Monday, March 13, 2017

Cara Membuat Foto di Bola Dunia pada photoshop

hai semua....minggu - minggu ini web tutorial ilmu komputer selalu bertemakan photoshop nih, maklum lagi senang mengotak - atik photoshop dan foto - foto kelamaan..hehehe. nah kali ini saya ingin membingkai tapi masih bingung mau dibingkai dengan apa. singkat cerita saya mempunyai foto globe, nah membingkai dengan cara ini foto akan lebih hidup dan berseni. kalau kita berbicara soal bingkai, maka yang paling lazim di pakai untuk membingkai sebuah foto adalah dengan memberi aksen pada batas tepi sebuah foto. kalau kita merujuk pada asal kata dan pengertiannya maka bingkai sering disebut dengan pigura yang merupakan tepi dekoratif yang dibuat untuk memasang, melindungi, dan memajang sebuah gambar, foto atau lukisan serta bentuknya persegi panjang dan oval. kali ini saya ingin membagikan informasi bagaimana cara membuat foto di bola dunia atau globe dengan menggunakan aplikasi photoshop...yuk cekidot.

untuk memulai pekerjaan kita terlebih dahulu siapkan foto globe atau bola dunia yang ada tangkainya lalu berikutnya jelas foto utama yang akan Anda bingkai dengan foto globe tersebut.

jika sudah siap fotonya, pertama - tama kita buka dahulu aplikasi photoshop nya dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada ikon photoshop. apabila telah terbuka aplikasinya bukalah foto globe untuk sebagai foto background dengan cara klik menu file pilih open lalu cari foto tersebut lalu ok.

langkah ke dua, buka lah foto utama dengan cara yang sama yaitu klik menu file pilih open dan cari fotonya lalu klik ok. dalam simulasi ini saya menggunakan foto seperti tertera pada gambar dibawah ini.


jika foto ke dua - duanya telah terbuka, silakan Anda cermati dahulu ukuran foto background (globe) dengan cara klik menu image lalu pilih image size. pada silumasi ini ukuran foto globenya width dan height nya sama - sama 3,125 inche. jika sudah Anda cermati tutup kembali jendelah dialog tersebut.

langkah ke empat, arahkan kusor mouse Anda ke toolbox dan pilih elliptical marquee tool. ubahlah settingannya, pada style ubah menjadi fixed size, width 12,88 cm, height 12,88 cm, lalu terapkan pada foto utama, jika sudah tekan Ctrl C.

langkah ke lima, tekan Ctrl N untuk membuat dokumen baru, buat lah ukuran kanvasnya menjadi 14,88 cm x 14,88 cm lalu tekan Ctrl V

langkah ke enam, arahkan kusor mouse Anda ke toolbox lalu carilah magic wand tool, kliklah pada bagian yang kosong pada kanvas tersebut. setelah itu tekan Ctrl Shift I untuk membalik pilihan sehingga daerah yang dipilih hanyalah daerah lingkaran saja.
langkah ke tujuh, arahkan kusor mouse Anda ke menu filter lalu pilih distort kemudian pilih spherize ubahlah menjadi 50% atau sesuaikan dengan keinginan Anda.

langkah ke delapan, dalam posisi gambar masih dalam lingkaran pilihan, pilihlah menu layer lalu layer style, lalu blending option. berilah tanda centang pada bevel and emboss dan juga pada inner shaddow.

kliklah pada bevel and emboss dan ubahlah settingannya, pada group structure ubah size menjadi 200 px, dan pada group shading ubahlah angle -30, shadow mode opacitynya menjadi 40%.

kliklah pada inner shadow dan ubahlah settingannya pada group structure ubah opacity menjadi 50%, distance 10 px, dan size 15 px, jika sudah semua klik ok.

langkah ke sembilan, tekan Ctrl J untuk menduplikatkan layer background, sebelumnya klik dahulu layer backgroundnya.

langkah ke sepuluh, kembali ke layer foto utama, pilih menu layer lalu pilih flatten image. jika semua layer menyatu, tekan Ctrl C, dan tekan Ctrl V pada layer yang ada gambar globenya.

langkah sebelas, arahkan kusor mouse Anda pada menu edit, lalu pilih transform lalu pilih scale untuk menempatkan posisi dan ukuran foto utama di atas foto globe. dan kemudian klik lagi menu edit pilih transform lalu pilh rotate

langkah terakhir, dua belas, klik menu layer pilih layer style lalu pilih outer glow ubahlah blend mode menjadi color dodge, opacity 35%, spread 10 % size 174 px, dan range 50%.

maka hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.


nah, cukup mudah..bukan. sekarang foto kelamaan menjadi lebih menarik dan bernilai seni, silakan mencoba, dan demikianlah tutorial yang dapat saya bagikan kepada Anda semua. semoga berguna dan ada manfaatnya...amin.