Saturday, April 1, 2017

Cara Membuat Teks Berapi - Api Dengan Photoshop

hai semua...apa kabarnya? di page kali ini web tutorial ilmu komputer akan membagikan cara membuat teks seakan - akan memunculkan api. Anda pasti sering meihat tampilan teks dengan efek api atau terbakar, barangkali pernah melihatnya di iklan cetak dan elektronik, atau di komik. untuk membuatnya ternyata mudah, cukup memanfaatkan beberapa fitur di adobe photoshop cs6 dan gambar atau foto api. lalu bagaimana cara nya..yuk langsung saja...dan cekidot.

pertama - tama, jika Anda belum mempunyai gambar api, silakan Anda download terlebih dahulu dengan cara masukkan kata kunci fire di google dan cari gambar dengan objek obor atau arang yang sedang membara.

langkah kedua tentu bukalah aplikasi photoshop Anda dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada icon photoshop di desktop komputer Anda atau juga lewat jendelah start pilih all program cari folder photoshop lalu klik aplikasi photoshopnya dengan cara yang sama yaitu klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open.

jika sudah tunggu hingga muncul jendela aplikasi photoshop nya terbuka, lalu arahkan kusor mouse Anda ke menu file pilih new. disarankan jika gambar akan di cetak pilih ukuran 300 pixels/inc. pada tahapan ini tugas Anda adalah merubah warna layer background menjadi hitam dengan cara arahkan lagi kusor mouse Anda ke menu edit pilih fill, tunggu hingga muncul jendelah dialog fill ubahlah pada kolom use menjadi black.

langkah ke empat, arahkan kusor mouse Anda toolbox dan carilah horizontal type tool atau berlogokan huruf kapital "T", aturlah terlebih dahulu ukurannya sebesar 150 pt dan berwarna putih, lalu draklah ke halaman kerja atau drawing page, buatlah kata atau kalimat yang Anda inginkan, kebetulan dalam simulasi ini saya menggunakan kata "ATD"

langkah ke lima, klik kanan pada layer teks tadi lalu pilih opsi blending options, centanglah outer glow lalu ubahlah kode warnanya menjadi f70300 dan ubah juga size nya menjadi 12px, atau untuk lebih lengkap lihat gambar dibawah ini.

jrndelah dialog outer glow
jika sudah masih tetap di jendelah dialog blending options namun kali ini centang pada color overlay, ubahlah warna default menjadi jingga kemerahan atau dengan kode warna d68028 atau lihat gambar dibawah ini.

jendelah dialog color overlay
masih ditempat yang sama yaitu blending options, pada tahapan ini centanglah satin ubahlah opacity nya menjadi 100%, distance nya 9 px, size nya 14 px dan warna nya menjadi coklat dengan kode warna 87290a atau lihat gambar dibawah ini.

jendelah dialog satin
langkah ke delapan, tetap di jendelah blending options, centanglah inner glow, ubahlah blend mode menjadi color dodge, opacity menjadi 100%, size menjadi 10 px, dan warna menjadi kuning gading atau dengan kode warna e4c13a. atau bisa juga Anda lihat gambar dibawah ini.

jendelah dialog inner glow
langkah ke sembilan, duplikatkan layer teks dengan cara tarik layer teks ke icon create new layer atau dengan menekan Ctrl + J. lalu pada layer teks sebelumnya (bukan yang copy) klik kanan layer tersebut lalu pilih opsi rasterize type. langkah ini mengubah layer teks menjadi layer raster, yang artinya huruf yang Anda buat telah menjadi image dan tidak bisa diedit sebagai teks lagi.

selanjutnya arahkan kusor mouse Anda ke menu filter pilih distort lalu pilih ripple. ubahlah amount menjadi 90% dan size menjadi small.

langkah ke sebelas pada tahapan ini kita tambahkan image fire sungguhan di sekitar huruf. dengan cara bukalah lokasi penyimpanan gambar api yang telah Anda download lalu buka dengan aplikasi photoshop. jika sudah terbuka lalu geser ke panel channels yang ada di samping panel layer pilih channel green sambil menekan Ctrl lalu copy dengan cara Ctrl + C.


kembali ke area kerja berisi teks yang sudah Anda olah sebelumnya dan tekan Ctrl + V atau pastekan gambar api tersebut.

langkah ke dua belas, pastikan layer api berada di atas layer teks, pada layer api ini buatlah layer mask dengan cara klik add layer mask yang berada di bawah panels layer.. lalu arahkan kusor mouse Anda ke toolbox pilih brush tool, atur opacity nya menjadi 90%, poleslah bagian api yang akan dihapus. jika sudah maka hasil akhirnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.


nah, cukup mudah bukan, demikin saja tutorial yang dapat saya bagikan untuk Anda semua semoga tutorial ini ada gunanya dan bermanfaat..amin.