Sunday, April 2, 2017

Cara Membuat Teks Bermotif Rumput di Photoshop Sesion Dua

Sesion ke Dua - Membuat Teks Bermotif Rumput

pada sesion ini Anda boleh meninggalkan sejenak sesion pertama (Cara Membuat Teks Bermotif Rumput di Photoshop Sesion Dua) dan buat halaman kerja baru dengan cara arahkan kusor mouse Anda ke menu file lalu pilih new. kemudian warnai backgoundnya dengan warna terang misalnya warna hijau atau warna hitam dalam simulasi ini saya memilih warna hitam, dengan cara klik menu edit lalu pilih fill cari lah warna hitam tersebut.

langkah ke dua, buatlah teks dengan cara arahkan kusor mouse Anda ke toolbox dan pilih horizontal type tool atau berlogokan huruf kapital "T", aturlah ukurannya menjadi 300 pt dan warna hurufnya menjadi warna putih atau dengan kode warna ffffff. jika sudah, draglah ke halaman kerja atau drawing page, buat teks yang Anda inginkan misal dalam simulasi ini saya menngunakan kata "ATD"

langkah ke tiga, bukalah file foto rumput yang telah Anda download tadi, dengan cara arahkan kusor mouse Anda ke menu file pilih open atau cara cepatnya dengan menekan tombol Ctrl + O.

langkah ke empat, setelah file terbuka tekan tombol Ctrl + A untuk menyeleksi semua gambar, lalu tekan tombol Ctrl + C untuk mengcopy filenya. lalu tutup filenya dengan menekan tombol Ctrl + W.

langkah ke lima, kembali ke halaman kerja yang ada teks "ATD tadi. lalu tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan hasil copyan foto rumputnya.lalu pada panel layernya ubahlah opacity layernya menjadi 50%, agar bentuk teks yang berwarna putih terlihat di layer monitor Anda.

langkah ke enam, arahkan kusor mouse Anda ke toolbox pilih pen tool. lalu gariskan dan ikuti lekuk setiap huruf dengan menggunakan pen tool tersebut. maka jika benar setiap huruf mempunyai path nya masing - masing dan beri nama sesuai dengan hurufnya, untuk lebih jeles lihat gambar di bawh ini.


jika sudah di lingkari dengan pen tool, misal pada huruf A pada gambar di atas, klik lah icon load path as selection di bagian bawah panel path, fungsinya untuk mengubah path menjadi seleksi. lalu tekan tombol Ctrl + C dan pastekan ke jendelah "latar belakang" yang telah kita buat pada sesion pertama tadi. lakukan cara ini hingga semua huruf "ATD" selesai di pastekan ke jendelah latar belakang. maka hasilnya di jendelah latar belakang akan menambah tiga layer baru dan berilah nama layer tersebut sesuia dengan hurufnya. dan terlihat seperti gambar di bawah ini



jika sudah selesai, langkah ke tujuh, pada masing - masing layer huruf "ATD", misal pada layer A, lalu klik kanan pilih blending options lalu centanglah opsi bevel and emboss, ubahlah sizenya menjadi 1 px, highlight opacity menjadi 60% dan shadow opacity menjadi 40%. lakukan berulang pada setiap layer huruf "ATD" yang belumnya ( dalam simulasi ini adalah layer T dan layer D). untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.


langkah ke delapan, masih pada jendelah dialog yang sama, tapi kali ini kita sedikit turun ke bawah yaitu centanglah satin dan ubahlah blend modenya menjadi screen, color menjadi warna hijau muda atau dengan kode warna 8db245, opacity menjadi 15%, angle menjadi 19 derajat, distance menjadi 11 px, dan size menjadi 14 px, lalu pada menu contour pilih kurva yang berbentuk lengkung yang bernama ring. seperti gambar di bawah ini. lakukan cara ini pada setiap layer huruf yang belum.


langkah ke sembilan, buatlah layer baru dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + N lalu beri nama "bayangan" dan pastikan posisi letaknya berada di bawah layer huruf - huruf.

langkah ke sepuluh, masih di layer bayangan, seleksilah huruf - huruf dengan menggunakan fasilitas lasso tool untuk mendapatkansemua huruf "ATD", setelah huruf pertama (A) selesai di seleksi dengan lasso tool lanjutkan dengan menekan tombol shift ketika ingin seleksi huruf dan sambil menyeleksi huruf ke dua dan huruf ke tiga. jika sudah di seleksi ke tiga huruf tersebut, arahkan kusor mouse Anda ke menu edit pilih fill lalu pada menu use pilih black lalu klik ok. maka akan tampak seperti gambar di bawah ini.



langkah ke sebelas, matikan seleksi dengan menekan tombol Ctrl + D, lalu klik menu filter pilih blur lalu pilih motion blur, ubah angle dengan -45 derajat dan distance dengan 30 px. lalu klik ok.

langkah ke dua belas, pada panel layer bayangan ubah blending modenya menjadi multiply, opacity menjadi 30%, lalu klik kanan pada mouse Anda lalu pilih duplicate layer. dan rapikan bagian tengan teks tersebut dengan menggunakan brush tool dengan opacity 100%. selesai maka hasil akhirnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


nah demikian lah tutorial bagaimana cara membuat teks bermotif rumput yang dapat saya bagikan kepada Anda semua. semoga berguna dan ada manfaatnya...amin.