Saturday, January 14, 2017

Cara Cepat Membuat Tulisan Kaligrafi dengan Coreldraw

hai semua, apa kabarnya? kali ini web tutorial ilmu komputer ingin membahas bagaimana cara cepatnya membuat suatu tulisan yang bermotif kaligrafi namun kali ini menggunakan aplikasi coreldraw. disini Anda tidak harus sama menggunakan versi aplikasi coreldraw tersebut. kebetulan saya menggunakan coreldraw x4. versi apa pun tetap bisa kok untuk membuat tulisan kaligrafi tersebut. yuk langsung saja cekidot.

kaligrafi menurut wikipedia yang pernah saya baca merupakan suatu seni artistik dalam bentuk tulisan tangan dan meliputi hal penjilidan yang berkembang di negara yang umumnya memiliki warisan budaya islam. kaligrafi ini adalah suatu seni yang sangat dihormati di antara seni rupa islam lainnya karena kaligrafi merupakan alat utama untuk melestarikan al-qur'an. kaligrafi arab, persia dan turki utsmaniyah memiliki hubungan yang erat dengan motif arabesque abstrak yang terdapat di dinding - dinding dan langit - langit masjid maupun di halaman buku. nah kali ini bagaimana cara menuangkan karya tulisan tangan ini menjadi karya multimedia yang menggunakan aplikasi coreldraw.

pertama - tama yang harus Anda lakukan adalah siapkan terlebih dahulu software coreldraw, jika sudah tertanam dalam komputer Anda silakan di buka atau buat halaman kerja baru dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open. apabila belum tertanam pada komputer Anda silakan Anda cari terlebih dahulu aplikasi coreldraw versi apapun pada teman atau toko komputer terdekat di kota Anda. nah kita lanjut, jika sudah terbuka lalu klik new blank document pada jendela quick start tersebut. kemudian kita mulai bekerja pada halaman kerja. ada banyak cara membuat tulisan kaligrafi ini pada awal kita mulai bekerja, ini semua tergantung dengan tingkat kemahiran dan kebiasaan Anda terhadap tool yang terdapat di coreldraw tersebut, kita bisa memulai dengan menggunakan pen, atau bisa menggunakan artistik media tool, atau juga freehan tool. nah di antara sekian banyak itu saya sering dan suka menggunakan fasilitas yang bernama freehand tool. Anda juga bisa mengikuti saya jika susah menentukan pilihan di antara tiga macam tool tersebut. 

langkah selanjutnya arahkan kusor Anda ke toolbox dan pilih freehand tool lalu arah kan kusor Anda lagi ke halaman kerja. disini silakan Anda berkreasi dengan kalimat atau kata yang mudah dan Anda ingat misal saya beri conoh misalnya lapas Allah dalam bentuk huruf arab atau lain sebagainya.

menggunakan freehand tool

ada cara lainnya selain menggunakan freehand tool yaitu menggunakan artistik media tool. cara nya hampir sama dengan cara freehand tool tadi yaitu arahkan kusor ke toolbox lalu pilih artistik media tool. lalu arahkan kusor ke halaman kerja dan buatlah kata atau kalimat tersebut. untuk lebih lengkapnya Anda bisa lihat gambar dibawah ini. 

menggunakan artistik media tool
itu contoh hasil yang menggunakan artistik media tool tapi kali ini saya tidak akan menjelaskan sampai selesai menggunakan artistik media tool ini hanya sekedar perbandingannya saja. akan tetapi saya akan membahas sampai tuntas cara menggunakan fasilitas freehand tool. 

langkah selanjutnya jika suatu kata yang berlapas Allah sudah Anda buat yaitu arahkan kusor Anda ke menubar pilih window lalu masuk arahkan ke dockers lalu pilih extrude. lihat di sisi kanan aplikasi coreldraw tersebut muncul jendelah dialog dari pada extrude. disini Anda dipintak untuk mengklik edit terlebih dahulu sebelum Anda memasukkan angka - angka yang menurut Anda pas. lalu jika sudah Anda klik edit pada jendelah dialog extrude masukan nilai 20 pada depth, nilai 100 mm pada H (horizontal) dan nilai 130 mm pada V (vertikal) jika sudah jangan lupa klik apply. maka hasilnya akan seperti terlihat pada gambar dibawah ini.



langkah selanjutnya memberikan pewarnaan pada gambar tersebut dengan cara klik color wheel pada jendelah dialog extrude tersebut lalu klik edit dan pilih fasilitas shade. disini Anda bisa berkreasi warna sesuka Anda. jika selesai klik apply. dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.



selesai, tinggal Anda simpan dalam bentuk gambar atau dalam format CDR, itu terserah Anda. nah bagaimana cukup mudah dan cepat kan! baik itu saja tutorial yang dapat saya sharekan kepada Anda semua, semoga berguna dan ada manfaatnya amin.. sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya.