Sunday, January 8, 2017

Cara Membuat Teks Bermotif Emas Dengan Photoshop

hai semua...apa kabarnya? wah, kali ini web tutorial ilmu komputer sedang berbaik hati ni, ingin memberikan informasi bagaimana cara membuat teks bermotif emas tapi kali ini saya menggunakan aplikasi photoshop bukan coreldraw seperti yang sudah - sudah. nah, bagi Anda para pecinta photoshop bakal menjadi informasi tambahan buat Anda semua, tapi jangan berkecil hati bagi yang pemula dan yang pecinta coreldraw, saya jamin Anda dapat mengikutinya hingga tuntas..tas..tas..tas. sebelum memulai disini saya menggunakan photoshop CS5.


langsung saja bagaimana cara membuatnya yaitu langkah pertama kita membuat terlebih dahulu halaman dokumen baru pada photoshop tersebut caranya klik dua kali atau klik kanan pilih open pada icon photoshop di destop komputer Anda atau di start - all program Anda. bisa juga cara cepatnya menggunakan tombol alternatif dengan menekan tombol Ctrl + N. disini saya menggunakan dokumen dengan ukuran width (lebar) 1600 pixels, height (tinggi) 800 pixels, resolution 72 pixels/inch dan background contents diatur berwarna white (putih), jika selesai klik ok.

langkah berikutnya ubahlah warna latar belakangnya dari berwarna putih menjadi hitam dengan cara arahkan kusor Anda ke menubar pilih edit lalu pilih fill atau tombol alternatifnya F5 lalu aturlah use nya black, mode normal dan opacity 100%, jika sudah klik ok.



langkah ketiga yaitu membuat teks pada dokumen tersebut dengan cara pilih horizontal type tool atau berlogo "T" di toolbox atau sebelah kanan pada aplikasi. pilih font nya menjadi Times New Roman, font type nya Bold, size font nya 72 pt dan atur juga teks colornya menjadi putih dengan cara mengubah R, G, dan B (yang dibawah) menjadi 255 semua. jika sudah klik ok. lalu bloklah kehalaman dokumen dengan mengetikkan kata GOLD dan jika sudah klik tanda centang pada toolbar atau commit any current edits.


lalu ubahlah ukuran teks nya dengan cara arahkan kusor ke menubar pilih edit lalu pilih free transform atau tombol alternatifnya tekan tombol Ctrl + T. lalu tariklah disalah satu sudutnya untuk membesarkan teks tersebut dengan instan jika serasa cukup tekan tombol enter. 

Bekerja pada Layer Gold Copy
langkah keempat membuat duplikat layer yaitu dengan cara tekan layer gold sambil ditahan lalu arah kan kuser kebawah dan pilih create a new layer lalu lepas, jika berhasil maka layer yang baru tersebut akan tampak sama dengan layer gold dan bertuliskan gold copy. berikutnya tetap bekerja pada layer gold copy, pilihlah layer styles atau berlogo "fx" lokasinya di panel layer. lalu pilih gradient overlay dan editlah. pada jendelah gradient overlay arahkan kusor Anda ke kolom warna pada gradient lalu klik. maka akan muncul jendelah gradient editor pada jendelah ini arahkan kusor Anda ke sudut bawah sebelah kiri pada kolom warna lalu kliklah. jika berhasil pada kolom color stop akan aktif. berikutnya kliklah kolom warna pada color stop tersebut dan jadikan nilai warna R 247, G 238, dan B 173 lalu klik ok. untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini.


lalu lakukan lagi langkah yang sama pada warna putih berhenti yaitu dengan cara kembali ke gradient editor arahkan kusor ke kolom warna sebelah kanan atau yang berwarna putih seperti gambar diatas yang sejajar ditunjuk dengan nomor 2. disini ubahlah nilai warna R menjadi 193, G menjadi 172, dan B menjadi 81 lalu klik ok, pada jendelah gradient editor ketikkan nama untuk disimpan lokasinya tepat dibawah kolom present yang bernama "name" disini ketikkan "emas" sebagai contohnya lalu geser kusor kesebelahnya lalu kliklah tombol new tersebut, jika sudah klik ok, pada jendelah gradient overlay dikolom style ubah menjadi reflected. 

kemudian pindahkan ke pengaturan bevel and emboss dengan cara mencentangnya. pada kelompok structure ubah technique menjadi chisel hard lalu ubah size nya menjadi 46 px, ubah depth menjadi 170%. kemudian pada kelompok shading, kliklah panah kecil disebelah kanan dari gloss contour dan pilih "ring - double" lalu geser kesampingnya lalu centang tanda "anti - aliased". jika sudah selanjutnya beri tanda centang pada fasilitas contour tepat dibawah centang bevel and embass tadi. 

langkah selanjutnya pindahkan ke pengaturan selanjutnya inner glow  yang berada diatas bevel and emboss tadi. berilah tanda centang pada inner glow tersebut. pada kelompok structure di inner glow ini ubahlah blend mode menjadi multiply, opacity menjadi 50%, dan ubah warnanya menjadi orange dengan mengubah R menjadi 232, G menjadi 128, dan B menjadi 31 lalu klik ok. pada kelompok elements ubah sizenya menjadi 75 px. lalu kliklah ok pada gradient overlay tersebut.

Bekerja pada Layer Gold
langkah selanjutnya pindah lah ke layer gold saja caranya hampir sama dengan cara di layer gold copy tadi. arahkan kembali kusor Anda ke layer styles atau bericon "fx" lalu pilihlah stroke. pada kelompok structure ubahlah sizenya menjadi 8 px, position menjadi outside, lalu pada kelompok fill type ubahlah fill typenya menjadi gradient, style menjadi reflected. lalu pada kolom warna di gradient - fill type tadi kliklah panah kecil ujung kanan warna tersebut lalu pilih emas yang telah kita simpan tadi.

pindahkanlah pengaturan ke bevel and emboss, disini berilah tanda centang, aturlah pada kelompok structure - bevel and emboss, stylenya menjadi stroke emboss, technique menjadi chisel hard, sizenya menjadi 8 px. pada kelompok shading ubahlah gloss contournya menjadi gloss contour dan ring - double. lalu sama seperti dilayer gold copy yaitu aktifkan centang pada contour di bawah bevel and emboss. 

pindahkanlah lagi kepengaturan outer glow. disini ubahlah di kelompok structurenya yaitu opacity menjadi 40%, ubah warna R menjadi 232, G menjadi 128 dan B menjadi 31, pada kelompok elements ubahlah sizenya menjadi 60 px. lalu klik ok.

Bekerja pada Layer Berkilau
buatlah layer baru dengan cara arahkan kusor ke menubar pilih layer lalu pilih new atau menggunakan tombol alternatif dengan mengklik shift + Ctrl + N. beri nama dengan nama berkilau. lalu klik ok. 

lalu langkah selanjutnya pilihlah brush tool yang terletak di toolbox atau dengan menekan tombol "B" pada keyboard Anda. jika sudah dipilih lalu klik kanan pada dokumen maka akan muncul jendelah brush preset picker lalu kliklah pada panah kecilnya dan pilih assorted brushes lalu akan muncul jendelah pemberitahuan, pada jendelah ini klik append. kemudian carilah icon seperti X dan dibawahnya bertulisan 48. jika sudah ketemu lakukan penandaan pada teks untuk dijadikan teks tersebut berkilauan sebelumnya pastikan warnanya putih. selesai...

berikut layer yang dapat menjadi acuan Anda dalam membuat teks tersebut.


demikianlah tutorial bagaimana cara membuat teks bermotif emas yang dapat saya paparkan kepada Anda semua, bagaimana cukup mudah kan...semoga artikel dan tutorial ini berguna dan ada manfaatnya...amin.