Thursday, September 17, 2015

Cara Mudah Membuat Piagam

istilah piagam sering kali kita dengar ditelinga, piagam biasanya sering diberikan kepada seseorang yang telah menyelesaikan suatu pelatihan, kursus, atau juga perlombahan baik perlombaan antar sekolah, antar kabupaten, antar provinsi, antar kelas, atau juga antar siswa. piagam identik dengan sejenis ucapan penghargaan terhadap prestasi yang telah dicapai seseorang. nah kali ini saya akan mensharekan bagaimana cara membuat piagam dengan mudah. seringkali seorang panitia suatu acara atau pun guru bimbel kebingungan atau juga tidak memiliki inspirasi cara membuat piagam tersebut. untuk itu saya akan menjelaskannya agar kira nya bisa bermanfaat.

untuk memulai membuatnya tentu kita harus menyiapkan beberapa bahan, layaknya kita ingin memulai suatu pekerjaan. membuat piagam tidak lah sulit, hanya butuh kreatifitas Anda saja, dan tentunya disesuaikan dengan acara kegiatan yang di laksanakan, semisalnya pertandingan atau pun bimbingan belajar. ada pun bahan yang harus disiapkan adalah tentu software coreldraw nya atau boleh juga menggunakan microsoft publisher, tetapi untuk kali ini saya hanya menggunakan coreldraw saja. masalah versi fleksibel saja mau versi apa pun bisa, kebetulan saya menggunakan corel draw versi 12. selanjutnya siapkan gambar background piagam untuk mempermudah kerja Anda nanti, misal seperti contoh gambar dibawah ini.


sebenarnya banyak cara untuk membuat piagam penghargaan atau semacamnya. ada secara simple dan ada secara rumit dan semua itu relatif tergantung dengan orang yang membuat nya suka yang mana. kalau yang simple tinggal ditempel saja dan disusun teks demi tesk nya. sedangkan yang secara rumit di buat dari dasarnya dimulai dari membuat background pinggir nya sampai isi dalamnya di buat dari nol tanpa di tempel - tempel seperti mumbuat piagam secara simple tersebut. kebetulan untuk kali ini saya hanya menjelaskan bagaimana cara membuat piagam secara simple.

apabila kelengkapan sudah disiapkan semisalnya software coreldraw dan sebagainya yang telah saya jelaskan diatas, maka tinggal memulainya. pertama - tama ya sudah barang tentu buka software coreldraw nya dengan cara klik kanan pilih open atau klik kiri dua kali pada icon coreldraw tersebut. setelah terbuka software corel draw nya klik file pada menu bar pilih new atau boleh mengikuti contoh pada gambar di bawah ini dengan cara mengklik langsung icon new di toolbar untuk membuat halaman kerja baru.


maka akan terbuka halaman kerja nya, nah disini tempat Anda bekerja nanti. lalu langkah selanjutnya yaitu memasukan bingkai piagam yang Anda butuhkan, di atas telah saya perlihatkan contoh bingkai piagamnya. dengan cara klik file pilih import lalu cari lah lokasi atau tempat dimana Anda menyimpan contoh bingkai piagam tersebut tersimpan lalu klik ok.



selanjutnya isi lah bagian dalam pada bingkai tersebut dengan kalimat - kalimat yang mendukung semisalnya piagam ini untuk piagam pertandingan antar sekolah atau kabupaten, kebetulan disini saya akan contoh kan piagam gebyar smk antar semaku atau kepanjangannya seluma manna dan kaur. dengan cara klik lah teks tool pada tool box yang ada si samping kiri Anda atau klik langsung icon teks tool yang berlambang huruf ( A ) lalu drag atau blok kan lah ke bagian dalam piagam tersebut, di awali dengan membuat kalimat seperti berikut.

PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU SELATAN
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMK NEGERI 1 BENGKULU SELATAN
BIDANG KEAHLIAN BISNIS & MANAJEMEN, TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI, TEKNOLOGI SENI & PARIWISATA
JL. AHMAD YANI, IBUL KOTA MANNA TELP/FAX (0738) 21433

pastikan kalimat yang ada di atas tersebut berada tepat mendekati pinggir bagian atas nya bingkai piagam tersebut dengan posisi tulisan di tengah - tengah dengan menggunakan align center. jika sudah membuat teks tersebut langkah selanjutnya yaitu memasukan logo pemerintahan daerah setempat dan memasukan loga sekolah yang mengadakan perlombahan tersebut. dengan cara yang sama seperti Anda memasukan contoh bingkai piagam yang tadi yaitu dengan cara klik file pilih import lalu pilih lokasi tempat penyimpanan logo - logo tersebut. jika sudah dimasukkan, tinggal Anda susun logo nya ke tempat yang benar untuk logo pemerintahan daerah di letakkan di sisi kiri sedangkan logo sekolah diletakkan di sisi kanan pada teks di atas. 

sekarang kita lanjut ke teks berikutnya yaitu sebagai berikut

PIAGAM PENGHARGAAN
Nomor : 421.3/          /SMKN1/KS/2015

Kepala Sekolah Menengah Kejuruhan Negeri 1 Bengkulu Selatan memberikan piagam penghargaan kepada 
           Nama                               : ...................................................
           Tempat dan Tanggal Lahir : ...................................................
           Sekolah Asal                     : ...................................................
           Cabang Pertandingan         : ...................................................
           Juara                                : ...................................................
Atas prestasi yang telah dicapai pada kegiatan GEBYAR SMK dalam rangka memperingati Ulang Tahun SMK Negeri 1 Bengkulu Selatan yang ke 43 tahun 2015, yang diselenggarakan tanggal 16 - 20 Februari 2015. 
Demikian penghargaan ini dibuat semoga dapat menjadi motivasi dalam meraih prestasi pada masa yang akan datang.

kalimat di atas di letak kan sejajar setelah kop piagam yang tadi. untuk membuat kalimat di atas sama seperti cara membuat kalimat pada kop, yaitu menggunakan teks tool yang berlambangkan huruf ( ) di tool box. kalimat isi tersebut hanya lah contoh saja jika Anda tidak sama kasus nya dengan saya ya sudah barang tentu Anda bisa mengganti kalimat isi tersebut sesuai dengan yang Anda butuhkan. langkah terakhir adalah membuat tempat tanda tangan, disini yang menanda tangani untuk kasus saya adalah kepala dinas daerah setempat dan kepala sekolah, letaknya di sisi kiri tempat tanda tangan kepala dinas atau orang yang memilik pangkat atau kedudukan tertinggi sedangkan di sisi kanan tempat tanda tangan kepala sekolah atau ketua panitia yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan tersebut. dengan hasil akhir seperti contoh gambar di bawah ini.


untuk mencetak piagam nya ada 2 alternatif yang bisa Anda gunakan yang pertama Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu dalam bentuk jpeg dengan cara klik file pilih eksport lalu ikuti langkah - langkah nya, untuk mengeprinnya buka file jpeg tersebut lalu klik print dan ikuti lah langkah - angkah nya. cara kedua kllik file pilih print (ctrl + p) atau klik icon print di toolbar. selesai

selamat mencoba, semoga bermanfaat...Amin