Saturday, September 19, 2015

Cara Membuat Email dan Cara Mengirimkan File Lewat Email

Amda belum mempunyai email? atau Anda mau mendaftar facebook atau semacamnya tapi tidak bisa lantaran tidak mempunyai email. atau juga Anda ingin mengirim suatu file tapi tidak tau juga caranya. dan atau Anda ingin membuat email tapi tidak tau caranya, yap kali ini akan saya share kan kepada Anda bagaimana cara membuat email tersebut.

email merupakan suatu media penyampaian atau informasi dalam bentuk elekonik, atau bisa dikatakan sebagai surat elektronik. email memudahkan anda untuk mengirimkan kabar berita dari ujung dunia ke ujung dunia lainnya dengan mudah dan cepat, email mampu mengirimkan semua macam bentuk selain berbentuk barang yang keras atau bisa disentuh melainkan barang berbentuk software. misalnya adalah file foto atau semacamnya.

email ada 2 (dua) macam di dunia ini di kelompokkan berdasarkan perusahaan yang mendukungnya, yaitu email dari perusahaan google yang dinamakan gmail dan yang satu lagi email dari yahoo yang dinamakan ymail, masing - masing memiliki kelebihan dan kekurangan tentunya tergantung oleh penggunanya. menurut hasil survei saat ini email yang paling banyak diminati adalah email dari perusahaan google yaitu gmail, karena gmail mampu memberikan keamanan kepada penggunanya dan sangat cocok untuk dipakai sebagai login di media sosial. 

baik lah langsung saja saya jelaskan bagaimana cara membuat email tersebut. disini saya akan jelaskan bagaimana cara mendaftar di yahoo dan di google. pertama - tama kita akan mendaftar terlebih dahulu di google. langkahnya, buka lah web browser (apapun web browsernya yang terpenting bisa mengakses internet dengan lancar), lalu klik lah di URL nya dengan alamat webnya :

https://accounts.google.com/SignUp?service=mail&continue=https%3A%2F%2Fmail.google.com%2 Fmail%2F&ltmpl=default

maka akan muncul jendelah informasi di web browser Anda seperti yang terlihat di gambar di bawah ini.

lalu isi lah keseluruhan data form satu persatu, dimulai nama depan sampai dengan lokasi, lalu jika benar data yang Anda masukkan, langkah selanjutnya centanglah kata "saya menyetujui persyaratan pelayanan dan kebijakan privasi google". lalu lakukan konfirmasi dengan cara masukkan kode konfirmasi yang dikirimkan lewat HP Anda. maka akan muncul ucapan welcome menandakan Anda telah berhasil membuat email di google. seperti gambar dibawah ini. mudah bukan...


lalu bagaiman cara membuat email lewat yahoo massager, berikut caranya. pertama - tama silakan masuk terlebih dahulu ke alamat web nya :

https://login.yahoo.com/?.src=ym&.intl=id&.lang=id-ID&.done=https%3a//mail.yahoo.com

lalu akan muncul jendelah informasi seperti terlihat di gambar bawah ini.


lalu klik lah kata yang bertuisan seperti ini "daftar untuk account baru" maka akan muncul jendelah formulir pendaftaran untuk Anda isi. dan isi lah sesuai dengan data asli Anda dengan benar.


jika Anda sudah selesai mengisi formulir di atas dengan lengkap dan benar, klik lah tombol "buat account", maka akan muncul jendelah welcom atau selamat datang. bagaiman mudahkan cara membuat emailnya. sekarang Anda sudah memiliki email yang dapat Anda gunakan dimana pun, dan kapan pun. lalu bagaimana cara menggunakannya atau bagaimana cara mengirim - ngirim berkas atau file? jawaban nya gampang.

Cara Mengirim File
1. lewat gmail
pertama - tama buka email Anda, lalu klik tombol yang bertuliskan "tulis"


maka akan muncul jendelah pesan baru, isi lah kolom - kolom nya : "kepada" itu di tujuhkan untuk sesorang yang Anda ingin di informasikan, "subjek" merupakan judul atau maksud dari mengirim email tersebut, lalu untuk menyisipkan file Anda tinggal mengklik lampirkan file maka akan muncul jendelah open dimana tempat penyimpan file yang Anda maksud berada. gampangkan caranya.


2. lewat yahoo
lalu bagaimana cara mengirim file lewat yahoo, cara nya pertama - tama buka dahulu email Anda, lalu jika sudah terbuka klik lah compose untuk memulai nemulis pesan.


lalu untuk menyematkan file atau mengirimkan file tinggal Anda mengklik attachment options maka akan muncul jendelah search dimana menunjukkan lokasi atau tempat penyimpanan file yang Anda simpan.


nah, gampangkan caranya, selamat mencoba...semoga bermanfaat...amin.