Saturday, April 1, 2017

Cara Lengkap Membuat Teks PowerClip di CorelDraw

hai semua...pada page ini web tutorial ilmu komputer akan membahas bagaimana cara membuat teks atau objek menggunakan fasilitas powerclip pada coreldraw secara lengkap. mungkin sebagian orang tidak mengenal apa itu fasilitas powerclip dan mungkin sudah tahu tapi tidak tahu cara menggunakannya. nah disini tempatnya, saya akan mengupas secara lengkap caranya sampai Anda bisa.

kalau kita merunut pada pengertiannya powerclip merupakan fasilitas yang dapat kita gunakan untuk menempatkan objek vektor atau objek bitmap seperti foto ke dalam objek lain misal teks, balok atau lainnya sehingga objek target dapat berfungsi sebagai bingkai, target disini bisa berupa teks artistik atau lingkaran dan sebagainya. lalu bagaimana caranya...yuk langsung saja dan cekidot.

pertama - tama buka terlebih dahulu aplikasi coreldrawnya dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada icon coreldraw yang ada pada desktop komputer Anda atau cara lainnya dengan klik start pilih all program cari folder coreldraw klik aplikasi coreldraw dengan cara yang sama yaitu klik kiri dua kali atau klik kanan open.

tunggu sampai terbuka, jika sudah terbuka arahkan kusor mouse Anda ke menu file lalu pilih new. utuk membuat halaman kerja baru. 

langkah ketiga, dalam simulasi ini kebetulan saya menggunakan teks artistik sebagai tempat bingkainya, jadi pada tahapan ini saya mengarahkan Anda bagaimana cara membuat teks artistik yaitu dengan mengarahkan kusor mouse Anda ke toolbox lalu cari text tool atau berlogokan huruf kapital "A". kemudian drak ke halaman kerja atau drawing page dan buatlah kata atau kalimat yang Anda inginkan, pada simulasi ini saya menggunakan kata "ATD" aturlah ukuran dan jenis fontnya sesuai dengan keinginan Anda. atau Anda bisa lihat gambar di bawah ini.


jika sudah Anda membuat teksnya arahkan terlebih dahulu kusor mouse Anda ke toolbox lagi tapi kali ini tugas Anda mengklik pick tool. lalu arahkan ke teks tersebut, lalu klik kanan pilih convert to artistic text. 

langkah ke empat silakan Anda masukan objek lain misalnya gambar pemandangan yang ingin Anda kreasikan dengan teks tersebut, cara memasukan gambar tersebut dengan cara arahkan kusor mouse Anda ke menu file pilih import atau cara lain dengan menekan tombol alternatif Ctrl I. pada simulasi ini saya menggunakan gambar pemandangan pantai.

selanjutnya tentukan objek yang mana sebagai bingkai dan yang mana sebagai background. pada simulasi ini saya menggunakan objek teks sebagai bingkainya dan gambar pantai sebagai backgoundnya. jika sudah Anda tentukan langkah ke lima ini yaitu klik lah gambar pantai lalu arahkan kusor mouse Anda ke menu effects pilih powerclip kemudian pilih place inside container. jika sudah maka akan muncul tanda panah hitam yang ukurannya lebih besar lalu arahkan panah tersebut ke objek bingkai dalam hal ini yaitu gambar teks. atau Anda bisa lihat gambar dibawah ini.

jika hasilnya belum rata atau sesuai dengan keinginan Anda, di tahapan ini Anda masih bisa memperbaiki atau mengeditnya, dengan cara arahkan lagi kusor mouse Anda ke menu effect lalu pilih powerclip kemudian pilih edit contents. sekarang Anda sudah bisa mengeditnya. untuk info lebih lengkap lihat gambar di bawah ini.

jika sudah langkah berikutnya kembali ke menu effect lalu pilih powerclip kemudian pilih finish editing this level tahapan ini untuk mengakhiri dan mematenkan editan. apabila berhasil maka hasil akhirnya seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


untuk mengganti objek background atau mengeluarkan objek powerclip dari bingkai dapat Anda lakukan dengan cara klik pada objek, kemudian pilih menu effect lalu pilih powerclip, lalu pilih extract contents. atau cara cepatnya klik kanan pada objek powerclip kemudian pilih menu extract contents.

nah, demikianlah tutorial yang dapat saya bagikan kepada Anda semua, cukup mudah bukan, semoga berguna dan bermanfaat...amin.