Saturday, January 7, 2017

Macam - Macam Media Sosial dan Sejarah Singkatnya (Sesion 2)

sambungan dari Macam - Macam Media Sosial dan Sejarah Singkatnya (Sesion 1)

Pinterest
merupakan sebuah program virtual pinboard dimana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kelompok - kelompok yang bisa di custtomize namanya. didirikan pada bulan maret 2010 oleh Ben Silbermann, Evan Sharp, dan Paul Sciarra.  






Linkedin
merupakan media sosial yang berorientasi bisnis terutama diguna kan untuk jaringan profesional. perusahan ini didirikan pada bulan maret 2006 di Mountain View, California oleh Dan Nye. situs ini memiliki 14 juta pengguna, meliputi 150 macam industri, dan 400 macam bidang ekonomi yang diklasifikasikan menurut jasanya. 

Tumblr
merupakan suatu aplikasi yang multi platform berbasis mikroblog dan dapat mengirimkan konten multimedia dalam bentuk blok pendek. tumblr didirikan pada tahun 2007 oleh David Karp di jepang pada saat dia berumur 19 tahun. pada tanggal 21 mei 2013 tumblr diakuisisi oleh yahoo dengan nilai $1,1 miliar. kelebihan tumblr Anda dapat memposting dalambentuk teks, video, audio, foto, link, quote dan chat, tetapi juga dapat memposting dari sebuah bookmarklet di dalam browser widget.

Messenger
kepanjangannya adalah mercury surface, space, environment geochemistry dan ranging, yang artinya pengirim pesan. aplikasi ini berfungsi untuk memberitahu kan pengguna akan adanya pesan. hebatnya aplikasi ini terhubung dengan media sosial yaitu facebook. ketika ada pesan yang belum terbaca diperambah facebook maka di messeger akan memberitahukannya.


Snapchat
merupakan aplikasi pesan foto yang dikembangkan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy dan Reggie Brown saat masih kuliah di Universitas Stanford pada tahun 2014. aplikasi ini dapat mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan lukisan, dan mengirimkannya ke daftar penerima yang ditentukan oleh pengguna.  foto dan video kiriman pengguna disebut dengan snaps.

Bee chat
merupakan aplikasi pesan teks dengan icon kumbang, aplikasi ini belum banyak orang yang mengetahui dan juga memakainya. penemunya pun belum dapat diindikasikan siapa, namun untuk bergabung ke situs media sosial ini Anda dapat langsung login lewat android.






YM/Yahoo Messenger
YM ini hampir sama dengan messenger pada facebook hanya saja YM banyak menambahkan fitur yang komplet. awal rilis bernama yahoo! pager pada 9 maret 1998. YM menawarkan berbagai fasilitas koneksi yaitu pc-pc, pc-phone, dan pc to pc service, file transfer, webcam hosting, text message service, dan chat rooms. layanan ini mulai berfungsi sejak 13 juli 2006.



MySpace
merupakan situs media sosial. kantor pusatnya bertempat di Beverly Hills, California dan berada dalam satu gedung perkantoran dengan pemilik langsung perusahan tersebut. diluncurkan pada tahun 2003 oleh Thomas Anderson dan Christopher DeWolfe. isi profil media sosial ini terdiri dari icon moods, blurbs, blog, multimedia, komentar, musik dan profil kustomisasi.

Weibo
merupakan sebuah situs resmi cina berbentuk mikroblogging, mirip dengan hibrida dari twitter dan facebook. ini adalah salah satu situs media sosial paling populer di tiongkok, digunakan oleh lebih dari 30% dari pengguna internet. situs ini diluncurkan oleh SINA Corporation di bulan agustus 2009 dan memiliki lebih dari 200 juta pengguna terdaftar per agustus 2011.

RenRen
merupakan sebuah layanan media sosial tekemuka dan bisnis keuangan internet di cina. atau lebih dikenal dengan singkatan SNS. dengan ini memungkinkan pengguna dapat terhubung dan berkomunikasi satu sama lain, dapat berbagi foto, dan akses mobile live streaming. tujuan utamanya adala untuk mendefinisikan pangalaman dalam bermedia sosial dan untuk merevolusi cara terhubung keinternet, berkomunikasi, menghibur, dan toko di cina.

Badoo
merupakan layanan media sosial berbasis biro jodoh multi bahasa. kantornya terletak di Soho, London, inggris. situs ini diluncurkan pada bulan november 2006 oleh Andrey Andreev. situs ini beroperasi di 180 negara dan yang paling populer di amerika latin, spanyol, italia dan perancis.

Yelp
merupakan perusahaan multinasional amerika serikat yang berkantor pusat di San Francisco, california. perusahaan ini mengembangkan dan memasarkan aplikasi telpon, menerbitkan penilaian badan usaha di lingkungan sekitas pengguna dengan bantuan urun daya serta memiliki layanan pemesanan daring reservation dan pengiriman makanan daring. yelp didirikan pada bulan oktober 2004 oleh mantan karyawan paypal yaitu Russel Simmons dan Jeremy Stoppelman. 

Flickr
merupakan suatu situs untuk berbagi foto, video dan situs komunitas daring yang merupakan contoh dari aplikasi web 2.0 yang populer untuk berbagi foto pribadi dan dapat dijadikan tempat penyimpanan foto. flickr diluncurkan pada bulan februari 2004 oleh Ludicorp dan bermarkas utama di Vancouver, Kanada. pada awalnya dikembangkan untuk membuat game neverending.


Orkut
merupakan layanan media sosial yang memungkinkan pengguna menampilkan informasi personal dan profesional, bertemu teman baru, dan memelihara pertemanan yang sudah terjalin dan dapat bergabung dengan komunitas online yang dirancang untuk membuat kehidupan lebih aktif. orkut diluncurkan pada tanggal 24 januari 2004 oleh Orkut Buyukkokten dan merupakan karyawan google, bermarkas di Brazil.

Foursquare

merupakan suatu situs media sosial berbasis lokal yang bergantung pada perangkat lunak untuk peralatan bergerak yang dilengkapi GPS. layanan ini dibuat pada tahun 2009 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. foursquare memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman dan secara langsung check in lokasi terbaru mereka. maksud dari check in tersebut yaitu untuk memberitahukan di mana posisi mereka saat ini.

Soundcloud
merupakan sebuah platform distribusi suara secara online yang memungkinkan kolaborasi, promosi dan distribusi dari rekaman suara. pada awalnya berkantor pusat di Stockholm, Swedia. namun didirikan di Berlin, Jerman pada bulan agustus 2007 oleh desainer suara Alex Ljung dan musisi Eric Wahlforss. fitur utamanya adalah memungkinkan seniman mengupload musik mereka dengan URL khusus.

Hi5
merupakan situs media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran satu sama lain, dapat melakukann menambah teman, mengirimkan pesan, serta memperoleh gambar secara gratis. hi5 pertama kali ditemukan pada tahun 2003 dan diluncurkan pada tanggal 21 juni 2003 oleh Ramu Yalamanchi. tampilan hi5 disebelah kiri berupa profil dan foto pengguna, di bagian tengah berisi pembaharuan atau update status, dan di bagian kanan adalah iklan. kelebihan hi5 pungguna dapat melengkapi profilnya dengan latar belakang musik.

Bebo
merupakan akronim dari blog early, blog often. bebo merupakan sebuah situs media sosial yang berperan dalam menghubungkan orang - orang dari seluruh belahan dunia dan segala sesuatu yang menjadi perhatian pengaksesnya. berkonsep komunitas, ekspresi diri, dan hiburan yang memungkinkan kita untuk menciptakan, menemukan, dan membagikan konten digital. bebo pertama kali ditemukan oleh Michael Birch dan Xochi Birch pada awal bulan januari 2005 dan sebagai situs pertukaran atau sharing foto.

Yahoo Meme & Yahoo Koprol
merupakan media sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota - kota di indonesia. koprol memberitahu lokasi sesama pengguna koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada di tempat yang sama. dan menggunakan metode berbasis lokasi, disini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS. pada bulan juli 2008 dikembangkan oleh tim koprol menjadi sesuatu yang lain. ada pun tim koprol yang dimaksud adalah Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto. di Indonesia kota - kota yang sudah dapat menikmati aplikasi ini adalah jakarta, bali, bandung, surabaya, sidoarjo, yogyakarta, semarang, surakarta, bengkulu, medan, aceh, palembang, makasar, balikpapan, cirebon, papua, serta manca negara seperti singapore, houston, dan indianapolis.

nah, demikianlah macam - macam media sosial yang ada di Indonesia maupun di dunia, jadi makin banyak tahu...ya kan. semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk Anda semua...amin