Wednesday, September 14, 2016

Macam - macam Gelar Sarjana (bagian 1 : secara umum dalam negeri)

hai...hai..hai...apa kabar semuanya. saya mau cerita sedikit nih, beberapa hari yang lalu saya ada mendapat selembar undangan, di dalam undangan tersebut sang calon pengantin memiliki gelar S.ST, kebetulan gelar tersebut belum saya ketahui dari lulusan apa dan saya juga penasaran nih kepengen tahu dan ternyata setelah saya cari gelar S.ST itu berasal dari lulusan Sarjana Sains Terapan. dan sekarang saya mengoleksi beberapa daftar gelar sarjana yang saya ketahui. dan pada hari ini saya ingin membantu Anda dan ingin berbagi juga kepada Anda semua. untuk informasi lebih lanjut, ayo ikuti artikel saya ini, dan cekidot...

sebelum saya paparkan lebih jauh tentang gelar, alangkah baiknya saya jelaskan sedikit tentang gelar. apa sih gelar itu, menurut beberapa artikel dan kalangan kuliahan, gelar itu adalah penghargaan atau semacam predikat didunia pendidikan yang diberikan kepada lulusan pendidikan akademik bidang studi tertentu dari suatu perguruan tinggi.gelar akademik yang saya ketahui terbagi atas 4 kelompok yaitu diploma (D1, D2, D3), sarjana (D4, S1), magister (S2), dan doktor (S3). nah, ada yang unik di tanah air kita ini berkaitan dengan gelar, dahulu sebelum tahun 1993 kurang lebih gelar sarjana belum memakai awalan S melainkan Drs atau doktorandus, Dra atau doktoranda, dan Ir atau insinyur, nah setelah tahun 1993 maka mulai dibakukan gelar sarjana diawali dengan huruf S (catatan : kebanyakan gelar sekarang). gelar kalau dikelompokkan berdasarkan lulusannya maka ada banyak seperti pendidikan, mipa, teknik, peternakan, hukum, kesehatan, dan lain - lain dan  kawan - kawan. agar lebih enak melihat daftar gelar - gelarnya, akan saya coba mengelompokkannya. 


1. dari Fakultas Teknik - Sarjana (S), dan Megister (M)

Teknik Sipil (S.T)  dan (M.T)

Teknik Pertambangan (S.T) dan (M.T)

Teknik Kimia (S.T) dan (M.T)

Teknik Elektro (S.T)

Teknik  Mesin (S.T) dan (M.T)


2. dari Fakultas Ekonomi - Diploma (A), Sarjana (S), Megister (M), dan Doktor (D)

Akuntansi (A.Md) dan (S.E)

Kesektetariatan (A.Md)

Manajemen (S.E) dan (M.M)

Ekonomi Pembangunan (S.E)

Akuntansi - akuntan (Ak)

Ilmu Ekonomi (M.Si) dan (Dr.)

Ilmu Manajemen (M.Si)

Manajemen Bisnis (S.Mb)

Ilmu Ekonomi Islam (S.E.I)


3. dari Fakultas Hukum - Sarjana (S), Megister (M), dan Doktor (D)

Ilmu Hukum (S.H), (M.H), dan (Dr)

Ilmu Hukum Islam (S.H.I)

Kenotarisan (M.Kn)


4. dari Fakultas Kedokteran - Sarjana (S), Spesialis (Sp), Profesi (dr/Ners), Megister (M)

Pendidikan Dokter (S.Ked)

Kebidanan (S.Keb)

Ilmu Keperawatan (S.Kep)

Pendidikan Dokter Gigi (SKG)

Kedokteran Hewan (S.KH)

Ilmu Gizi (S.Gz)

Keperawatan (Ners)

Profesi Dokter (dr.)

Profesi Dokter Gigi (drg.)

Ilmu Biomedik (M.Kes)

Ilmu Kesehatan Anak (Sp. A)

Ilmu Bedah (Sp. B)

Ilmu Penyakit Mata (Sp.M)

Ilmu Penyakit Dalam (Sp.PD)

Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan - Spesialis Obstetri dan Ginekologi  (Sp.OG)

Patalogi Anatomi (Sp. PA)

Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin (Sp.KK)

Ilmu Penyakit Saraf (Sp.PS)

Ilmu Penyakit THT - KL (Sp.THT-KL)

Anestesiologi dan Reanimasi (Sp.An)

Ilmu Penyakit Dalam - Konsultan Hematologi (Sp.PD-KHOM)

Ilmu Penyakit Dalam - Konsultan Alergi (Sp.PF-KAI)

Ilmu Penyakit Dalam - Konsultan Kardiovaskuler (Sp.PD-KKV)

Kesehatan Masyarakat (S.K.M)

Farmasi (S.Farm)


5. dari Fakultas Ilmu Komputer atau Fakultas Teknik - Sarjana (S), Magister (M)

Sistem Komputer (S.Kom)

Teknik Informatika (S.Kom), dan (M.Kom)

Teknologi Informasi (M.T.I)

Manajemen Sistem Informasi (M.MSI)

Sistem Informasi (S.SI)


6. dari Fakultas Pertanian - Sarjana (S)

Agribisnis (S.P)

Teknik Pertanian (S.TP)

Teknologi Hasil Pertanian (S.TP)

Peternakan (S.PT)

Budaya Perairan (S.Pi)

Pertanian (S.P)

Agoteknologi (S.Agr)


7. dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau FKIP - hampir semua jurusan bergelar S.Pd (sarjana) dan M.Pd (Megister)


8. dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau FISIP

Administrasi Negara (S.I.P)

Sosiologi atau Sosial (S.Sos)

Psikologi (S.Psi)

Ilmu Komunikasi (S.I.Kom)


9. dari Fakultas Matematika dan IPA atau MIPA

Matematika (S.Si)

Kimia (S.Si)

Fisika (S.Si)

Biologi (S.Si)

Ilmu Kelautan (S.Kel)

Farmasi (S.Fam)


10. dari berbagai jurusan dan fakultas

Ilmu Kepolisian (S.IK)

Kehutanan (S.Hut)

Syari'ah (S.Sy)

Sains (S.Si)

Sastra (S.S)

Sains Terapan (S.ST)

Sains Terapan Pemerintahan (S.STP)

Administrasi Publik / Administrasi Negara (S.AP)

Pariwisata (S.Par)

Arsitektur (S.Ars)

Agama (S.Ag)

Ilmu Pemerintahan (S.IP)

Ilmu Perpustakaan (S.IP)

Intelijen (S.In)

Administrasi Bisnis/ Administrasi Niaga (S.AB)

Seni (S.Sn)

Desain (S.Ds)

Ilmu Kelautan (S.Kel)

Nah, demikian dulu ya semoga daftar gelar sarjana di atas ada manfaatnya. InsyaAllah dilain waktu dan dilain kesempatan akan saya tambahkan lagi ke halaman blog ini. sebenarnya masih banyak yang akan saya sharekan namun belum ada waktu untuk mengupload...ok and see you..