Saturday, March 11, 2017

Cara Membuat Foto Mural di Photoshop

hai semua...web tutorial ilmu komputer kali ini ingin berbagi informasi lagi nih berkaitan dengan bagaimana cara membuat foto mural di photoshop. mungkin sebagian orang masih banyak yang belum mengetahui apa itu mural. menurut beberapa artikel, dan juga wikipedia mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

seni mural ini hampir mirip dengan grapiti, bedanya hanya pada cat yang digunakan. kalau grapiti lebih identik dengan cat semprot sedangkan mural segala macam cat selain cat semprot. seni mural belakangan marak di beberapa kota besar di negara kita bahkan sudah meluas hingga ke sekolah - sekolahan di pedesaan ataupun di kabupaten. tembok - tembok kota dan sekolah kini dilukis dengan menarik dan apik. lalu bagaimana kalau foto Anda terpampang dengan menarik di tembok kota atau sekolah? tentu gembira sekali bukan, nah itu tidak mustahil, web tutorial ilmu komputer akan mewujudkannya, akan tetapi dengan cara merekayasa fotonya lewat software photoshop dan Anda pun nantinya akan dapat mensharekannya ke media sosial jika berhasil mengikuti tahapan - tahapan yang akan saya bagikan ini.

sebelum Anda memulainya yang Anda butuhkan hanya dua foto saja. foto yang pertama adalah foto tembok atau yang lebih bagusnya foto dinding yang masih terlihat batu batanya. sebaiknya foto tersebut mempunyai tekstur dan diambil dari sudut pandang yang berperspektif. foto ini akan saya jadikan sebagai foto backgroundnya. dalam simulasi ini foto backgroundnya saya ambil foto sebuah dinding atau tembok yang terbuat dari batu bata ekspos.


lalu untuk foto kedua, tentu saja foto yang akan saya jadikan sebagai lukisan di dinding atau tembok tersebut, dalam simulasi ini saya masukkan foto Istana Maimun di Medan.


baiklah, untuk langkah pertamanya tentu saja kita harus membuka terlebih dahulu software photoshopnya dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada ikon photoshopnya. lalu buat document baru dengan cara klik file pilih new lalu klik ok.

langkah ke dua, bukalah foto yang akan menjadi foto background pada simulasi Anda dengan cara klik menu file pilih open, carilah lokasi foto tersebut tersimpan lalu klik ok. kemudian untuk foto utamanya lakukan lah lagi seperti cara membuka foto background tersebut.

langkah ke tiga, klik di layer utama lalu tekan Ctrl A untuk memilih semua gambar lalu copy dengan cara tekan Ctrl C. alihkan kusor Anda ke foto background lalu tekan Ctrl V untuk menempelkan foto utama ke foto background.

langkah ke empat, pilih layer 1 (foto utama) arahkan kusor ke menu Edit - Transform - Distrort tujuannya untuk membentuk gambar perspektif pada gambar utama yang sesuai dengan background. aturlah gambar sesuai lekuk batu bata  jika sudah cocok tekan tombol commit. lalu tekan Ctrl J.

langkah ke lima, di layer 1 copy ubahlah blending mode menjadi color, sedangkan di layer 1 ubahlah blending modenya menjadi overlay dengan opacity 65 atau sesuaikan dengan desktop komputer Anda.

langkah ke enam, masih di layer 1 arahkan kusor mouse ke menu Image - Adjustment - Threshold, aturlah threshold level-nya menjadi 145 atau sesuaikan dengan keinginan Anda lalu tekan ok. jika berhasil maka hasil akhir rekayasa ini akan terlihat seperti gambar dibawah ini.


nah demikian tutorial dari saya, selamat mencoba, semoga apa yang saya sharekan ini berguna dan bermanfaat bagi Anda semua...amin.