Friday, March 17, 2017

Cara Membuat Prangko di Photoshop

hai semua...kali ini pembahasan kita sangat hebat, kenapa hebat? ya ini semua berkaitan dengan prangko. lalu apa hungungannya, karena prangko, tidak sembarangan orang bisa muncul sebagai gambar di prangko. hanya orang - orang yang dianggap istimewa di sebuah negara yang bisa tampil di prangko. sedangkan kita? (hehehe) namun kali ini web tutorial ilmu komputer ingin memberikan sedik informasi tentang cara membuat prangko dan mewujudkan impian Anda menjadi kenyataan dan masuk sebagai gambar di prangko, jadi tidak harus menjadi presiden atau tokoh - tokoh ternama agar foto Anda tampil di prangko. karena Anda bisa membuat foto prangko sendiri.

nah, jika kita merunut ke pengertiannya atau juga sejarahnya, maka prangko merupakan secarik kertas berperekat sebagai bukti telah melakukan pembayar untuk jasa layanan pos, seperti halnya mengirim surat. prangko pertama kali diperkenalkan pada tanggal 1 mei 1840 di Britania Raya sebagai reformasi pos oleh Rowland Hill. oleh karena itu sampai sekarang britania raya mendapat perlakuan khusus, negara ini satu - satunya negara yang tidak perlu mencantumkan nama negara di atas prangko. lalu bagaimana caranya? caranya mudah, berikut ini langkah - langkahnya.

langkah pertama bukalah aplikasi photoshopnya terlebih dahulu, dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada ikon photoshop. lalu tunggu hingga terbuka.

langkah ke dua arahkan kusor mouse Anda ke menu file pilih open lalu cari foto yang akan di olah jika sudah ketemu klik open atau klik ok.

langkah ke tiga tekan lah tombol Ctrl J sebanyak tiga kali. dalam posisi kali ini foto tersebut terdiri dari empat layer yaitu layer background, layer 1, layer 1 copy, layer 1 copy 2.

langkah ke empat ubahlah blending mode pada layer 1 copy 2 dari normal menjadi linear light.

langkah ke lima ubahlah blending mode pada layer 1 copy dari normal menjadi difference dengan opacity 64% atau sesuaikan dengan keinginan Anda.

langkah ke enam masih pada posisi layer 1 copy, arahkan kusor mouse Anda ke menu filter pilih filter galleri kemudian pilih artistic lalu pilih cut out. aturlah setting filter cut out ubah number of levels menjadi 8, edge simplicity menjadi 0, dan edge fidelity menjadi 3. jika sudah tekan tombol ok.

langkah ke tujuh, sembunyikan layer background dengan cara mengklik ikon mata pada leyer tersebut. 

langkah ke delapan, pilihlah layer 1 ubahlah opacitynya menjadi 30%. lalu arahkan kusor mouse Anda ke menu image pilih adjustment lalu pilih threshold. aturlah level threshold menjadi 130 atau sesuai dengan yang Anda inginkan. dan upayakan agar detil gambar masih terlihat lalu jika sudah ditentukan klik ok.

langkah ke sembilan untuk memberikan bidang tepi perbesarlah ukuran kanvas masing - masing 6 centimeter dengan cara arahkan kusor mouse Anda ke menu image pilih canvas size lalu tambahkanlah pada leber dan tingginya masing - masing enam centimeter.

langkah ke sepuluh, arahkan kusor mouse Anda pada toolbox pilih custom shape tool. pada menu shape yang terletak di atas atau properti bar, pilihlah bentuk stamp 1. apabila di shape tool Anda tidak ada bentuk stamp 1, maka saya sarankan Anda untuk dapat mendownloadnya terlebih dahulu atau Anda bisa lihat bagaimana cara menambahkannya pada halaman yang pernah saya bahas tempo hari. atau klik link berikut. 


lalu terapkan shape tersebut mengelilingi gambar utama tapi tidak memenuhi seluruh kanvas.

langkah ke sebelas. tempatkan layer shape 1 di bawah posisi layer 1.

langkah ke dua belas, ubahlah warna layer shape 1 dengan cara klik dua kali pada layer shape 1, lalu pilihlah warna yang sesuai dengan keinginan Anda. sangat disarankan agar memilih warna terang seperti putih atau krem. dalam simulasi ini saya memilih warna bernilai hex F6FBDF.

langkah ke tiga belas, klik kanan pada layer shape 1 pilih blending options lalu berikan aksen drop shadow ubahlah distance menjadi 9 px, spread menjadi 28 %, dan size menjadi 9 px.

langakah ke empat belas buatlah tulisan yang biasanya muncul dalam prangko seperti harga, nama prangko dan nama objek yang muncul di prangko tersebut. Anda bisa menggunakan horizontal type tool untuk membuat tulisan tersebut. dan juga bisa memanfaatkan fasilitas transformasi gambar yang bisa Anda akses di menu edit pilih transform.

maka jika sudah dan berhasil hasil akhirnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.


nah, bagaimana cukup mudahkan, sekarang Anda bisa mengkreasikan gambar prangko Anda dengan gambar apabun dan dengan harga berapa pun. baiklah, demikian saja tutorial tentang bagaimana cara membuat prangko di photoshop yang dapat saya sharekan kepada Anda semua, semoga ada manfaatnya dan berguna...amin.