Tuesday, January 10, 2017

Cara Mendapatkan Ukuran Print View Yang Lebih Akurat Dalam Photoshop

pernahkah Anda kebingungan ketika ingin mengeprint suatu foto yang sudah Anda edit dan ukurannya tidak jelas. ketika Anda telah mengukurnya berdasarkan size file nya 4x6, namun ketika di print viewkan dan Anda ukur menggunakan mister pada layar monitor Anda ternyata tidak akurat. nah, permasalahan ini lah yang akan web tutorial ilmu komputer kupas dan sharingkan kepada Anda semua. 

lalu apa tujuan dari mudus tampilan print ukuran pada photoshop tersebut? ada yang berspekulasi untuk memberi kita preview akurat tentang bagaimana gambar pada layar Anda akan terlihat ketika dicetak. cara itu semestinya dapat bekerja ketika kita memilih perintah print size dari menu view, dan photoshop langsung membesarkan gambar untuk muncul di layar Anda pada ukuran yang sama di atas kertas nanti. ini tidak hanya akan membantu Anda memvisualisasikan hasil cetak akhir tetapi itu juga akan membantu ketika mengakuratkan gambar untuk output, setidaknya itu rencananya.

inilah masalahnya agar rencana kerja photoshop lebih optimal, photoshop harus tahu resolusi layar komputer Anda sehingga dapat mengetahui tingkat zoom dengan benar. tapi photoshop tidak tahu resolusi layar Anda dan tidak memiliki cara untuk menemukan hal tersebut dengan dirinya sendiri. itu hanya mengasumsikan resolusi layar Anda sebaiknya 72 pixel per inchi. apa jadinya jika kita melakukan penghitungan dengan hasil angka yang salah, maka secara otomatis photoshop pun memilih tingkat zoom yang salah pula, sehingga ukuran print size menjadi semakin tidak akurat.



foto di atas merupakan foto yang dibuka lewat photoshop dengan tingkat zoom 100%, ketika saya  membuka jendelah image size dengan cara klik menubar image lalu pilih image size terdapat resolusi dari gambar tersebut terterah 300 pixels/inch. sekarang kita bandingkan ketika berada di print size dengan cara klik menubar view lalu pilih print size. dan hasilnya menjad seperti dibawah ini


ketika foto saya dengan ukuran 3x4 cm di print size beruba menjadi lebih kecil dari sebelumnya yaitu 1,5x2 cm. mari kita lihat ke bawah sudut kiri, disana terlihat bahwa photoshop telah mengatur tingkat zoom foto tersebut 24%, menurut photoshop ini adalah tingkat zoom yang benar untuk memunculkan gambar 3x4 di layar monitor. mengapa demikian? itu dikarenakan photoshop mengasumsikan bahwa resolusi layar komputer saya adalah 72 pixel/inch.


lalu bagaimana cara mendapatkan ukuran resolusi yang benar dan bagaimana cara memperbaikinya? untuk mencari resolusi layar dengan tepat saya akan melakukan serangkaian tes sederhana. yaitu dengan cara mengambil sebuah penggaris atau mistar. lalu silakan di ukur lebar layar dalam satuan centi meter (CM) dari kiri ke kanan, tapi tidak termasuk daerah perbatasan sekitar layar. setelah saya ukur lebar layar monitor komputer saya adalah 25,5 cm.

selanjutnya lihatlah berapa ukuran resolusi pada screen resolusi komputer Anda dengan cara klik kanan pada monitar Anda secara bebas. disini saya menggunakan 1366 x 768 yang artinya layar memiliki 1366 pixel dari kiri ke kanan dan 768 pixel dari atas ke bawah. kemudian ambillah angka pertama pada screen resolusi yakni 1366 pixel lalu bagi lah dengan angka lebar monitor yang di ukr menggunakan penggaris atau mistar tadi dalam hal ini yaitu 25,5 cm maka hasilnya adalah 54. jadi dengan menggunakan serangkaian tes ini kita dengan cepat, tahu berapa ukuran resolusi layar 54 pixel/cm dan bukan 72 pixel/inch seperti yang telah photoshop asumsikan.

nah, sekarang kita masukan resolusi layar yang sebenarnya ke dalam photoshop dengan cara klik edit pada menubar  lalu pilih preferences lalu pilih units & rulers


ubahlah nilai screen resolution dari 72 pixels/inch menjadi 54 pixels/cm, seperti gambar di atas. jika sudah tahap selanjutnya masuk ke performance dengan cara klik edit pada menubar pilih preference lalu pilih performance. pastikan di OpenGL Drawing aktif.


dan sekarang coba Anda ulangi sekali lagi untuk di print size kan dan lihatlah apa yang terjadi! maka ukuran foto tersebut sama dengan ukuran pada penggaris atau mistar dan juga sama dengan ukuran image size.


gambar di atas telah membuktikan jika ukurannya sesuai dengan apa yang diharapkan. demikian lah artikel ini yang dapat saya sharekan. semoga bermanfaat dan ada gunanya...amin.