Thursday, March 16, 2017

Mengenal Animasi dan Teknik Dasarnya

hai semua...pada page sebelumnya saya telah mengenalkan apa itu flash dan sejarahnya, nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang apa itu animasi dan teknik dasarnya animasi tersebut. menurut beberapa orang animasi itu adalah sesuatu yang sering kali kita temui, seperti di televisi dalam bentuk iklan - iklan komersial, bumber - bumper acara televisi hingga di dalam dunia virtual berupa animasi di dalam video game atau pun berupa animasi pada web. oleh karena itu lah kata animasi pun sudah tidak asing lagi di telinga kita. namun, tahukah Anda apa sebenarnya yang dimaksud dengan animasi itu?

kata animasi diambil dari bahasa latin yaitu anima yang artinya jiwa, hidup, nyawa, semangat. animasi itu sendiri memiliki arti yaitu gambar dua dimensi yang seolah - olah bergerak karena kelemahan mata yang selalu menyimpan atau mengingat di otak berupa imajinasi yang terlihat sebelumnya. dalam animasi kartun, animasi diartikan sebagai sekumpulan gambar yang berubah sedikit demi sedikit, apabila ditampilkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu. 

ketika kita berbicara tentang animasi, maka tidak terlepas pula pembicaraan kita dengan program atau aplikasi flash itu sendiri. pada dasarnya terdapat dua teknik animasi di dalam program flash ini yaitu animasi frame by frame dan animasi tween.


A. animasi frame by frame

teknik animasi ini merupakan teknik yang cukup kompleks dan rumit. hal ini disebabkan pada animasi frame by frame. setiap frame pata timeline terisi oleh keyframe - keyframe yang di dalamnya terdapat objek - objek yang berbeda. sederhananya teknik animasi ini hampir sama sepert teknik pembuatan film kartun di zaman dulu ketika belum terdapat alat - alat secanggih komputer. dimana untuk menghasilkan sebuah animasi, sang animator harus membuat objek yang berjumlah lebih dari satu gambar atau objek yang berbeda, baik itu ukuran maupun posisinya. animasi frame by frame memiliki kekurangan dikarenakan Anda harus membuat objek - objek dengan bentuk dan atau posisi yang berbeda pada setiap keyframe untuk menghasilkan suatu gerakan animasi yang bagus. namun, untuk sebagian orang yang cukup mempunyai kemampuan dan ketelitian , animasi jenis inicukup menjadi favorit bagi mereka. hal itu disebabkan karena dapat mengoptimalkan teknik animasi tersebut. Anda dapat menghasilkan suatu animasi dengan gerakan yang mulus dan detail. namun, itu semua tergantung dari selera setiap pribadi masing - masing.


B. Animasi Tween

teknik animasi tween dapat dikatakan jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan teknik aniamsi sebelumnya atau animasi frame by frame. pada teknik ini Anda tidak perlu membuat objek satu per satu pada setiap framenya. konsep dasar dan animasi tween ini adalah Anda hanya perlu membuat paling sedikitnya menempatkan objek di dua keyframe yaitu pada keyframe awal dan keyframe terakhir, sedangkan objek - objek yang berada di antara keyframe awal dan keyframe terakhir tersebut akan diatur secara otomatis. satu hal yang perlu diperhatikan bahwa satu objek yang dianimasikan membutuhkan satu layer untuk menempatkan objek tersebut. pada program aplikasi flash terdapat dua jenis animasi tweening yaitu motion tween dan shape tween.

1. animasi motion tween

sesuai dengan namanya yang terdapat pada kata motion yang memiliki arti pergerakan. jadi, pada intinya teknik animasi ini berhubungan dengan pergerakan suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. oleh karena jenis objek yang menjadi persyaratan untuk dapat dianimasikan dengan animasi motion tween ini adalah objek yang telah dijadikan symbol, baik itu berupa movie clip, button, dan graphic, maka kata (keadaan) pada pernyataan sebelumnya memiliki arti yang cukup luas yaitu meliputi properti symbol yang terdiri atas posisi (X dan Y), skala (W dan H), brightness, tint, alpha, dan advance. 

2. animasi shape tween

pada dasarnya animasi shape tween ini sama seperti pada teknik animasi motion tween. hanya saja yang menjadi perbedaan mendasar pada teknik animasi ini terletak pada jenis objek yang digunakan yaitu hanya untuk objek berjenis shape. seringkali animasi menggunakan teknik animasi ini untuk menggambarkan perubahan bentuk suatu objek dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

ok, demikaian lah penjelasan dari artikel yang dapat saya buat, semoga berguna dan bermanfaat...amin.