Thursday, December 24, 2015

Mengenal Office Word Tahap (dua)

2. Cara membuat 2 type penomoran pada word dalam satu file

hai...kita ketemu lagi ni...beberapa hari lalu kita pernah membahas kalau kita bakalan membahas "mengenal office word tahap (dua) -  bagaimana cara membuat penomoran pada halaman word dengan dua type penomoran yaitu penomoran romawi dengan penomoran angka." nah, untuk menepati janji itu, kali ini saya akan membahasnya dan mensharekannya kepada Anda semua. oy, beberapa hari yang lalu kita telah membahas mengenai bagaimana cara membuat halaman menjadi dua type yaitu portrait dan landscape dalam satu file di word. jika sudah lupa, ya tinggal dibuka lagi pembahasan beberapa hari yang lalu.
         
penomoran dalam setiap halaman sangatlah penting apa lagi untuk halaman pada skripsi, karya ilmia atau semacamnya, ada banyak orang yang masih awam dalam pembuatan penomoran dihalaman tersebut. apalagi untuk membuat dua type penomoran, seringkali ketika membuat penomoran semacam itu tidak bisa - bisa, nah untuk dapat membuatnya kita butuh suatu tata cara atau trik untuk mengakalinya. baik lah saya akan menjelaskannya, silakan ikuti ya cara berikut.
         
kita mulai dari awal ya, pertama - tama bukalah aplikasi atau software office word dengan cara klik kanan pada icon lalu pilih open atau klik kiri dua kali pada icon. jika sudah terbuka, buatlah halaman kerjanya menjadi beberapa halaman semisalnnya atau sebagai contoh 5 halaman. atau juga sesuai dengan kebutuhan Anda, dengan cara menekan tombol enter sampai terbentuk 5 halaman atau sesuai dengan keinginan Anda. jika sudah langkah selanjutnya tentukan halaman apa saja yang akan Anda gunakan misal disini saya umpamakan halaman satu itu untuk penomoran romawi satu maka ditulis dangan huruf (I) besar, halaman berikut nya menjadi seperti ini (II, III) cukup sampai tiga halaman saja, sedangkan untuk halaman ke empat kita tulis dengan penomoran angka dimulai dengan angka sata maka ditulis seperti ini (1) untuk sisa halaman kita anjutkan dengan angka dua (2). jika kita urutkan maka seperti ini : I, II, III, 1, dan 2. 

selanjutnya jika telah selesai tahap diatas yaitu silakan Anda klik menubar insert lalu arahkan kusor Anda ke kelompok atau group header & footer kemudian pilihlah page number lalu pilih button of page dilanjutkan pilihan ke plain number dua, kemudian ketiklah pada halaman pertama sampai halaman ketiga dengan (I, II, dan III) atau pilih lah format page number. untuk lebih jelas Anda bisa lihat dua macam gambar dibawah ini.

untuk penomoran
untuk memformat
untuk halaman ke empat sampai ke lima Anda harus ikuti tahapan berikut. jika sudah selesai mengetik huruf romawinya pada halaman ke empat letakkan lah kusor Anda tapi bukan dibagian footernya atau di headernya tapi diantaranya. jika sudah selanjutnya silakan Anda klik menubar page layout arahkan lagi kusor Anda ke kelompok atau group page setup lalu pilihlah menu atau fasilitas "breaks" jika sudah ketemu selanjutnya lihat dan arahkan kusor Anda kegroup kedua yang bernama "section breaks" dan lalu pilihlah next page. atau untuk lebih jelas Anda bisa lihat pada gamabar dibawah ini.


kemudian tahapan terakhirnya Anda klik kembali pengaturan halaman dengan cara klik insert lalu lihat dan arahkan kusor Anda ke kelompok header & footer lalu pilih page number dan pilihlah format page number seperti yang diperlihatkan pada gambar "untuk memformat" tapi disini Anda ubah pada number format menjadi angka (1, 2, 3). maka secara otomatis halaman ke empat dan halaman ke lima Anda kini sudah menjadi angka. dengan hasil akhir seperti yang Anda inginkan yaitu seperti berikut (I,II,III, 1 dan 2). nah, mudah bukan...selamat mencoba...semoga bermanfaat...amin....