Tuesday, September 6, 2016

Mengenal Aplikasi Ms. Office Outlook 2007 (tahap 1)

hai..hai..hai...selamat berjumpa lagi semuanya. kali ini web tutorial ilmu komputer ingin berbagi lagi nih...pada page kali ini saya mau mengenalkan apa itu outlook atau yang lebih lengkapnya aplikasi microsoft office outlook pada versi Ms. Office 2007, pasti di antara Anda belum banyak yang mengenalnya. rata - rata kebanyakan orang apalagi orang awam hanya mengenal tiga macam fasilitas atau layanan dalam satu paket office diantaranya yang paling akrab dengan kita yaitu Ms. Office word, Ms. Office Excel, dan Ms. Office Power Point. padahal dalam satu paket office khususnya versi 2007 ada lebih dari sepuluh macam fasilitas atau layanan yang diberikan oleh perusahan tersebut. salah satunya ya ini, Ms. Office Outlook. yuk langsung saja kita berkenalan dengan Ms. Office Outlook.(nanti saya hanya menyebutkan outlook saja ya...)

pada awalnya, outlook di bundling bersama exchange server 5.5, akan tetapi pada tahun 2000, menjadi bagian dari salah satu bagian dari office system. office 2007 menyertakan outlook 2007 dengan berbagai fitur baru yang powerfull, instant search, to-do bar, rss subsciptions, dan masih banyak lagi. secara konseptual outlook 2007 terus mempertahankan posisinya sebagai aplikasi personal information manager (PIM) artinya bukan sekedar aplikasi e-mail, tetapi juga tertanam kemampuan yang berfungsi sebagai contact manager, time manager, task manager, notes manager, dan activity tracker.

Ribbon
istilah populer pada outlook 2007 ini menunjukkan sebuah panel pada bagian atas window, yang memuat berbagai tombol/icon untuk melakukan fungsi - fungsi tertentu dan menerapkan konsep ribbon hanya pada form New dan Edit

Quick Access Toolbar
Saat Anda mengagumi ribbon, jangan lupa untuk memperhatikan bagian kiri atas forn (secara default terletak di atas ribbon), terdapat sebuah toolbar kecil yang disebut dengan Quick Access Toolbar atau disingkat QAT. menu QAT ini dapat di customize sehingga Anda dapat meletakkan command - command yang sering digunakan.

Ms. Office Outlook 2007


Office Button
Masih pada form yang sama jika Anda kehilangan menu drop down konvensional seperti file - save as, jangan khawatir karena menu ini dapat mengantikan fungsinya. yaitu sebuah icon eye catching yang terletak pada pojok kiri atas. klik button tersebut dan Anda dapat melihat menu drop down dengan berbagai fungsi.

To - Do Bar
pada window utama, carilah satu - satunya panel yang berbentuk vertikal. to - do bar menampilkan calender berisi jadwal yang akan datang. jadi jangan salahkan outlook jika Anda melewatkan janji penting.

RSS Subscription
web feel sering disebut sebagai teknologi yang bersaing dengan teknologi email, ternyata jika dua teknologi ini dipertemukan, yang terjadi bukanlah perang bintang melainkan outlook 2007 ini. outlook telah mengintegrasikan fitur RSS (salah satu format web feed yang terkenal) dan menjadikan outlook berfungsi juga sebagai RSS agregator.

Instant Search
pencarian yang cepat dan mudah dapat dilakukan dengan instant search, juga disediakan Advanced Search dengan query builder untuk pencarian yang melibatkan lebih banyak kriteria. jika instant search belum terinstall pada outlook, temukan tulisan click here to enable instant search dan ikuti instruksi yang diberikan. 

Mini Bar
saat Anda sedang berada pada sebuah form (misalnya saat mengetik email) dan menyoroti text tertentu, akan tampak sebuah palette yang disebut dengan minibar, yang menyediakan menu untuk melakukan format text dengan cepat, seperti bold, italic, font size dan seterusnya.

Integrasi
outlook menjadi semakin pintar dengan kemampuan integrasi dengan software lain. antara lain outlook 2007 menggunakan engine word sebagai editor, integrasi dengan office OneNote 2007, mendukung pengeditan konten yang disimpan pada server SharePoint dan memiliki add-in business contact manager for outlook 2007.