Friday, September 11, 2015

Apa Itu PHP, Apache, dan MySql

Yuk kita...mengenal PHP, Apache, dan MySql

PHP merupakan server side scripting, dimana script tersebut hanya dapat dijalankan di server saja, beda dengan java script atau VB script yang dapat dijalankan di client. PHP akronim nya HYPERTEXT PREPROCESSOR adalah bahasa pemprograman yang sederhana dan mudah untuk dimengerti. sekarang ini PHP banyak dimanfaatkan dalam pengembangan sistem informasi, misalnya website dinamis mau pun website developer. PHP pertama kali diperkenalkan oleh Rasmus Lerdorf sekitar tahun 1995 untuk keperluan dinamisasi website pribadinya. PHP merupakan bahasa pemprograman yang bersifat open source atau istilah open source ini bisa di artikan Anda boleh memiliki secara gratis dan Anda boleh mengubah - ubah bentuknya atau mengembangkannya tetapi Anda wajib tidak menghapus kode pengembang sebelumnya, kurang lebih seperti itu. untuk mendapatkan source code atau library dari PHP tersebut silakan Anda kunjungi http://www.php.net, kini (4 september 2015) sudah merilis versi 7.0.0 RC 2. sedangkan untuk menjadi bagian dari komunitas pengguna PHP di Indonesia silakan bergabung dengan milis phpug@yahoogroups.com

jika Anda disuguhkan kalimat database secara spontan yang ada dalam benak Anda sudah pasti adalah sebuah tempat data yang sangat banyak, dimana data - data tersebut biasanya terintegrasi antara satu sama lain. lalu apa hubungannya dengan mysql, mysql itu merupakan suatu database server yang sangat handal dan ringan, juga sangat compatible dengan bahasa server scriptible seperti PHP. karena kecocokan tersebut hingga saat ini telah banyak jasa web hosting yang mensupport hostingnya dengan bahasa pemprograman PHP dan database nya MySQL.  mysql sudah terbukti sangat cocok untuk dunia web programming dikarenakan fiturnya yang ringan dan open source, Anda juga dapat mendownloadnya secara free alias gratis tidak bayar, bahkan setiap pengguna mysql diizinkan untuk mengubah source code untuk keperluan pengembangan lebih lanjut.

berikut ini adalah beberapa keuntungan dari MySQL database server

1. mampu menangani jutaan user dalam waktu yang bersamaan

2. memiliki fasilitas user previlege system atau hak akses user yang sangat mudah dan efisien

3. mampu menampung lebih dari 50.000.000 (lima puluh juta) record

4. sangat cepat dalam melakukan eksekusi query

untuk menginstall MySQL ini Anda bisa mendownload file installasinya di http://www.mysql.com

untuk dapat menjalankan script PHP beserta database Mysql nya dibutuhkan suatu web server atau dikenal dengan istilah HTTPD (Hypertext Transfer Protocol Daemon) misalnya web server Apache. mengapa disebut deamon, karena web server nya adalah sebuah service yang berjalan secara background, atau tidak kelihatan tetapi prosenya ada. misal untuk melihat service apa saja yang berjalan di komputer Anda, dengan cara klik run dan ketik di run - services.msc seperti gambar berikut.



namun bukan hanya Apache saja yang dapat digunakan sebagai web server, PHP pun dapat dikolaborasikan dengan IIS (Internet Informasi Service) milik microsoft mislnya, atau OmniSecure dan masih bayak lagi, tergantung pilihan Anda.

supaya dapat dijalankan atau difungsikan PHP, Mysql dan Apache secara bersamaan sebenarnya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu yang pertama Anda dapat menginstallnya satu per satu tentunya sesuai paket yang Anda butuhkan, cara ke dua Anda dapat menginstall PHP, Mysql, dan Apache dengan menggunakan satu paketan lengkapyang di dalamnya telah terinstall PHP, Mysql database dan Apache web server, tidak hanya itu tapi juga paket - paket aplikasi tambahan lainnya seperti PHPMyAdmin yang dapat digunakan sebagai manajemen database mysql berbasis website. dan masih banyak fitur - fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan sesuai paket yang Anda butuhkan.

berikut merupakan daftar beberapa paket - paket populer yang di dalamnya telah di lengkapi 1 paket PHP, Mysql, dan Apache :

XAMPP dapat di download disni
http://www.apachefriends.org/download.html

WAMP dapat di download disini
http://www.wampserver.com/en/#download-wrapper

PHP Triad dapat di download disini
http://sourceforge.net/projects/phptriad

REACTOR SERVER dapat di download disini
http://www.reactor-server.soft112.com

selamat mencoba semoga bermanfaat...Amin...