Sunday, September 20, 2015

Cara Mengupload Video ke Youtube

video berasal dari kata latin yang memiliki arti "saya melihat", video merupakan suatu kumpulan gambar yang menghasilkan gerakan dan memiliki resulusi yang tinggi ketimbang foto tak bergerak. di zaman sekarang kita tidak asing lagi dengan video, bahkan video bisa kita buat sendiri. seperti misalnya video tentang memasak, kita sering membuat video nya seakan - akan kita adalah koki yang handal yang sedang memberikan tutorial atau semacamnya. lalu ada sebagian orang terbersik di hatinya ingin menguploadkannya ke internet, nah yang jadi pertanyaannya lalu bagaimana cara mengupload video nya dan ke mana menguploadkannya. ada banyak cara melakukannya atau juga menguploadkannya, dan cara ini sangat mudah. di internet yang paling terkenal sebagai tempat atau wadah penampungan video - video seluruh dunia adalah youtube. tapi tidak menutup kemungkinan di tempat - tempat lain, seperti misalnya facebook atau pun website Anda sendiri, semua bisa dilakukan. nah kali ini saya akan mensharekan cara mengupload video nya ke youtube.

pertama - tama pastikan dahulu Anda mempunyai email yang berbasis google+, email yang memiliki layanan google+ ini hanya dimiliki gmail. jika Anda belum memilik email di gmail, saya sarankan Anda untuk mendaftar dahulu ke gmail. jika Anda sudah memiliki gmail tidak perlu khawatir, karena dengan gmail Anda tidak perlu susah - susah melakukan sign in atau semacamnya di youtube. mengapa bisa, karena google+ memberikan layanan satu atap, seperti yang tertera pada gambar dibawah ini.

tapi jika Anda tidak ingin memiliki email di gmail tetapi masih ngotot ingin menguploadkan videonya ke youtube, itu tidak masalah ada alternatif satu lagi yaitu dengan cara mendaftar di akun google. keitika Anda "masuk" atau "sign in" di youtube Anda akan disuguhkan beberapa pilihan Anda tinggal pilih opsi "buat akun" maka akan muncul jendelah yang berisikan halaman formulir pendaftaran akun google. isi lah data tersebut dengan benar sesuai dengan data asli Anda.

jika Anda sudah memiliki akun google atau juga memiliki akun gmail, langkah selanjutnya Anda klik tombol masuk atau sign in. akan muncul jendelah login, isilah alamat gmailnya atau akun googlenya dan isilah password nya sesuai dengan password yang Anda ketikan ketika mendaftar atau sama seperti password email Anda. lalu jika sudah masuk ke beranda youtube Anda klik lah tombol upload yang ada di kanan atas, seperti tertera pada gambar berikut


kalau sudah maka akan muncul jendelah upload, di jendelah ini Anda tinggal mengklik "pilih file untuk diupload" maka akan muncul lokasi tempat Anda menyimpan file videonya, langkah selanjutnya Anda arahkan dimana lokasi file yang akan Anda upload tersimpan lalu tekan ok. seperti terlihat di gambar berikut.


lalu ikutilah saran yang ada pada halaman tersebut yang bertuliskan seperti ini "video anda masih diupload, buka terus laman ini hingga selesai", sambil menungguh uploadnya 100% Anda bisa mengisi data info dasarnya seperti judul, deskripsi, tag, tambahkan pesan di video anda, dan pilih lah tipe yang bisa melihat video Anda misal "publik". jika dirasa penting untuk mengatur setelan maka Anda tinggal mengklik setelan lanjutan. seperti tertera pada gambar berikut


jika sudah 100% komplit upload nya, dan Anda sudah mengisi semua data "info dasar" nya dengan lengkap dan sudah mengecek "seletan lanjutan", langkah selanjutnya Anda tinggal mengklik publikasikan seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


tunggu beberapa saat, maka akan ada tampilan akhir dari halaman tersebut yang memberikan informasi kalau video Anda sudah bisa di lihat di halaman youtube dengan judul "jalan - jalan ke pagar alam" dan beralamat seperti terlihat pada gambar dibawah ini yaitu "https://youtu.be/NFZOWpZV18Q".
bagaimana mudah bukan cara mengupload video ke youtube nya, selamat mencoba, semoga bermanfaat ... amin ...