Friday, March 31, 2017

Cara Membuat Teks Extrude di CorelDraw

hai semua...apa kabarnya? baiklah kali ini web tutorial ilmu komputer akan mensharekan bagaimana cara membuat teks berbentuk tiga dimensi (3D) tapi menggunakan sebuah tool yang bernama Extrude pada coreldraw, disini Anda bisa menggunakan versi apa saja dan kebetulan saya menggunakan coreldraw versi x5. nama lengkap extrude di dalam coreldraw dikenal dengan nama interactive extrude tool yang berfungsi untuk menerapkan efek 3D sisi kedalaman dan ketinggian pada objek, fasilitas ini juga bisa diterapkan pada teks atau objek vektor lainnya. extrude dalam penerapan yang realnya dapat Anda temukan pada desain baju bergambar teks, mug, desain mobil dan lain sebagainnya. lalu bagaimana cara membuatnya? baik, langsung saja kita coba...cekidot...

sebelum memulai tentu siapkan terlebih dahulu aplikasi atau juga bisa disebut dengan nama program, coreldraw nya, sekali lagi dalam hal versi Anda bisa menggunakan versi apa saja. jika di komputer Anda sudah ada aplikasi coreldraw nya baik itu di notebook, laptop atau komputer PC. langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi coreldraw tersebut dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada icon corel draw tersebut di desktop komputer Anda atau bisa juga dengan cara lambat yaitu dengan klik start lalu pilih all program disini Anda akan menumukan banyak deretan folder tugas Anda cari folder coreldraw tersebut jika sudah ketemu buka dengan diklik lalu pilih coreldraw dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan open.

jika aplikasinya sudah terbuka arahkan kusor mouse Anda ke menu file lalu pilih new untuk membuat halaman kerja baru. jika sudah langkah ke tiga arahkan kusor mouse Anda ke toolbox yang berada disisi kiri jendelah lalu carilah text tool berlogokan huruf kapital "A" atau cara cepatnya cukup klik F8. lalu drakkanlah ke drawing page atau halaman kerja yang berbentuk seperti kertas yang berada di tengah - tengah jendelah. pada tahapan ini tugas Anda buatlah kata atau kalimat yang Anda inginkan kebetulan disini saya menggunakan kata "EXTRUDE" sebagai simulasi kita dalam tutorial ini. atau Anda bisa lihat gambar dibawah ini.


ada baiknya sebelum Anda membuat kata atau kalimat tersebut aturlah ukuran dan jenis teksnya terlebih dahulu. pada simulasi ini saya menggunakan jenis font nya yairu arial dan ukuran font nya 150 pt.

jika sudah selesai membuat kata atau kalimatnya langkah ke empat yaitu arahkan kusor mouse Anda ke pick tool terlebih dahulu yang berada di toolbox lalu klik kanan pada kata atau kalimat yang telah Anda buat tadi lalu pilih convert to artistic text.

langkah ke lima arahkan lagi kusor mouse Anda ke toolbox lalu carilah interactive extrude tool yang berada dalam kelompok blend lalu kliklah tanda panah kecil disudut kanan bawah icon blend tersebut lalu pilih extrude. pada tahapan ini tugas Anda tariklah objek yang berbentuk titik - titik yang berada persis dibawah kata atau kalimat tersebut, kemana saja Anda mau, dalam simulasi ini saya menariknya ke arah bawah teks. atau Anda bisa lihat pada gambar dibawah ini.


untuk lebih ideal aturlah tingkat kedalamannya dengan menarik node atau objek berbentuk kotak berwarna kuning dan berteks node, terlihat pada gambar di atas. kemudian masih pada tahapan ini aturlah model extrude, kedalaman, perputaran, pewarnaan, bevel, dan pencahayaan yang Anda inginkan. dengan cara arahkan kusor mouse Anda ke property bar dan mulailah mengeditnya dengan sepenuh hati Anda. atau Anda bisa memulai dari penjelas di bawah ini.

penjelasan property bar extrude



preset list untuk menambah dan membuang preset extrude
extrusion type untuk memilih tipe extrude
depth untuk menentukan kedalaman
extrude rotation untuk menentukan rotasi extrude
extrusion color untuk menentukan pewarnaan
extrusion bevels untuk menentukan bevel
extrude lighting untuk mengatur pencahayaan

jika sudah semua Anda atur maka hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini


nah, itulah tutorial bagaimana cara membuat teks extrude, Anda pun bisa menerapkanya pada beberapa objek desain kesayangan Anda. demikianlah yang dapat saya sharekan semoga berguna dan ada manfaatnya...amin.