Sunday, March 12, 2017

Cara Menambahkan Objek Pelangi Pada Sebuah Foto di Photoshop

hai semua...hari ini hari yang begitu cerah, karena cerahnya berdampak juga pada web tutorial ilmu komputer. saya hari ini lagi senang membuat foto dengan tema pelangi, ya objek pelangi, tapi kali ini agak sedikit beda tidak lagi pada mata melainkan pada background objek yang di foto. sifat pelangi yang kali ini sebagai penambahan hiasan pada suatu foto pemandangan saja. hasilnya akan memberikan kesan momen yang indah, romantis dan juga realistik. dengan kata lain foto biasa akan menjadi hidup kesan momen nya. lalu bagaiman cara membuatnya. baiklah sebelum Anda memulai sebagai pesan awalnya, saya sarankan Anda menggunakan aplikasi photoshop versi CS6 ke atas dan yang lebih bagus adalah CC, jika tidak punya maka secara otomatis Anda tidak dapat mengikuti langkah - langkah yang akan saya berikan nanti. jika Anda bertanya kenapa, jawabnya karena CS6 memiliki fasilitas tambahan yang lebih komplit dari pada versi sebelumnya disini kita akan menggunakan russell rainbow gradient yang hanya ada pada versi CS6 ke atas dan tidak dimiliki versi sebelumnya.

jika Anda punya aplikasi tersebut, kita langsung melangkah pada tahapan pertama yaitu tentu buka dulu aplikasi photoshopnya dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open, tunggu beberapa saat kemudian jika sudah muncul Anda bisa langsung memasukan foto atau membuat halaman dokumen baru. caranya klik menu file pilih new untuk membuat dokumen baru atau pilih open untuk membuka foto lalu cari foto yang Anda inginkan dan klik ok. misal dalam simulasi ini saya menggunakan foto di bawah ini.


langkah ke dua, buat layer baru dan beri nama misalnya "pelangi". 

langkah ke tiga, masih bekerja pada layer peangi, arahkan kusor mouse Anda pada toolbox dan pilih gradient tool ubah lah pengaturannya dengan cara klik gradient picker lalu pilih setting, kemudian pilih special effects maka akan muncul jendelah kecil lalu pilihlah "append". setelah append di klik secara otomatis akan muncul russell rainbow gradient di gradient picker, lalu pilihla russell rainbow gradient tersebut. jika sudah geser kesampingnya pilih radial gradient untuk membuat objek pelanginya bulat atau melingkar. 

langkah ke empat, drak lah ke foto dan aturlah besar kecilnya lingkaran pelangi tersebut. 

langkah ke lima, ubah blending mode nya dari normal menjadi screen ini berfungsi untuk membuat pencahayaan pada pelangi nya sedikit transparan dan bersinar.

langkah ke enam, klik kanan pada layer pelangi lalu pilih Convert to Smart Object lalu terapkan gaussian blur dengan cara arahkan kusor mouse Anda ke menu filter di bagian atas jendelah filter tersebut pilih blur kemudian pilih gaussian blur. ubahlah radius nya menjadi 60 pixel atau sesuaikan dengan keinginan Anda dan keadaan fotonya.

langkah ke tujuh, tambahkan lah layer mask pada layer pelangi tersebut dengan cara klik ikon layer mask di bagian bawah panel layer. lalu klik lah layer mask yang berada di samping layer pelangi selanjutnya ubahlah gradientnya menjadi foreground to tranparent, geser ke sampingnya ubahlah menjadi linear gradiant. dan terapkan lah pada objek yang ingin ditutupi. sebatas ini posisi layer seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.


tutupi lah objek yang tidak di inginkan dengan menggunakan layer mask ini, jika Anda perhatikan pada gambar di atas maka layer mask ditunjukkan dengan kotak hitam sebagian tersebut. jika berhasil maka hasil akhirnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.


dimana posisi pelanginya hanya terlihat sebagian yaitu hanya bagian atasnya saja dan berada tepat di atas Istana Maimun medan. nah demikianlah tutorial yang dapat saya buat, selamat mencoba semoga berguna dan bermanfaat...amin