Saturday, December 12, 2015

Wireless Laser Pointer Tanpa Biaya

alhamdulillah hari ini saya bisa menulis lagi, meskipun saat ini sebenarnya masa - masa yang paling sibuk ngoreksi nilai dan pengisian nilai rapot, tapi demi dapat mensharekan kepada kalian, saya sempatkan waktu untuk menulisnya. sebelumnya saya ingin mengucapkan terima - kasih kepada temanku wantu yang telah mensharekan ini kepada saya sebelumnya. kali ini saya ingin mensharekan hasil pengalaman saya selama pelatihan di bengkulu utara beberapa hari yang lalu. 

saya pernah berkeinginan membeli sebuah alat yang berfungsi sebagai layaknya remote pada tv tapi diperuntukkan pada komputer, awalnya saya tidak tahu nama nya apa namun seiring berjalannya waktu saya dapat mengetahui nama alat itu adalah laser pointer, atau boleh juga disebut wireless persenter atau yang lengkapnya wireless laser pointer. alat ini dipasaran berpariasi harganya mulai dari harga terendah yaitu 75 ribu rupiah sampai ada yang seharga 500 ribu rupiah. untuk lebih jelasnya alatnya seperti apa Anda bisa lihat pada gambar di bawah ini.
nah alat ini yang ingin saya beli, namun karena ada yang lebih penting maka sampai dengan hari ini saya menulis artikel ini belum juga tercapai untuk memiliki alat tersebut. namun sebagai gantinya saya sudah mendapatkan yang jauh lebih hebat dan gratis tanpa biaya sedikit pun untuk mendapatkan alatnya. apa nama alatnya, nama alatnya yaitu VNC Viewer. mungkin diantara kalian pasti ada yang langsung bertanya - tanya apa itu vnc viewer, baik langsung saja saya jelaskan mulai dari kegunaan sampai cara pemakaiannya. berikut penjelasannya.

VNC Viewer merupakan software yang berbayar yang berfungsi sebagai layaknya remote atau juga perpanjangan tangan untuk mempresentasikan dari jarak jauh, vnc viewer menggunakan perangkat pembantu menggunakan Smartphone jenis Android sebagai remote atau clientnya. disini Anda bisa mengarahkan, mengganti halaman presentasi, mengetik kalimat dan semua software yang terdapat didalam komputer (sebagai servernya) dapat Anda kendalikan lewat HP android Anda dari jarak manapun (WIFI Area tentunya). vnc viewer ini menggunakan sistem client - server dan menggunakan jaringan internet sebagai penghubung, serta bisa juga menggunakan bluetooth sebagai penghubung.


Cara menginstall atau mensettingnya
     
terlebih dahulu download lah VNC Server dan VNC Viewer, dimana vnc server diinstallkan di komputer Anda sedangkan vnc viewer diinstallkan di smartphone atau HP Android Anda. berikut link untuk mendownload aplikasinya :

download disini :  VNC Server - VNC 502 windows.rar
                           VNC Viewer - realvnc.viewer.android.rar 

informasi : untuk membuka kunci winrar diatas, silakan Anda mendonasikan 50 ribu rupiah, nomer rekening akan diinformasikan lewat email : ahmadfreedom@gmail.com

jika sudah didownload setiap masing - masing alat langkah selanjutnya yaitu menginstallkannya, catatan di HP Android proses installnya secara otomatis saat Anda mendownloadnya lewat Play Store, dan untuk client Anda bisa gunakan lebih dari satu client.

buka lah software VNC 5-0-2 windows dengan cara klik kanan pilih open atau klik kiri dua kali.

maka akan muncul jendelah yang bernama open file - security warning, dijendelah ini klik lah run. 

lalu akan muncul jendelah yang bernama user account control di jendelah ini kliklah yes.

langkah selanjutnya akan muncul jendelah yang bernama select setup language disini silakan Anda pilih salah satu dari empat bahasa yang Anda pahami misal english lalu klik lah ok.

berikutnya Anda akan memasuki proses setup dijendelah yang bernama VNC Setup, pada jendelah ini klik next.

kemudian dijendelah license agreement  klik I accept the agreement lalu klik next.

maka akan muncul jendelah select components, disini pilihlah fasilitas component yang Anda butuhkan jika perlu maka centang lah pada kolomnya lalu klik next.

lulu akan muncul jendelah select VNC Server Location, pada jendelah ini silakan Anda tentukan lokasi tempat penyimpanan file program ini, biasanya komputer menyarankan untuk disimpan di partisi C, jika Anda sudah memilih lokasinnya langkah selanjutnya klik next hingga menemukan tombol install lalu kliklah tombol install tersebut dan tunggu hingga prosesnya selesai 100% lalu klik finish. sebelum finish Anda akan disuguhkan sebuah jendelah konfirmasi password, dijendelah ini masukan kodenya sesuia dengan daya ingat Anda 

langkah terakhir cari lah file yang bernama VNC Server di destop atau di start - allprogram - RealVNC - VNC Server. jika sudah maka akan muncul jendelah vnc server dipilihan get started masukanlah kode IP Address pada komputer Anda. lalu untuk mengetesnya silakan Anda koneksikan HP Android Anda dan buka aplikasi VNC VIewer masukan kode password yang telah Anda masukan tadi. maka selesai, Anda sudah bisa melakuan apapun di aplikasi ini.
selamat mencoba....semoga bermanfaat..amin....