Friday, December 11, 2015

Cara Perawatan Komputer (Laptop dan Notebook)

komputer merupakan alat bantu manusia, hampir apapun bisa dilakukan dengan menggunakan komputer. jenis - jenis komputer sekarang bermacam - macam diantaranya ada komputer pc, komputer tablet, komputer laptop, komputer notebook, dan lain sebagainnya. komputer sangat rentan dengan kerusakan. ada beberapa macam penyebab cepatnya kerusakan pada komputer. nah kali ini saya akan membahas dan mensharekan bagaimana cara merawat atau perawatan komputer agar awet dan dapat dipakai lebih lama.
     
ada dua hal yang harus diperhatikan dalam perawatan komputer, yaitu perawatan hardware atau perangkat kerasnya dan perawatan software atau perangkat lunaknya. berikut daftar yang harus diperhatikan atau dirawat di hardware diantaranya monitor, keyboard, batre, ram, processor, dan DVD-RW. sedangkan di software  yang paling penting diperhatikan untuk perawatan yaitu sistem operasi, antivirus, dan defragmenter. nah, berikut cara perawatannya



Perawatan Hardware (perangkat keras)
    
Monitor - untuk membuat monitor komputer Anda awet dan tahan bertahun - tahun, jangan pernah menyentuh layar monitor terlalu sering dengan tangan langsung disaat komputer hidup, ketika monitor tertutup jangan ditindi atau diletakan barang berat diatasnya, usahakan komputer Anda tidak pernah terjatuh dari ketinggian diatas 20cm atau terantuk ke dinding dan benda keras lainnya, aturlah pencahayaan pada monitor komputer Anda dicahaya yang rendah atau level 2 atau level 3 dengan tujuan agar monitor Anda tidak mudah panas dan tentunya mata Anda tidak rusak dengan jarak dekat.
     
Keyboard - untuk membuat keyboard komputer Anda tahan lama, gunakan seperlunya jangan dipakai terlalu sering untuk bermain game yang pengaturannya menggunakan keyboard kalau bisa gantilah dengan joystick atau lainnya, membersihkan lah sesering mungkin keyboard Anda dengan menggunakan kuas yang bersi dan tentunya lembut, ketika Anda mengetik atau menekan keyboard jangan ditekan dengan kuat, belilah penutup keyboard yang terbuat dengan karet transparan.
     
Batre - agar batre komputer Anda awet dan tahan lama, gunakanlah batre dengan bijak, jika Anda ingin menghidupkan komputer lebih dari 30 menit maka lepaskan saja batrenya dari tempatnya, apabila mengecash usahakan jangan dihidupkan komputernya atau jangan mengotak - atik komputer pada saat mengecash, isilah batre komputer Anda hingga 100% lalu gunakan sebijaknya. jika menggunakan batre usahakan jangan sampai mati sendiri atau 0%.
     
RAM - untuk membuat ram pada komputer Anda awet jangan pernah memaksa loding pada saat membuka program atau software, install lah dengan bijak software yang Anda perlukan, jangan menginstall software yang tidak disanggupi oleh spesifikasi komputer Anda, sisakan ruang kosong pada harddisk Anda minimal 20% dari kapasitas harddisk Anda.
    
Processor - untuk membuat processor komputer Anda awet dan tahan lama, berilah pendingin atau kipas dibawah komputer Anda, jangan pernah mengeluarkan software dengan paksa hingga memunculkan debug atau semacamnya, jangan sering mengotak - atik bios tanpa pengawasan orang yang ahli.
   
Dvd RW - untuk membuat dvd rw Anda awet rawat lah atau pakailah dengan bijak opticknya dengan cara jangan terlalu sering memburning di hari yang sama, jangan membatalkan saat burning atau membuka dvd rw saat burning, jangan Anda gunakan dvd rw untuk menonton di kaset atau kepingan dvd tersebut, jangan pernah membatalkan loding pada saat proses copy paste dari dvd rw ke partisi di komputer Anda.


Perawatan Software (perangkat lunak)
     
Sistem Operasi - untuk merawat atau membuat sistem operasi Anda terawat setiap 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali install ulanglah sistem operasi tersebut atau update lah ke versi berikutnya, jangan lah mensetting default pada biosnya tanda pengawasan seorang ahli, update kan lah setiap 2 bulan sekali semua program yang mendukung kinerja sistem operasi komputer Anda.
    
Antivirus - gunakanlah antivirus yang sepadan dan yang efisien dengan komputer Anda untuk menjaga dari serangan cracker atau trojan, seringlah melakukan peng-uptade-tan pada antivirus Anda, seringlah melakukan pengecekan dengan menscan komputer Anda
     
Defragmeter - untuk membuat komputer Anda awet dan juga tahan lama langkah berikut sangat lah penting, yaitu mendefragmen semua program tujuannya untuk membuat data dan juga database di dalam komputer Anda tidak memakan tempat yang banyak dan menyusunnya hingga menghasilkan rongga ruang yang luas.

saran - gunakanlah komputer Anda dengan bijak dan penuh perhatian, seringlah meawatnya dengan standar prosedur, dan usahakan gunakanlah travo dan juga UPS untuk jaga - jaga spaning rendah atau pemadaman listrik yang mendadak. selamat mencoba...semoga bermanfaat...amin.