Sunday, March 12, 2017

Cara Membuat Mata Berwarna Pelangi Dengan Menggunakan Photoshop

hai semua...kali ini web tutorial ilmu komputer ingin berbagi tentang bagaimana cara memberikan efek warna pelangi pada bola mata di salah satu koleksi file foto yang kita miliki. nah, foto yang di beri efek ini akan tanpa lebih formal dan juga indah tentunya, kata pelangi sering kita jumpai dalam kehidupan sosial dan tentu kita juga sudah sering melihatnya bukan...menurut beberapa artikel yang pernah saya baca baik di internet maupun wikipedia, pelangi itu merupakan gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. lalu bagaimana hasilnya kalau kita letakkan pelangi di bola mata kita, nah di web tutorial ilmu komputer ini akan mewujudkannya, seperti apa yang dikatakan dalam lagu "ada pelangi di bola mata mu". lalu bagaimana cara membuatnya.

yuk langsung saja kita membuatnya, oy sebelum memulai alangkah baiknya Anda memilih terlebih dahulu file foto yang akan Anda edit, lalu siapkan juga program photoshop di atas versi CS5 atau lebih bagus lagi menggunakan CC. kebetulan saya dalam simulasi ini menggunakan photshop versi CS6. jika sudah silakan cekidot penjelasannya dibawah ini...

langkah pertama, tentu buka dahulu program Photoshop CS6 dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada ikon photoshopnya. jika sudah terbuka lalu arahkan kusor mouse Anda ke menu file pilih new atau juga langsung saja pilih open dan cari lokasi penyimpanan file foto nya lalu klik ok. misal dalam simulasi ini saya menggunakan foto di bawah ini.


selanjutnya langkah ke dua, arahkan kusor mouse Anda kembali ke toolbox lalu pilih dan cari fasilitas yang bernama ellip tool, biasanya pada toolbox terlihat yang fasilitas awalnya saja yaitu kelompok rectangle. caranya klik kanan pada kelompok rectangle ini maka akan keluar beberapa pilihan, jika sudah terlihat pilihannya, pilih lah ellip tool tersebut. drag ke mata sebelah kiri terlebih dahulu kemudian lakukanlah penyetinggan atau pengeditan pada pengaturan ellip tool ini diantaranya ubahlah pick tool mode ellip menjadi shape, set shape fill type menjadi gradient, specify gradient style menjadi angle, set shape stroke width menjadi 3 pt, atur juga ukuran set shape width menjadi 146 dan set shape height menjadi 146 juga. atau lebih jelas lihat gambar di bawah ini.


jika berhasil maka akan terdapat dua layer yaitu layer background dan layer ellip. langkah selanjutnya atau langka ke tiga, ubahlah blending mode nya dari normal menjadi color. setelah itu tinggalkan sebentar kita beralih ke mata sebelah kanan nya lagi. untuk mata yang kanan lakukanlah sama seperti membuat mata sebelah kiri atau ikuti langkah nomor dua dan langkah nomor 3. singkat cerita kembali memakai ellip dan menyetingnya.

langkah ke empat, pada posisi ini jumlah layer telah ada tiga layer yaitu layer background, layer ellip1, dan layer ellip2. buatlah layer mask pada layer ellip1 dan layer ellip2 dengan cara mengklik bagian bawah pada layer yang bertulisan add vektor mask atau klik menu layer - layer mask - apply.

langkah ke lima, arahkan kuros mouse Anda pada toolbox lalu pilih brush tool, bersihkanlah bercak - bercak warna yang tidak di butuhkan pada bola mata, klik layer ellip1 untuk mata sebelah kiri, klik layer ellip2 untuk mata sebelah kanan. maka hasil akhirnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.


nah, sekarang foto Anda menjadi lebih bernilai seni. demikianlah tutorial cara membuat mata pelangi dari saya, selamat mencoba, semoga berguna dan bermanfaat...amin.