Tuesday, November 3, 2015

Mengenal Macam - Macam Perangkat Pada Komputer

kalau kita meninjau dari sudut sejarah nya komputer ada 2 macam yaitu komputer digital (zaman sekarang) dan komputer mekanik (zaman dahulu). fungsi utama dari komputer digital adalah untuk memproses data input (masukan) dan menghasilkan output (keluaran) yang dapat digunakan pada lingkungan aplikasi tertentu. perangkat fisik yang digunakan untuk menjalankan sistem komputer dan mengelola penyimpanan aliran data serta instruksi sepanjang jalur komunikasi internal merupakan sistem komponen Perangkat Keras. pemprosesan perangkat keras yang diprogramkan untuk melakukan komputasi menurut serangkaian aturan disebut Algoritma atau suatu urutan langkah yang logik, digunakan untuk memecahkan masalah tertentu. algoritma ini diterjemahkan ke dalam Program (suatu rangkaian instruksi) yang diikuti oleh perangkat keras dalam memecahkan masalah tersebut. sedangkan kumpulan program tersebut akan membentuk komponen sistem yang disebut dengan Perangkat Lunak

komputer mekanik mempunyai dua kekurangan yang serius yaitu kecepatan komputer dibatasi kelambanan gerak bagian - bagiannya, dan transmisi informasi oleh alat mekanik yang tidak praktis dan tidak dapat diandalkan. komputer mekanik ini diawali dengan munculnya salah satu alat penghitung yang dikenal dengan nama Abacus kira - kira pada tahun 4000 sebelum masehi. 

komputer yang Anda kenal kini merupakan hasil dari evolusi sistem komputer elektronik dari mesin mekanik menjadi mesin digital. komputer digital kini di kemas ke dalam berbagai bentuk atau varian diantaranya ada TAB, Notebook, Laptop, PC, dan lain sebagainya. komputer digital memiliki dua kelompok atau macam perngkat, antara lain ada perangkat keras yang kita kenal dengan Hardware dan ada perangkat lunak yang kita kenal juga dengan Software. tapi ke dua perangkat ini belum bisa Anda gunakan atau belum berfungsi jika tidak ada perangkat penghubung kedua perangkat tersebut. untuk menghunbungkan ke dua perangkat tersebut dibutuhkan sistem komputer yang kita kenal dengan singkatan OS atau Operating system kalau dibahasa indonesia kan dikenal dengan sebutan sistem operasi (SO). sistem operasi ini ada banyak didunia yang paling kita kenal adalah dari perusahan microsoft, unix, dan apple. masing - masing perusahaan ini mengeluarkan produknya bermacam - macam pula. sebagai contoh:

microsoft - windows xp, windows 2000, windows me, windows vista, windows 7, windows 8, dan yang terakhir di tahun ini windows 10.

unix - linux mandriva, linux ubuntu, linux blankon, linux red hat, dan lain - lain.

apple - macintosh leopart, dan lain sebagainya

Hardware (Perangkat Keras)
hardware atau perangkat keras menurut bahasa awam merupakan suatu perangkat yang dapat disentuh oleh tangan, macam - macam nya antara lain adalah
monitor, keyboard, sound speeker, printer, mouse, motherboad, dvd/cd rw, floppy, RAM, VGA, processor, power suplay, harddisk, kabel data, kabel api, usb port, lan port, vga port, sound port, card reder, dan sound card.
jika kita kelompokkan maka perangkat keras ini akan terbagi atas dua kelompok yaitu input dan output

perangkat keras yang tergolong input (masukan) adalah keyboard, mouse, motherboad, dvd/cd R, power suplay, kabel data, usb port, lan port, vga port, sound port, card reder, dan sound card. dimana ciri - ciri dari perangkat keras input adalah suatu perangkat yang hanya bisa memberikan data atau informasi berupa masukan.

perangkat keras yang tergolong output (keluaran) adalah monitor, sound speeker, printer, dvd/cd rw, dan VGA. dimana ciri - ciri dari perangkat keras output adalah suatu perangkat yang hanya bisa memberikan informasi atau data dalam bentuk keluaran.

nah disini kalau kita perhatikan ada beberapa perangkat keras yang tidak termasuk kedalam perangkat keras inpuut maupun perangkat keras output, kenapa ya. ya jawabnya karena perangkat keras tersebut masuk kedalam kelompok perangkat keras memori diantaranya yaitu : harddisk, ram dan lain sebagainnya.

berikut fungsi dari masing - masing perangkat keras yang terterah diatas :
- monitor berfungsi untuk menampilkan desktop dan aplikasi pada komputer
- keyboard berfungsi untuk memasukkan huruf dan angka pada aplikasi pendukung atau semacamnya
- sound speeker berfungsi untuk mengatur suara yang keluar
- printer berfungsi untuk mencetak segala sesuatu yang mendukung ke dalam bentuk kertas
- mouse berfungsi untuk memberikan perintah atau pengganti telunjuk pada jari manusia
- motherboad berfungsi untuk tempat penyatuan antar perangkat keras pada komputer
- dvd / cd R berfungsi untuk membaca informasi dari kepingan dvd / cd tersebut
- dvd / cd RW berfungsi untuk membaca dan menulis informasi dari atau ke dvd / cd tersebut
- power suplay berfungsi untuk memperikan sumber tenaga listri dan mengatur alurnya
- harddisk berfungsi untuk tempat penyimpanan seluruh data atau informasi pada komputer
- RAM berfungsi untuk tempat penyimpanan sementari data yang sedang di proses
- VGA berfungsi untuk memberikan resulusi dan membantu monitor dan RAM dalam hal pewarnaan
- semua port(baik usb port sampai sound port) berfungsi sebagai terminal atau pintu masuk data
- sound card berfungsi sebagai terminal penghubung semua memori dalam bentuk ukuran beragam
- sound card berfungsi untuk memberikan tambahan efek pada suara

Software (Perangkat Lunak)
software atau perangkat lunak menurut bahasa awam merupakan suatu perangkat yang tidak dapat disentuh oleh tangan akan tetapi hanya dapat disentuh dengan pointer mouse. macam - macam perangkat lunak atau software antara lain adalah 
aplikasi pengolahan angka dan kata - Ms.Office, aplikasi permainan - game, aplikasi pemutar lagu dan video - winamp, vlc, window media player dll, aplikasi bahasa pemprograman - visual basic, aplikasi pengedit gambar atau video - coreldraw, photoshop dll,dan masih banyak lagi. perlu Anda ketahui software ini ibarat perabotan rumah tangga, rumah kita bisa berkesan mewah jikalau perabotan rumah kita bagus, unik dan mahal begitu pula dengan software pada komputer kita, apapun bisa kita lakukan tergantung dengan kebutuhan Anda masing - masing, jika Anda membutuhkan software dan kebetulan di komputer Anda belum punya... ya tinggal cari dan install saja softwarenya.