Monday, September 21, 2015

Convert File atau Cara Mengubah File

convert file merupakan suatu tata cara mengubah format document word atau mengubah ekstensi file document word menjadi format atau ekstensi portable document format atau seriing kita kenal dengan singkatan PDF atau sebaliknya, atau sebagainya. convert kalau kita artikan sama artinya dengan mengubah. ada banyak macam convert dimulai dengan merubah dari format atau ekstensi document word (*.docx) ke format atau ekstensi portable document format (*.pdf), convert dari format pdf ke format excel, convert dari format pdf ke format jpg, atau convert dari word ke format pdf, dan sebagainya.

mungkin ada sebagian orang yang belum mengenal apa itu PDF. pdf pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan adobe system pada tahun 1993. yang digunakan untuk keperluan pertukaran document digital yang ditujukan supaya tampilan document dapat dibaca dan dicetak diberbagai sistem operasi dengan bentuk document yang sama persis dan tidak terdapat perbedaannya.

lalu bagaimana cara mengubah format file ke bentuk format file yang lainnya. baik lah kali ini saya akan mensharekan beberapa cara mengubah format file ke dalam format file lainnya.


1. Cara Mengubah Format Word ke Format PDF.

pertama - tama buka lah terlebih dahulu software Ms. Office Word versi apa saja (2003, 2007, 2010, atau 2013) tapi saya sarankan Anda memilih versi 2010 atau 2013 sebab di versi tersebut sudah tertanam aplikasinya tapi jika Anda tidak punya jangan khawatir, karena Anda bisa mendownloadnya. nama softwarenya "Save As PDF and XPS" atau download di bawah ini

Download Save As PDF and XPS

setelah Anda membuka Ms. Office Word nya ketik lah terlebih dahulu yang tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda, jika sudah selesai sekarang Anda klik office button yang berada di posisi pojok kiri atas. lalu pilih save as lalu pilih lah pdf or xps seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.


selanjutnya akan muncul jendelah publish as pdf or xps. di jendelah ini silakan Anda tentukan sendiri lokasi tempat penyimpanan berkas atau file tersebut, kalau sudah selesai klik lah tombol publish maka file Anda teah tersimpan dalam bentuk format PDF.


2. Cara Mengubah Format PDF ke Format Word

pertama - tama buka lah software convert pdf to word nya terlebih dahulu, jika Anda tidak memiliki software convert pdf to word ini Anda bisa mendownloadnya.


jika Anda sudah mendownloadnya serta sudah menginstallnya atau juga jika Anda sudah memilikinya sebelumnya, maka langkah selanjutnya akan muncul jendelah informasi seperti terterah pada gambar dibawah ini. jika muncul seperti tertera pada gambar tersebut langkah Anda selanjutnya mencari lokasi tempat penyimpanan berkas atau file yang akan Anda converter kan dengan cara klik browse yang terdapat disisi kiri atau di bawah yang terdapat tulisan seperti ini "select pdf file for conversion"


setelah Anda sudah memilih dan menentukan file yang akan di converter kan langkah selanjutnya Anda setting terlebih dahulu lokasi atau tempat penyimpanan setelah di converter kan dengan cara klik browse pada sisi kanan yang terdapat tulisan "output doc file", jika sudah merasa lebih dari pada cukup klik lah tombol yang bertulisan "convert to word document", maka hasil akhirnya akan menjadi file berformat word.


3. Cara Merubah Format PDF ke Format Excel

pertama - tama lakukan seperti cara merubah format pdf ke format word yang ada di atas, yaitu buka software convert pdf to excel nya terlebih dahulu. jika Anda tidak memiliki software convert pdf to excel jangan khawatir Anda bisa mendownloadnya, silakan download di link bawah ini.


silakan Anda download terlebih dahulu dan silakan di installkan, jika Anda sudah melakukannya langkah selanjutnya hampir sama seperti Anda melakukan converter pada convert pdf to word di atas, dengan cara klik tombol yang bertulisan "add file (s)" untuk membuka lokasi atau tempat penyimpanan file atau berkas yang akan Anda converter kan. jika Anda sudah memilih dan menentukannya, langkah selanjutnya silakan Anda tentukan juga tempat penyimpanan setelah selasai di converter kan dengan cara klik costomize lalu pilih lah lokasinya. seperti tertera pada contoh gambar berikut ini.


lalu langkah selanjutnya Anda tinggal mengklik tombol convert selected atau convert all semua itu tergantung dengan kebutuhan Anda. maka hasil akhir akan berubah mencadi file berformat excel.

sebenarnya masih banyak macam - macam converter atau merubah file, misalnya lagi merubah dari pdf ke bentuk gambar, karena keterbatasan maka saya cukupkan sampai disini dahulu nanti dilain waktu akan saya lanjutkan, insya allah. selamat mencoba ... semoga bermanfaat ... amin ...