Monday, December 21, 2015

Mengenal Office Word Tahap (satu)

1. cara membuat portrait dan landscape dalam satu halaman

hai - hai - hai, apa kabar semuanya. wah...sudah lama ya saya tidak mengisi halaman blog saya ini. jujur saja beberapa minggu ni saya sibuk berkutak dengan nilai dan juga mendapat peran pengganti yaitu sebagai wali kelas pengganti, maklum tuntutan K-13. nah, kali ini saya ingin mensharekan tentang office, lebih sempitnya Ms Office Word, versi apapun juga boleh. tapi kali ini saya memakai office 2007. berkaitan dengan word mungkin sebagian banyak orang sudah mengenal dan mengetahuinya, namun tak luput dari kenyataan ada juga sebagian banyak orang belum begitu mengenal apa itu word. nah untuk itu semua, saya bukan untuk menggurui tapi untuk mengingatkan kembali kepada Anda yang sudah paham betul office word tersebut dan juga mengenalkan office word kepada Anda yang belum mengenalnya.
         
baik langsung saja, berikut saya ingin memberikan sedikit intermezo mengenai bagaimana cara membuat page atau halaman kertas yang akan dijadikan lembar kerja atau lembar teks Anda memilik dua type page. atau boleh dikatakan dalam satu file ada dua macam type kertas yaitu berdiri (portrait) dan miring (landscape). jika dilihat dilapangan secara kongkrit banyak orang yang masih awam betul berkaitan dengan hal itu. nah untuk itu saya akan mensharekannya kepada Anda. berikut cara membuat portrait dan landscape dalam satu halaman.

     
langkah pertama atau pertama - tama, buka lah Ms Office word dengan cara klik kanan pada icon lalu pilih open atau klik kiri dua kali pada icon tersebut. lalu buat lah beberapa halaman sesuai dengan kebutuhan Anda. dengan cara menekan enter sampai beberapa lembar atau sesuai dengan keinginan Anda. jika sudah selesai tentukan dihalaman mana yang ingin Anda ubah menjadi portrait atau landscape tersebut. misal sebagai contohnya saja disini saya mau type page pada halaman kerja saya yaitu halaman 1 sampai 3 portrait, halaman 4 landscape, dan dilanjutkan halaman 5 balik lagi menjadi portrait.

langkah selanjutnya (jika berpatokan pada pemisalan diatas) letakkan kusor di halaman 4 lalu arahkan mouse Anda ke page layout lalu carilah submenu page setup dan klik lah margins, maka secara otomatis akan terdapat pilihan yang membuka kebawah pada jendelah tersebut pilih dan kliklah custom margins atau untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat gambar dibawah ini



jika sama persis atau benar - benar sama seperti yang terlihat pada gambar diatas tahap selanjutnya maka akan muncul jendelah page setup yang berisi kode perintah untuk mengatur margin, paper dan layout. pada jendelah ini kliklah atau tetaplah di subbagian margin atau seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


setelah sama seperti yang terihat pada gambar diatas maka aturlah type orientation menjadi landscape dan setelah itu pada apply to ubahlah menjadi "this point forward" lalu langkah terakhirnya kliklah ok. maka secara otomatis halaman ke 4 Anda akan menjadi bentuk landscape atau miring. lalu untuk melanjutkan keinginan halaman ke lima menjadi portrait maka enterlah terlebih dahulu hingga mendapatkan halaman ke lima tersebut. sebagai catatan ketika Anda mengenter hingga mendapatkan halaman ke lima tersebut, type pada halaman tersebut sama persis seperti halaman ke empat yaitu landscape. nah untuk mengubahnya menjadi portrait maka letakkanlah kusor Anda di halaman ke lima tersebut lalu klik lah atau arahkanlah mouse Anda ke page layout dan pilih margins atau lakukanlah seperti cara diatas. pada jendelah margins pilihlah custom margins maka Anda akan masuk lagi ke halaman page setup. nah perbedaannya terletak pada tahapan memilih di orientation yaitu pilihlah portrait lalu klik lah di apply to "this point forward" kemudian klik ok. maka secara otomatis halaman pada word Anda akan membentuk menjadi seperti ini : halaman 1 sampai 3 portrait, halaman 4 landscape dan halaman kelima portrait. nah demikianlah yang dapat saya sharekan, selamat mencoba, semoga bermanfaat...amin...


to be continue... bersambung...


nantikanlah kelanjutan dari "Mengenal Office Word Tahap (dua)"
akan membahas bagaimana cara membuat penomoran pada halaman word dengan dua type penomoran yaitu penomoran romawi dengan penomoran angka.