Tuesday, September 8, 2015

Mengenal Content Management System (CMS)

membuat web itu adalah suatu kebutuhan dan keharusan. dan bagaimana jika ingin membuat website dengan mudah, ya menggunakan CMS jawabannya. lalu apa itu CMS. secara sederhana Content Management System (CMS) adalah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengolah dokumen dan konten sebuah sistem, karena Anda sedang membahas tentang web, maka yang diatur adalah seluruh isi dan tampilan dari web yang ingin Anda bangun. 

jika di artikan satu - persatu atau di pecah perkata maka CMS bisa diartikan seperti berikut. kata content dapat di artikan setiap jenis atau unit informasi digital yang digunakan untuk mengisi setiap halaman. content dapat berupa text, gambar, animasi, suara, dan lain - lain, pada dasarnya semua hal yang ingin diperlihatkan kepada publik melalui internet adalah content. sedangkan content management yaitu menggabungkan aturan, proses, dan alur kerja sehingga dapat membuat, mengubah, dan mem-publish seluruh isi halaman sesuai dengan alur sistem. maka dapat disimpulkan CMS adalah suatu alat yang dapat memusatkan kemampuan teknis dan menyebarkan kemampuan non teknis untuk membuat, mengubah, mengolah, dan mem-publish sejumlah isi website seperti teks, gambar, animasi, suara  dan lain - lain dengan aturan, proses, dan alur kerja yang sudah bakusehingga website dapat terlihat sesuai keinginan.


beberapa keuntungan menggunakan CMS

1. dengan CMS informasi yang ditampilkan secara online tetap up to date, konsisten, dan mempunyai nilai informasi terkini.

2. menambah berita atau artikel dapat dilakukan dari mana saja oleh user yang diberi hak untuk memposting berita.

3. webmaster dapat lebih konsen pada sisi teknologi nya saja, sedangkan konten atau isi dapat diberikan wewenang nya kepada user tertentu.

4. dengan CMS artikel dan berita dapat diatur berdasarkan criteria tertentu, masing - masing pemilik berita bertanggung jawab dengan informasi yang mereka kirim ke website.

5. pemilik website memegang kendali penuh terhadap isi dan tampilan website

6. CMS didesain untuk pemilik website yang tidak memiliki keahlian teknis pemprograman.


Penggunaan CMS

CMS pada prinsipnya dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan dan dalam berbagai kondisi di antaranya sebagai berikut
- mengelola website pribadi
- mengelola website perusahaan
- portal atau website komunitas
- galery photo
- forum
- aplikasi E-Commerce, E-Learning, E-Government dan lain - lain.

CMS sebenarnya bisa Anda buat sendiri namun untuk membuatnya Anda harus mempunyai pengetahuan yang memadai tentang bahasa pemprograman dan database. hal tersebut tidak perlu Anda bingungkan karena sekarang sudah terdapat puluhan macam CMS baik kemersial maupun gratis atau istilahnnya open source. sebenarnya istilah lain dari CMS itu adalah Cara membuat website instan. bagi sebagian orang yang baru terjun dalam bidang web design atau dunia blogger terkadang sulit menentukan mau menggunakan CMS yang mana, apa kelebihan dan kekurangannya dan sebagainya. untuk itu saya akan menjelaskan ada 5 macam contoh CMS yang terpopuler sampai saat ini di antara nya sebagai berikut

1. Blogspot
media blog yang pertama kali di populerkan oleh blogger.com pada mula nya didirikan oleh pyralab sebelum akhirnya di beli oleh google.com di tahun 2002.  keunggulannya salah satunya sangat mudah dioperasikan hanya perlu mendaftar disitus blogger.com


2. Wordpress
CMS yang satu ini digunakan oleh begitu banyak website terutama web blog, CMS ini sangat cocok sekali digunakan untuk website berbasis news atau berita, kesederhanaan administrator side nya membuat CMS ini sangat faasih digunakan untuk pemula sekalipun. kemampuan templatingnya sangat digemari juga karena sangat mudah dimengerti. keunggulannya template wordpress dapat dirubah - rubah sekehendak hati dan dapat membuat template sendiri.
3. Drupal
drupal merupakan CMS yang pertama kali dikembangkan oleh Dries Buytaert sebagai sebuah sistem bulletin board. sekarang ini drupal banyak digunakan oleh website yang memiliki traffic tinggi dan memiliki tingkat penanganan sebuah website hirarki yang kompleks.
4. Mambo
mambo pada awalnya disebut mambo open source yang digunakan untuk membuat website melalui sebuah interface yang simple. mambo menyediakan fasilitas dan komponen seperti shopping chart, photo gallery, forum, dan lain - lain.
5. Joomla
kata joomla diambil dari sebuah kata suku swahili yang artinya menjadi kesatuan bisa dikatakan mempunyai kemampuan sama dengan mambo. joomla memang sempurna untuk ukuran CMS yang ada, tidak heran jika banyak sekali dukungan yang diberikan oleh developer dan programmer PHP yang turut membesarkan aplikasi CMS gratis ini.