Sunday, April 2, 2017

Cara Membuat Teks Bermotif Rumput di Photoshop Sesion Pertama

hai semua...kali ini kita akan berkreasi dengan menggunakan rumput yang indah dihalaman rumah kita menjadi background dasar teks kita, atau boleh dikatakan teks nya nanti akan bermotif rumput seperti baju batik yang bermotif. jika berhasil teks bermotif rumput ini akan terkesan mewah dan elegan seperti gambar dibaawah ini. lalu bagaimana cara membuatnya. langsung saja cekidot...


sebelum memulai seperti biasa saya memberitahukan alangkah baiknya Anda siapkan terlebih dahulu aplikasi dan foto rumput yang akan digunakan nanti. jika belum Anda bisa mendownload gambar rumputnya dengan kata kunci rumput rumahan. pada simulasi ini kita ada dua sesion yang pertama membuat warna background dan yang kedua teks bermotif rumputnya.


Sesion ke Satu - Membuat Warna untuk Background

pertama - tama bukalah aplikasi photoshop dengan mengklik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada icon photoshop di desktop komputer Anda atau juga bisa lewat start pilih all program dan cari folder photoshop lalu klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada aplikasinya.

tunggu hingga terbuka sempurna, langkah ke dua arahkan kusor mouse Anda ke menu file pilih new untuk membuat halaman kerja baru. lalu pada jendelah dialog tentukan ukuran dan resolusinya dengan nilai 1920 px untuk width, 1200 px untuk height dan resolusinya 72 px/inch lalu klik ok.

langkah ke tiga tekan Ctrl + Shift + N untuk membuat layer baru, beri nama layer dengan "latar belakang" lalu klik ok.


langkah ke empat gantilah warna foreground dan background pada toolbox dengan klik kotak dialognya. untuk warna foreground pilih warna hijau muda agak kekuningan atau dengan kode warna d2d747, untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini


sedangkan untuk warna background pilih warna hijau terang atau dengan kode warna 5aa13d. untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.


langkah ke lima, klik lah gradient tool di toolbox dan tentukan mode gradasi nya dengan opsi foreground to background pilih bentuk gradasi radial gradient. sekarang buatlah gradasi dari bagian dalam atau tengah ke arah luar atau tepi area kerja. hasilnya adalah gradasi kuning ke hijau dengan bentuk melingkar.

langkah ke enam berilah efek bayangan pada tepi background dengan cara klik ikon FX di bagian bawah panel layer, lalu pilih efek inner shadow. ubahlah blend modenya menjadi multiply, color menjadi warna hitam, masukan nilai 100% pada opacity, angle menjadi 120 derajat, distance dan choke bernilai nol, size menjadi 250 px, dan centang pada teks "use global light, lalu klik ok. untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.


langkah ke tujuh, buat lagi layer baru dengan cara tekan Ctrl + Shift + N berilah nama layer tersebut "garis - garis" dan pastikan posisi layer ini di atas layer latar belakang. lalu arahkan kusor mouse Anda ke menu edit pilih fill. ubahlah pada menu use menjadi foreground color lalu klik ok. sekarang area kerja tertutup dengan warna hijau muda kekuningan.

langkah ke delapan masih di layer yang sama atau layer garis - garis, arahkan kusor mouse Anda ke menu filter pilih filter gallery lalu akan muncul jendelah dialog pilih kelompok sketch lalu pilih halftone pattren. ubahlah sizenya menjadi 1, contrast dengan nilai 50, dan pattern type pilih line lalu klik ok. maka akan muncul garis - garis tipis pada blog warna hijau muda kekuningan tersebut. untuk lebih jelas Anda bisa lihat gambar di bawah ini.


langkah ke sembilan, sekarang beralih ke panel layer garis - garis, ubahlah blending mode menjadi multiply, opacity menjadi 20% agar layer garis - garis tampil tidak terlalu tegas. 

langkah ke sepuluh, tekan tombol Ctrl + Shift + N untuk kembali membuat layer baru dan beri nama layer tersebut dengan nama tekstur batu. lalu arahkan kusor mouse Anda ke menu filter pilih rander lalu pilih clound, untuk memunculkan awan yang terbentuk dari perpaduan dua warna hijau. kemudian arahkan lagi kusor mouse Anda ke menu filter pilih stylize lalu pilih emboss, ubahlah anglenya menjadi 135 derajat, height menjadi 6 pixels, dan amount menjadi 500% lalu klik ok. jadilah tekstur batu alam berwarna abu - abu seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


langkah ke sebelas, pada panel layer nya ubahlah blending mode menjadi overlay dan opacitynya menjadi 50%. sekarang latar belakang untuk teks rumput selesai kita buat. simpan file dengan menekan tombol Ctrl + S dan berinama latar belakang (.psd).

to be Continue (bersambung)