diantaranya microsoft office online templates, newer designs, classic designs, dan blank sizes.
    
calendars - fasilitas ini hanya melayani dan menyediakan template kalender saja. namun digroup ini Anda dimanjakan dengan 3 macam pilihan atau fasilitas yaitu microsoft office online templates, classic designs dan blank sizes.
     
email - fasilitas ini hanya menyediakan sketsa tampilan untuk email Anda, namun digroup ini Anda juga dapat berkreasi sesuka Anda karena telah dilengkapi dengan 4 menu pilihan yaitu microsoft office online templates, newer designs, classic designs, dan blank sizes.
    
flyers - merupakan fasilitas yang menyerupai seperti brosur namun flyers ini lebih sering digunakan untuk selebaran yang ditempel ditempat - tempat umum. pada group ini terdapat 4 fasilitas atau pilihan yang dapat Anda gunakan yaitu microsoft office online templates, newer designs, classic designs, dan blank sizes.
    
greeting cards - merupakan fasilitas untuk membuat kartu ucapan, di dalam nya sudah memiliki pilihan mulai dari kalimat - kalimat terima kasih sampai dengan simpatik. pada group ini Anda akan disuguhkan dengan 3 macam pilihan atau fasilitas yaitu microsoft office online templates, classic designs, dan blank sizes.
    
import word documents - fasilitas ini memberikan pelayanan untuk memudahkan Anda menyisipkan file atau teks dari software satu group semisalnya memasukan file atau teks dari ms.office word. pada goup ini Anda diberi 3 pilihan yaitu microsoft office online templates, classic designs, dan blank sizes.
    
labels - merupakan fasilitas untuk membuat selebaran yang memberikan informasi yang melengkapi suatu kemasan barang yang berisikan tentang bahan atau semacamnya yang digunakan. digroup ini Anda diberi 3 pilihan atau fasilitas yaitu microsoft office online templates, classic designs, dan blank sizes.
     
newsletters - fasilitas ini  untuk membantu Anda membuat surat kabar. disini diberikan beberapa desain yang dapat Anda gunakan yaitu ada 3 pilihan atau fasilitas diantaranya microsoft office online templates, classic designs, dan blank sizes.
     
postcards - merupakan fasilitas untuk membuat kartu pos. pada group ini Anda akan disugukan dan dimanjakan dengan 4 pilihan atau fasilitas yaitu microsoft office online templates, newer designs, classic designs, dan blank sizes.
     
web sites - fasilitas ini untuk menunjang membuat template website Anda. pada group ini terdapat 4 macam pilihan atau fasilitas yang dapat Anda gunakan yaitu microsoft office online templates, newer designs, classic designs, dan blank sizes.

4. Publication Types
    pada menu publication type ini semua fasilitas berkumpul disini dan disini lah semua bermuara
    yang dapat Anda pilih..eee..sama saja kale. yap benar jika Anda ingin mengenal lebih jauh lagi
    tentang dan apa saja yang terdapat di publisher maka di menu publication type ini lah tempatnya.
    disini Anda akan disuguhkan dengan 28 tool yang siap melayani Anda dengan ramah dan full di
    antaranya yaitu sebagai berikut

blank page sizes, advertisements, award sertificates, banners, brochures, business cards, business forms, calendars, catalogs, email, envelopes, flyers, gift sertificates, greeting cards, import word documents, invitation cards, labels, letterhead, menus, newsletters, paper folding projects, postcards, programs, quick publications, resumes, signs, web sites, dan with compliments card.

nah itu lah beberapa fasilitas dan penjelasan tentang macam - macam tool yang terdapat pada microsoft office publisher. demikian lah yang dapat saya sharekan, selamat mencoba  dan semoga bermanfaat.. amin...