Saturday, March 11, 2017

Cara Mengisolasi Warna Pada Photoshop

hai semua...kali ini web tutorial muncul lagi nih sejak beberapa bulan lalu saya absen. nah kali ini saya ingin berbagi informasi tentang bagaimana cara mengisolasi warna pada foto di photoshop. teknik mengisolasi warna dalam photoshop ini bisa memberikan citra yang Surealistik. nah loh...apa itu surealistik itu ya...menurut beberapa buku, artikel di internet dan wikipedia, surealistik itu adalah suatu aliran seni yang menunjukan kebebasan kreativitas sampai melaupaui batas logika. yang asal katanya dari kata "surealisme" yaitu gerakan budaya yang mempunyai unsur kejutan sebagai ungkapan gerakan filosofis. surealisme ini bermula pada pertengahan tahun1920-an. tapi kali ini kita tidak akan membahas citra surealistik ini. namun saya ingin menjelaskan dengan teknik ini (mengisolasi warna) foto Anda yang biasa - biasa saja bisa berubah menjadi foto yang artistik, seperti yang sering Anda lihat di majalah - majalah. 

jika kita berbicara soal foto yang indah dan artistik maka foto tersebut tidak selalu harus berupa foto yang penuh dengan warna. tidak sedikit foto - foto hitam putih yang juga menampilkan keindahan dan daya tarik seni tersendiri. atau paduan antara gambar hitam putih dan gambar berwarna juga seringkali memberikan efek surealistik yang indah. baik berikut ini cara mempraktikkannya

pertama - tama buka lah aplikasi photoshop nya masalah versi disini kebetulan saya menggunakan Photoshop CS6 namun tidak menutup kemungkinan untuk versi Photoshop 7 pun bisa digunakan. cara membuka aplikasinya arahkan kusor mouse Anda pada icon photoshop lalu klik kiri pada mouse Anda sebanyak dua kali atau klik kanan pilih open.

buah nanas di depan Istana Maimun Medan

kemudian langkah ke dua bukalah foto yang akan Anda olah dengan cara klik menu file lalu pilih open kemudian cari lah foto yang Anda inginkan lalu klik ok dan setelah terbuka fotonya Anda juga harus menentukan bagian mana dari foto itu yang akan ditonjolkan,

tahapan selanjutnya melakukan pengisolasian terhadap objek pada foto yang telah dipilih tersebut dalam simulasi ini saya memilih buah nanasnya. dengan menggunakan polygonal lasso tool lalu select lah objeknya atau untuk lebih jelas lihat contoh gambar dibawah ini.


jika sudah dipilih dan di lasso objek selanjutnya duplikatlah layer background yang berisikan gambar tersebut dengan menekan Ctrl J. kemudian klik layer background arahkan kusor mouse Anda ke menu Image - Adjustment - Desaturate atau bisa juga dengan menekan tombol alternatif Ctrl + Shift + U. maka hasilnya layer background menjadi gelap atau hitam putih. lalu silakan Anda atur tatanan cahayanya dengan menekan Ctrl L yang fungsinya untuk mengatur kepekatan cahaya dan ubahlah input levelsnya menjadi 25, 1.00, dan 207 lalu klik ok atau yang lebih jelas lagi Anda bisa lihat gambar di bawah ini.


atau jika ukuran yang telah saya usulkan tersebut kurang pas pada desktop komputer Anda bisa mengkreasikan input levelnya sesuai dengan yang Anda inginkan dan Anda juga bisa mencobanya dengan menggunakan berbgai foto dan objek lainnya. sebagai garis besarnya Anda bisa melihat hasil finalnya pada gambar dibawah ini


selesai, Anda sekarang bisa mengabadikan foto kreasi Anda sendiri dengan mengklik menu file lalu pilih save atau save as kemudian tentukan nama file dan formatnya, untuk menjadikannya sebuah gambar maka format filenya adalah jpeg lalu klik ok. selamat mencoba semoga artikel ini berguna dan ada manfaatnya...amin.