Monday, January 9, 2017

Istilah - Istilah Dalam Perakitan Komputer

hai semua...apa kabarnya, tentu dalam keadaan sehat wallalfiat ya kan? nah, kali ini web tutorial ilmu komputer ingin berbagi informasi tentang istilah - istilah yang sering muncul dalam dunia perakitan komputer, apa saja ayo?! yap, betul. tentu saja bayak sekali ya kan! nah dikarenakan itu lah saya berinisiatif ingin membantu mengingatkan kembali kepada Anda semua. nah, pas sekali di awal semester baru ini, mungkin ada yang memerlukannya. ok apa saja itu, yuk cekidot...

power on self test atau sering disebut dengan singkatan (POST) adalah tes yang dilakukan oleh bios komputer pada waktu pertama kali menyala untuk memastikan semua perangkat keras berfungsi dengan benar dan memenuhi persyaratan minimum sistem sebelum memulai sisa proses booting.

multitasking atau sering juga disebut dengan Batch Processing System adalah karakteristik atau performa dari suatu sistem yang dapat melayani banyak tugas dan pekerjaan dalam satu waktu secara bersamaan.

graphical user interface atau juga disingkat dengan sebutan (GUI) adalah antar muka atau interface untuk manusia dan komputer yang berbasis grafis, sangat nyaman dan mudah digunakan dan dioperasikan atau juga kalau dibahasakan dalam bahasa orang awam adalah jenis atau salah satu macam dari tampilan layar atau destop.

unix adalah sebuah sistem operasi komputer yang didesain sebagai sistem operasi yang portable,multitasking, dan multiuseer.

Macintosh atau disingkat Mac adalah salah satu jenis komputer personal berbasis powerPC dan sekaligus sistem operasi yang diproduksi oleh Apple. komputer ini dinamakan berdasarkan jenis buah apel yang disukai oleh Jef Raskin. dan sistem antarmukanya bergrafis GUI.

Microsoft Windows merupakan keluarga besar sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh microsoft coorporation.

hardware adalah perangkat keras yang dapat berupa benda atau komponen fisik yang secara nyata dan dapat disentuh serta dilihat.

software adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan hardware berdasarkan perintah yang di inputkan oleh brainware melalui software sehingga hardware dapat dipergunakan dan difungsikan atau kalau dibahasakan dalam bahasa lainnya, software merupakan suatu perangkat yang tidak dapat disentuh oleh jari brainware melainakan dapat disentuh oleh kusor.

brainware adalah suatu perangkat akal atau user atau manusia yang memanajemen untuk memasukan perintah agar software dan hardware dapat beroperasi sesuai dengan fungsinya.

sistem operasi adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan perangkat keras dan memberikan kemudahan untuk pemakai dalam penggunaan komputer atau juga bisa diartikan sebagai penghubung antara hardware dan software pada komputer tersebut.

unified extensible firmware interface (UEFI) adalah standar baru firmware interface untuk PC yang didesain untuk menggantikan BIOS (basic input/output system)

fotolitografi adalah sebuah proses digunakan dalam fabrikasi alat semikonduktor untuk memindahkan pola dari sebuah photomask ke permukaan sebuah substart.

volatile adalah salah satu jenis media penyimpanan data yang akan hilang datanya bila tidak ada aliranlistrik.

bug adalah kesalahan pada komputer baik disebabkan oleh perangkat lunak ataupun perangkat keras sehingga komputer tidak bekerja dengan semestinya.

peripheral koputer adalah berbagai komponen yang terhubung ke CPU yang berfungsi sebagai perangkat input dan output data kedalam dan keluar CPU yang selanjutnya diproses oleh sistem komputer untuk mengolah data.

Foxit Reader adalah salah satu alat pembaca, pencari, dan pencetak dokumen PDF multilingual.

program utilitas merupakan perangkat lunak komputer yang didesain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengolahan sebuah komputer ataupun sistem.

winrar adalah shareware pengarsipan dan kompresi file, program ini dibuat oleh Eugene Roshal.

Easeus Partition Master adalah salah satu software disk management dan juga utilitas all in one yang bersifat gratis

backup adalah proses membuat salinan data sebagai cadangan saat terjadi kehilangan atau kerusakan data asli.

troubleshooting adalah adanya suatu masalah atau ketidak normalan pada komputer.

nah, itulah beberapa istilah yang mungkin sering Anda dengar. demikianlah artikel ini yang dapat saya sharekan kepada Anda semua, semoga artikel ini berguna dan ada manfaatnya...amin.