Friday, January 6, 2017

Macam - Macam Media Sosial dan Sejarah singkatnya (Sesion 1)

hai semua...apa kabar nya di tahun 2017 ini? semoga semakin baik dari tahun sebelumnya, amin. nah kali ini web tutorial ilmu komputer ingin berbagi informasi tentang macam - macam media sosial yang sedang marak dan hits di dunia maya terkhusus di negara kesatuan Republik Indonesia dan tentu umumnya di dunia ini. nah, apa saja sih yang Anda ketahui dan yang belum Anda ketahui, yuk kita cari tahu bersama macam - macam media sosial tersebut. kalau kita kelompokkan berdasarkan media hardwarenya maka media sosial tersebut terbagi atas dua kelompok yaitu media sosial lewat komputer seperti PC, labtop, dan Notebook. dan yang kedua media sosial lewat HP atau berbasis Android. nah, kalau berdasarkan jumlahnya maka jumlah media sosial ini lebih dari 20 macam bahkan mencapai 30 macam media sosial yang aktif. cukup banyak ya. hayoo, kalau ditanya masalah akun maka ada berapa akun media sosial yang Anda miliki sekarang? nah, berikut ini penjelasan  dari daftar nama - nama aplikasi untuk masuk ke dunia media sosial tersebut.


Nama Aplikasi Media Sosial Lewat Komputer dan Android serta Penjelasannya
1. Facebook
2. Twitter      
3. Instagram
4. BBM
5. WhatsApp
6. Skype
7. Line
8. Kakao Talk
9. Wechat
10. Path
11. Pinterest
12. Linkedin
13. Tumblr
14. Messenger
15. Snapchat
16. Beetalk
17. YM / Yahoo Messenger
18. MySpace
19. Weibo
20. RenRen
21. Badoo
22. Yelp
23. Flickr
24. Orkut
25. Foursquare
26. Soundcloud
27. Hi5
28. Bebo
29. Yahoo Meme
30. Yahoo Koprol

itulah daftar nama medsos yang masih aktif. pada bingung ya, show pasti bingung lah, karena disana saya menampilkan nama yang belum bahkan tidak pernah Anda mendengarnya. daftar nama medsos di atas dijamin masih aktif kok, dan Anda bisa mencobanya sendiri. untuk lebih mengenal medsos diatas, Anda bisa cakidot penjelasannya dibawah ini. semua informasi ini saya rangkum dari wikipedia indonesia.

Facebook
merupakan sebuah layanan media sosial yang diluncurkan pada bulan februari 2004. berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman kulianya di Universitas Harvard. facebook tercipta dilatarbelakangi dengan insiden Facemash, pada tanggal 4 februari 2004 Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com lalu pada tahun 2005 perusahan ini menghapus THE dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com dengan nilai $200.000. 


Twitter
merupakan layanan media sosial berbasis mikroblog daring, yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter. twitter didirikan pada maret 2006 oleh Jack Dorsey dan diluncurkan bulan juli tahun yang sama. twitter ini terinspirasi dari sebuah proyek untuk penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil.



Instagram 
merupakan sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, dapat menerapkan filter digital dan membagikannya ke berbagai layanan medsos lainnya. pada tahun 2010 perusahaan burbn.inc didirikan dan mengembangkan sebuah proyek yang sangat besar dan berfokus pada HTML5, yang didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. nama instagram berasal dari dua kosa kata yaitu insta artinya instan dan gram artinya telegram. pada tanggal 9 april 2012, diumumkan bahwa instagram akan diambil alih oleh facebook senilai hampir $1 Miliar dalam bentuk tunai dan saham.


BlackBerry Messeger
merupakan aplikasi pengiriman pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry(Merek Handphone). dan didirikan oleh Research in Motion (RIM), mulai tanggal 23 oktober 2013 layanan BBM secara resmi bisa digunakan lintas platform dengan dirilisnya BBM untuk iOS dan Android.




WhatsApp
merupakan aplikasi pesan untuk smartphone dengan basik mirip blackberry Messeger dan merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan Anda bertukar pesan tanpa biaya SMS karena menggunakan paket data internet dan dapat melakukan obrolan online, berbagi file dan bertukar foto. awalnya whatsapp dibuat untuk pengguna iPhone kemudian seiring dengan perkembangannya, juga tersedia untuk versi BlackBerry, Android, windows phone dan Symbian.



Skype

merupakan program sarana komunikasi suara dengan teknologi Peer to Peer berbasis internet. skype ditemukan pada 23 april 2003 oleh wirausahawan yang bernama Niklas Zennstrom dan Janus Friis.







Line 
merupakan aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform dan dapat mengirim pesan teks, gambar, video, dan pesan suara, line dikembangkan oleh perusahaan jepang bernama NHN Corporation dan pertama kali diluncurkan pada Juni 2011. mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android. lalu pada tahun 2012 Line resmi luncurkan versi Mac dan Windows.





Kakao Talk
merupakan aplikasi pesan lintas platform yang tersedia bagi pengguna smartphone. pertama kali diluncurkan pada 18 maret 2010 oleh kakao inc. pada awalnya dibuat untuk pengguna android dan iOS. tidak jauh beda dengan LINE hanya saja kakaotalk ada penambahan fitur file sharing dan group chat.







WeChat
merupakan layanan komunikasi pesan suara dan teks telepon seluler yang dikembangkan oleh Tencent di Tiongkok. aplikasi ini awalnya diluncurkan sebagai Weixin di tiongkok pada bulan januari 2011. dan resmi mendunia dengan nama wechat pada bulan april 2012.







Path
merupakan aplikasi medsos yang dapat berbagi gambar dan juga pesan. path didirikan pada bulan februari 2011 oleh Dave Morin, Shawn Fanning, dan Dustin Mierau.








Bersambung...