Wednesday, March 15, 2017

Cara Melukis Pantai Menggunakan Photoshop

hai semua...kali ini web tutorial ilmu komputer ingin berbagi informasi tentang bagaimana cara melukis permukaan pantai yang luas, namun sebelum itu saya ingin bertanya, adakah yang mustahil di dunia digital? Anda bahkan bisa melukiskan foto Anda di atas air dan ombak di pantai yang bertekstur artistik. ditambah lagi tekstur pasir di pantai sangat indah. terutama sakali riak ombak pantai yang datang dan pergi ke tepi pantai membuat pasir di pantai bertekstur gelombang - gelombang yang artistik. apa jadinya jika Anda melukis di pantai yang bertekstur indah itu?

jawabannya Anda bisa melakukannya dengan menggabungkan dua foto. yang Anda butuhkan adalah foto pantai yang akan dijadikan sebagai background dan foto utama yang akan menjadi lukisan di pantai itu. sebagai simulasi dalam tutorial ini saya menggunakan foto backgroundnya seperti tertera pada gambar di bawah ini. 


lalu bagaimana cara melakukannya. gampang sekali caranya. 

langkah pertama, silakan Anda buka dahulu aplikasi photoshopnya dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada icon photoshop yang berada pada desktop Anda atau start - all programs. 

jika sudah terbuka langkah ke dua, buka lah foto yang akan menjadi foto di layer background nanti dalam hal ini adalah gambar pantai, dengan cara arahkan kusor mouse Anda ke menu file lalu pilih open, cari file nya lalu klik open atau ok.

langkah ketiga buka sekali lagi foto yang akan menjadi foto utama di layer satu,dengan cara arahkan kusor mouse Anda lagi ke menu file pilih open lalu cari filenya setelah itu klik open atau ok.

nah sekarang foto nya sudah ada dua, selanjutnya untuk langkah ke empat, klik pada layer utama tekan Ctrl A ini untuk memilih semua bagian gambar, setelah itu Ctrl C untuk mengcopy atau menyalin gambar tersebut, lalu pindahkan foto utama tersebut ke layer background dengan cara klik layer background lalu tekan Ctrl V ini untuk menempelkan foto tersebut.

selanjutnya langkah ke lima, masih pada layer utama yang baru saja di pastekan tadi, arahkan kusor mouse Anda pada menu edit pilih transform lalu pilih distor, pada tahapan ini tugas Anda meratakan foto utama dengan permukaan air laut. dengan cara gerakan titik - titik di masing - masing pojok gambar untuk menyesuaikan perspektif foto utama dengan foto background. atau seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


jika sudah rapi dan sejajar dengan permukaan air laut kliklah tanda centang atau apply pada property bar. langkah berikutnya yaitu langkah ke enam, masih pada layer 1, arahkan kusor mouse Anda menu layer pilih add layer mask lalu pilih reveal all.

langkah terakhir atau ke tujuh, pilih gradient tool pada toolbox, dan pastikan bahwa foreground berwarna hitam sedangkan background berwarna putih. terapkan gradient di layer 1 mask dengan kreasi sesuka dan sesuai keinginan Anda atau Anda bisa mencoba berbagai kemungkinan dengan menggerakkan arah gradient dari satu sisi ke sisi lain sampai menemukan komposisi yang Anda suka. maka hasil akhirnya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.


maka kalau dilihat pada gambar di atas hasil akhirnya gambar utama sedikit lebih transparan menyatu dengan air lautnya dan seperti datar dengan permukaan air lautnya. nah, demikian lah tutorial tentang cara membuat lukisan di pantai. cukup mudah...bukan cara membuatnya. akhir kata saya ucapan sampai jumpa dan terima kasih semoga bermanfaat dan berguna...amin.