Sunday, September 13, 2015

Cara Mengetahui Foto Asli atau Palsu

beberapa hari yang lalu, ada kehebohan di media sosial yang membuat sebagian orang meragukan kebenaran dari berita tersebut, berita tersebut berisi gambar - gambar negatif dari artis atau pun masyarakat lainnya. jika di kalkulasikan rata - rata korban penyalagunaan media sosial itu adalah 90% dari kaum wanita, dimana banyak sekali dipajangkan foto - foto yang wajib disensor. nah kali ini saya ingin membantu memecahkan masalah atau boleh dikatakan menengahi perkara mengenai apakah foto tersebut asli atau kah palsu. saya bukan ingin menggurui tapi hanya sekedar mensharekan saja dan semoga permasalah yang selama ini dipertanyakan oleh Anda atas kebenarannya dari suatu foto, bisa terobati atau justru bisa menjawab pertanyaan tersebut.

langsung saja, pertama - tama download lah foto yang Anda ragukan kebenarannya atau di save juga boleh, terserah Anda apa bahasa nya yang Anda gunakan. dengan cara klik kanan pada gambar lalu pilih atau opsi save. setelah gambar nya sudah terdownload atau tersimpan di folder komputer Anda. maka langkah selanjutnya buka lah folder explorer lalu cari lah tempat penyimpanannya atau lokasi Anda menyimpan file foto tersebut misal disini adalah favorite - download.

lalu langkah selanjutnya klik kanan pada file atau gambar atau foto tersebut dan pilih properties seperti gambar berikut.


setelah Anda mengklik properties maka akan muncul jendelah seperti gambar di bawah ini


setelah jendelah properties seperti di atas telah terbuka, langkah selanjutnya Anda kelik ke details maka akan muncul sederet informasi mengenai foto tersebut. informasi itu terbagi ke dalam 6 kelompok, yang pertama kelompok description yang terdiri dari title, subject, rating, tags, dan comments, jika di artikan kurang lebih seperti ini maksud nya : description sama artinya dengan cerita atau uraian atau paparan, title adalah judul dari foto, subject adalah bendanya, rating adalah peringkatnya, tags adalah halamn rekomendasinya dan comment adalah komentar mengenai foto nya, pada halaman description ini Anda bisa mengutak - atiknya.

lalu kelompok kedua ada origin yang terdiri dari authors, date taken, program name, data acquired, dan copyright. jika di artikan juga kurang lebih seperti ini maksud nya : origin sama artinya dengan keaslian. authors itu adalah penulis (disini kosong karena file dalam bentuk foto), data taken adalah tanggal foto di ambil (disini terterah tanggal 27 oktober 2012 yang lalu pukul 12.10), program name adalah nama dari program yang dijalankan, data acquired adalah data diperoeh dari mana, sedangkan copyright adalah hak cipta siapa.

kelompok ke tiga adalah image yang terdiri dari image ID, dimensions, width, height, horizontal resolution, vertical resolution, bit depth, compression, resolution unit, color representation, dan compressed bits/pixel. jika di artikan kurang lebih seperti ini maksudnya : image menyatakan tentang informasi gambar, image ID adalah keterangan gambar, dimension adalah ukuran dimensi gambar, width adalah lebar dari gambar, height adalah tingginya gambar, horizontal resolution adalah resolusi secara horizontal, begitu pula dengan vertikal,  bit depth adalah ukuran bit, compression adalah pemadatan, resolution unit ya unit resulusi, color representation adalah pemaparan warna, dan compressed bits/pixel adalah pemadatan ukuran gambar.


lalu bagaimana cara mengetahui kalau foto tersebut asli atau palsu, jawabannya terdapat pada kelompok ke empat ini yaitu camera, kelompok ini terdiri dari camera maket adalah kamera pembuat gambarnya disini tertera kamera dari Samsung, camera model adalah nama jenis atau tipe kameranya disini tipe dari HP GT-S6500D, f - stop adalah versi saat ini, exposure time adalah lamanya waktu memaparkan, ISO speed adalah kecepatan tampil, exposure bias adalah waktu pembiasan, focal length adalah titik fokus dari kamere tersebut, max aperture adalah maksimal pembukaan pada lensa, matering mode adalah cara pengukuran, subject distance adalah jarak benda yang difoto, flash mode adalah tipe lampu pijarnya, flash energy adalah sumber tenaga lampu pijarnya, dan 35 mm focal length adalah maksimal titik fokusnya.


kelmpok ke lima adalah advanced photo terdiri dari lens maker adalah lensa pembuat fotonya, lens model adalah model lensanya, flash maker adalah lampu pijar pembuat fotonya, flash model adalah model lampu pijar, camera serial number adalah kode keaslian kamera, contrast adalah kekontasan warnanya, brightness adalah kecerahannya, light source adalah sumber cahaya, exposure program adalah program pemepar, saturation adalah tingkat kejenuhan, sharpness adalah ketajaman, white balance adalah keseimbangan warna putih, photometric interpretation adalah interpretasi fotometrinya, digital zoom adalah ukuran pembesaran digitalnya, dan exif version adalah versi dari exif nya.


dan yang terakhir adalah kelompok ke enam yaitu file dikelompok ini menjelaskan lokasi file tersimpan, yang terdiri dari name adalah nama filenya, item type adalah tipe filenya, folder path adalah lokasi tempat disimpan, date created adalah tanggal tersimpannya file di folder tersebut, date modified adalah tanggal dimodifikasi, size adalah besaran ukuran file, attributes adalah kelengkapan, offline availability adalah ketersediaan secara offline, offline status adalah status offline nya, shared with adalah dibagikan dengan siapa atau bersama siapa, owner adalah pemilik file, computer ya disimpan di komputer siapa.

nah, sekarang Anda bisa menjadi layaknya seorang yang ahli telematika seperti roy suryo, perbedaan foto asli dan palsu hanya terletak pada kelompok ke empat yaitu camera jika terterah informasinya maka foto tersebut asli, tapi jika tidak terterah informasi maka bisa dipastikan foto tersebut palsu, atau editan atau potongan.

ada cara lain untuk mengetahui foto tersebut asli atau palsu yaitu dengan bantuan software yang bernama JPEG Snoop, hasilnya kurang lebih sama seperti bantuan dari properties, contohnya seperti gambar berikut.



selamat mencoba semoga bermanfaat...amin...