Thursday, March 16, 2017

Mengenal Macromedia Flash dan Sejarahnya

Hai semua...kali ini ada yang baru nih, web tutorial ilmu komputer sedang berbaik hati ingin membuka dan mengupas tentang flash selama ini saya berat memberitahukannya, nah pada kesempatan kali ini saya bagikan kepada Anda semua. baik kali ini tema pembahasan kita adalah mengenal terlebih dahulu apa itu flash dan bagaimana sejarahnya. baik lah di cekidot ya...

menurut buku terbitan yrama widya mengatakan bahwa macromedia flash adalah sebuah program multimedia dan animasi yang keberadaannya ditujukan bagi pecinta desain dan animasi untuk berkreasi membuat aplikasi - aplikasi unik, animasi - animasi interaktif pada halaman web, film animasi kartun, presentasi bisnis maupun kegiatan. selain itu dengan beberapa fasilitas yang telah tersedia baik berupa tool standar sampai dengan bahasa pemrograman seperti action script Anda bisa membuat game - game yang sangat menarik. berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini berekstensikan *.swf dan dapat diputar di web browser yang telah di pasang adobe flash player. 

sedangkan menurut wikipedia mengatakan bahwa flash di desain dengan kemampuan untuk membuat animasi dua dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, cd interaktif, dan lain sebagainya. selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi - aplikasi web lainnya. 

nah berikut kelebihan dari macromedia flash menurut pengarang anggra yr diantaranya:
1. seorang pemula yang masih awam terhadap dunia desain dan animasi dapat mempelajari dan memahami macromedia flash dengan mudah tanpa harus dibekali dasar pengetahuan yang tinggi tentang bidang tersebut

2. pengguna program macromedia flash dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi membuat animasi dengan gerakan luwes sesuai dengan alur adegan animasi yang dikehendakinya.

3. macromedia flash ini dapat menghasilkan file dengan ukuran kecil. hal ini dikarenakan flash menggunakan animasi dengan basis vektor dan juga ukuran file flash yang kecil ini dapat digunakan pada halaman web tanpa membutuhkan waktu loading yang lama untuk membukanya.

4. macromedia flash menghasilkan file bertipe atau berekstensikan FLA yang bersifat fleksibel, karena dapat dikonversikan menjadi file berekstensikan swf, html, gif, jpg, png, exe, dan mov. hal ini memungkinkan penggunaan program macromedia flash untuk berbagai keperluan yang Anda inginkan.

selain kelebihan di dalam flash terdapat teknik - teknik yang dimiliki flash diantaranya flash mampu diberikan sedikit kode pemrograman yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada di dalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti html, php dan database dengan pendekatan xml, dapat dikolaborasikan dengan web, karena file outputnya berukuran kecil. 


Sejarah Macromedia Flash

berawal dari tahun 1980-an sang penemu yang bernama Jonathan Gay yang pada masa itu masih sma dan mengajukan atau mengikutsertakan dalam ajang pameran saint sekolah yang dikenal dengan nama superpaint dan ia memenangkannya. setelah itu ia di lamar oleh perusahaan silikon beach software lewat pengembang program bernama Jackson Gay, hingga ia menyelesaikan kuliahnya. setelah gay lulus kuliah, pada januari 1993, ia mendirikan perusahaan sendiri yang bernama futurewave software dengan produk yang dijual bernama smartketch sejenis pena yang dapat di tuliskan di media komputer.

kemudian pada tahun 1995 tim gay menciptakan aplikasi yang bernama futuresplash animator dengan menambahkan fitur animasi dan java pada smartketch. nah aplikasi ini lah versi pertama dari aplikasi flash yang Anda gunakan sekarang. lalu singkat cerita pada bulan november 1996 macromedia membeli produk tersebut dan mengganti namanya menjadi lebih singkat yaitu flash, macromedia juga memperkerjakan jonathan gay sebagai technology vice president.

setelah macromedia mengembangkan dalam beberapa dekade, lalu pada akhir tahun 2005 adobe  systems mengakuisisi macromedia termasuk program flash dan pada tahun 2007 adobe merilis versi baru yang dikenal dengan adobe flash cs3 sebagai bagian dari adobe creative suite paket.

nah, demikian lah artikel mengenai tentang macromedia flash dan sejarahnya, semoga berguna dan ada manfaatnya...amin