Thursday, April 13, 2017

Jenis - Jenis Peripheral

hai semua...kali ini saya ingin mengajak Anda semua mengenal jenis - jenis peripheral, lalu mengenal peripheral dan fungsi peripheral. bagi orang awam, mungkin sedikit terdengar asing kata peripheral namun bagi mereka yang berkecimpung di dunia TIK maka kata tersebut sering terdengar, dan mungkin sedikit lupa. maka dari pada itu saya ingin sedikit mengingatkan lagi untuk Anda semua.

peripheral kalu menurut bahasa orang awam adalah perangkat, namun kalau bahasa dunia TIK merupakan berbagai atau semua komponen yang terhubung ke CPU (Central Processing Unit) yang mempunyai fungsi sebagai perangkat input (masukan) dan perangkat output (keluaran). kalau ditinjau dari kegunaannya maka peripheral ada dua tipe yaitu

1. Peripheral Utama (Main Periferals) yaitu tipe peripheral yang keberadaannya harus ada pada saat menjalankan komputer. contohnya keyboar, mouse, dan monitor.

2. Peripheral Pendukung (Out Sillary Periferals) yaitu tipe peripheral yang keberadaannya tidak harus ada pada saat menjalankan komputer. contohnya printer, speaker, scannner, webcam dan lain sebagainnya.

jika dikelompokkan maka peripheral juga memiliki dua kelompok yaitu kelompok input dan kelompok output. 

Kelompok Input terdiri dari 8 macam kelompok yaitu sebagai berikut:

1. Perangkat pengetikan ada 3 macam yaitu

- keyboard berfungsi dapat memasukan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user atau pengguna untuk melakukan perintah - perintah lainnya yang diperlukan. jenis - jenis keyboard ada 3 yaitu QWERTY, DVORAK, dan KLOCKENBERG.

- ATM (Automated Teller Machine) berfungsi dapat melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran berbagai jenis tagihan, dan transfer uang.

- POS (Point Of Sale) berfungsi untuk memasukan data pembelian, memproses kartu kredit atau kartu debit.
Point Of Sale

2. Perangkat petunjuk ada 6 macam yaitu

- mouse merupakan perangkat genggam yang kecil yang mendorong di atas permukaan horizontal.

- trackball merupakan perangkat penunjuk yang terdiri dari bola bertempat di soket yang mengandung sensor untuk mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu, mirip dengan mouse terbalik.
Trackball
- pointing stick merupakan inti tekanan kecil yang sensitif digunakan seperti joystick, yang biasanya di tanam antara G, H dan B.
Pointing Stick
- touchpad merupakan permukaan datar yang dapat mendeteksi kontak jari.

- touch screen merupakan perangkat tertanam ke layar TV monitor atau sistem LCD monitor layar dari laptop komputer.

- joystick merupakan alat masukan yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah dan dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.


3. Perangkat berbentuk pena ada 2 macam yaitu

- light pen merupakan perangkat masukan dalam bentuk pena yang digunakan bersamaan dengan perangkat komputer CRT TV atau monitor.

- digitizing tablet merupakan perangkat keras perangkat masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukan gambar atau sketsa langsung ke komputer layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil.


4. Perangkat pengambilan gambar terformat ada 3 macam yaitu

- bar kode reader merupakan sebuah alat elektronik untuk membaca dan menganalisis data barcode.
Barcode
- OMR (Optical Mark Recognition) merupakan perangat yang bekerja dengan dedicated scanner perangkat yang bersinar seberkas cahaya di atas kertas berbentuk transoptic.
OMR
- MICR (Magnetic Ink Character Recognition) merupakan pengenalan karakter teknologi yang digunakan terutama oleh industri perbankan untuk memfasilitasi pemrosesan cek dan membentuk nomor routing dan nomor rekening di bawah cek.
MICR
5. Perangkat pengambilan gambar tak terformat ada 4 macam yaitu

- image scanner merupakan perangkat yang optikal memindai gambar, teks tercetak, tulisan tangan, atau obyek, dan mengkonversinya menjadi citra digital.

- kamera digital merupakan alat untuk membuat gambar dari objek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.

- pembaca retina mata merupakan biometrik teknik yang menggunakan pola unik pada seseorang retina untuk mengidentifikasi mereka.

- pembaca sidik jari merupakan salah satu dari banyak bentuk biometrik digunakan untuk mengidentifikasi individu dan memverifikasi identitas mereka.


6. Perangkat suara ada 4 macam yaitu

- mikropon merupakan suatu jenis transduser yang mengubah energi - energi akustik atau gelombang suara menjadi sinyal listrik.

- ASR (Automatic Speech Recognition) merupakan penterjemah dari kata - kata yang diucapkan menjadi teks dan pengenal suara otomatis.


- headset merupakan penggabungan antara headphone dan mikrofon, untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.

- touch tone merupakan telekomunikasi sinyal melalui saluran telepon analog pada pita suara frekuensi antara telepon headset dan perangkat komunikasi lain dan pusat switching.
Touch  Tone
7. Video ada 1 macam yaitu video yang merupakan teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak. aplikasi umum dari sinyal video ini adalah televisi.

8. Gerakan ada 4 macam yaitu

- glove merupakan sebuah perangkat input untuk interaksi manusia dengan komputer yang dikenakan seperti sarung tangan.
Glove
- sensor merupakan sesuatu yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia

- RFID (Radio Frequency Identification Device) merupakan sistem non kontak atau nirkabel yang menggunakan frekuensi radio medan elektromagnetik untuk mentransfer data dari tag yang melekat pada suatu objek, untuk tujuan identifikasi otomatis dan pelacakan.
RFID
- pembaca kartu magnetik (EDC) untuk membaca kartu kredit dan debit yang dikeluarkan dari bank yang berbasis magnetik.
EDC
Kelompok Output terdiri dari 5 kelompok yaitu sebagai berikut :

1. Monitor ada 9 istilah yang terdapat pada monitor yaitu

- dot pitch merupakan ukuran seberapa dekat titik fosfor dalam layar.

- refresh rate merupakan tingkatan berkedip tiap kali elektron menabrak dot yang berlapis fosfor, dihitung dalam hertz (Hz) per detik.

- color depth merupakan tingkat kedalaman warna yang berbeda dalam tiap pixel yang dapat ditampilkan.

- memori ram merupakan memori yang dimiliki oleh kartu video.

- monitor screen sizes merupakan ukuran layar monitor dalam satuan inchi.

- display warna merupakan warna yang diciptakan dari mengubah - ubah intensitas cahaya dari tiga warna dasar.

- pixel merupakan sekumpulan titik - titik yang membentuk garis atau kurva sehingga membentuk objek dan memiliki warna pada setiap titik.

- resolusi merupakan jumlah pixel pada suatu objek.

- intensitas merupakan jumlah warna yang dimiliki suatu objek per wilayah.


2. Printer ada 3 macam yaitu

- dot matrik merupakan printer jenis ini menggunakan tinta jenis pita seperti yang terdapat pada mesin tik.
Dot Matrik
  - inkjet merupakan printer jenis ini menggunakan tinta cair atau liquid ink

Inkjet Printer
- laser printer merupakan printer jenis ini menggunakan tinta serbuk atau powder ink seperti bubuk gliter yang ditempatkan dalam toner.
Laser Printer
3. Speaker ada berbagai merek namun nama tetap ada 1 macam. dan berfungsi sebagai pengeras suara.

4. Proyektor atau LCD ada berbagai merek namun jenis dan nama hanya 1 macam, dan berfungsi untuk menampilkan scala besar apa yang ada pada desktop komputer.

5. Plotter ada 1 macam dan berfungsi sebagai media cetak seperti printer namun memiliki ukuran yang lebih besar.
Plotter
nah, demikianlah tutorial tentang jenis - jenis peripheral yang dapat saya bagikan kepada Anda semua, semoga ada manfaatnya dan berguna, amin.