Saturday, September 24, 2016

Mengenal Tipograpi (bagian 2 - klasifikasi rupa huruf dan perkembangan huruf

hai semua...beberapa minggu yang lalu web tutorial ilmu komputer pernah berbagi tentang mengenal tipografi bagian 1, dan sekarang web tutorial ilmu komputer ingin berbagi tentang mengenal tipografi bagian 2. dan dibagian ini saya ingin menambahkan tentang klasifikasi rupa huruf dan perkembangan hurufnya. nah untuk informasi lebih lanjut yuk cekidot...


Klasifikasi Rupa Huruf

dalam beberapa liteatur tipografi, rupa huruf ini dapat di kelompokkan dalam beberapa klasifikasi yang berguna untuk mempermudah mengidentifikasi rupa huruf tersebut. pada bagian satu kemarin sudah dikelompokkan menjadi enam bagian. nah, berdasarkan klasifikasi yang umum dan sering dipakai juga berdasarkan timeline sejarahnya serta fungsinya, maka rupa huruf di kelompokkan menjadi beberapa seperti dibawah ini.

- Roman 
pada awalnya adalah kumpulan huruf kapital seperti yang biasa ditemukan di pilar dan prasasti, namun kemudian definisinya berkembang menjadi seluruh huruf yang mempunyai ciri tegak dan didominasi garis lurus kaku.

- Serif
dengan ciri - cirinya memiliki siripan diujungnya. selain membantu membaca siripan juga memudahkan saat huruf diukir ke media misalnya batu.

- Egyptian
atau sebutan lainnya adalah slab serif. ciri - cirinya kaki atau sirip atau serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama dengan garis tegaknya, secara otomatis kesannya seperti kokoh, kuat, kekar, dan stabil.

- Sans Serif
memiliki ciri - ciri tanpa sirip/serif dan ketebalan yang sama atau juga hampir sama. kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini adalah medern, kontemporer, dan efisiensi.

- Script
merupakan goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas, atau pensil yang tajam dan biasanya miring ke kanan. kesan yang ditimbulkannya adalah sifat pibadi dan akrab.

- Miscellaneous
merupakan pengembangan dari bentuk - bentuk yang sudah ada ditambah hiasan dan ornamen atau garis - garis dekoratif. kesan yang timbul adalah dekoratif dan ornamental.


Perkembangan huruf

perkembangan desain dan gaya huruf latin mulai diterapkan pada awal masa kejayaan kerajaan romawi. dalam sejarah perkembangan tipografi lahirnya desain dan gaya huruf banyak dipengaruhi oleh faktor budaya serta teknik pembuatannya. kejayaan kerajaan romawi di abad pertama yang berhasil menaklukkan yunani, membawa peradaban baru dalam sejarah barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian, agama, serta alphabet latin yang dibawa dari yunani. pada awalnya alphabet latin hanya terdiri dari 21 huruf (A, B, C, D, E, F, G, H, I, K , L, M, N, O, P, Q, R, S, T, V, dan X). kemudian huruf Y dan Z ini ditambahkan dalam alphabet latin untuk mengakomodasi kata yang berasal dari bahasa yunani. tiga huruf tambahan yaitu J, U, dan W dimasukan pada abad pertengahan. sehingga jumlah keseluruhan alphabet latin menjadi 26 huruf. nah, berikut ini adalah beberapa contoh perkembangan huruf berdasarkan abadnya beserta contoh gambarnya (bagi yang  ada saja).

1. Roman Square Capitals






2. Roman Scripts



















3. Uncial Script











4. Half - Uncial Scripts















5. Carolingian Minuscule Scripts

6. Angka Arab











7. Gothic

8. Renaissance

9. Baroque Scripts

10. Era Revolusi Industri

11. Art Nouveau

12. Bauhaus

13. Sans Serif

14. Tipografi Digital

15 Post Scipt

16. TrueType

17. Jawa Kuno














18. Fenisia



















19. Aksara Brahmi











20. Manuscript





































Rangkuman dan Istilah - Istilah Pada Tipografi

Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang seni dan desain huruf (termasuk simbol) dalam aplikasinya untuk media komunikasi visual melalui metode penataan layout, bentuk, ukuran, dan sifatnya sehingga pesan yang akan disampaikan sesuai dengan yang diharapkan.

Readibility adalah kemudahan membaca teks

Legibility adalah kemudahan mengenali setiap huruf dan kata

Stem adalah batang huruf besar maupun kecil

Terminal adalah garis akhir sebagai penutup pada bagian ujung - ujung huruf\

Kerning adalah jarak antar huruf

word spacing adalah jarak antar kata

Leading adalah jarak antar baris

Upper case adalah huruf besar

Lower case adalah huruf kecil

Sintaksis adalah penyusunan kata - kata dalam bentuk dan ukuran yang tepat

Layout adalah sebuah sket rancangan awal untuk menggambarkan organisasi unsur - unsur komunikasi grafis yang akan disertakan

Capline adalah garis maya lurus horizontal yang menjadi batas bagian teratas dari setiap huruf besar

Meanline adalah garis maya lurus horizontal yang menjadi batas bagian teratas dari setiap huruf kecil

Baseline adalah garis maya lurus horizontal yang menjadi batas bagian terbawah dari setiap huruf besar

Descender adalah bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada di bawah baseline

Ascender adalah bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada diantara meanline dan capline

X-Height adalah jarak ketinggian dari baseline ke meanline

nah, demikianlah ketuntasan tentang mengenal tipografi yang dapat saya bagikan kepada Anda semua. semoga apa yang telah saya bagikan ini dapat berguna dan bermanfaat..amin.